Mengenal Jenis-Jenis Buah Berry, Sudah Pernah Makan Belum?

RatuBuah.com - Siapa nih yang suka makan buah berry? Tahukah kamu ada berapa jenis buah? Pasti masih banyak diantara kalian yang belum mengetahui kalau ada begitu banyak jenis buah berry yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Bahkan buah anggur pun ternyata merupakan salah satu dari kelompok buah berry lho.

Kelompok buah berry sendiri adalah salah satu jenis buah paling menyehatkan yang dapat kamu makan kapan saja. Beberapa jenis buah berry mengandung sumber vitamin dan antioksidan yang sangat tinggi.

Buah berry memiliki rasa yang manis dan sedikit asam, namun sangat menyegarkan. Selain dimakan langsung, biasanya buah berry diolah menjadi selai, minuman, atau pelengkap makanan ringan. Lantas, apa sajakah jenis-jenis buah berry?

Jenis Jenis Buah Berry

1. Strawberry

Jenis buah berry yang pertama adalah Strawberry. Buah yang satu ini tentu tidak asing lagi di telinga kita. Bagaimana tidak? Strawberry adalah jenis buah berry yang paling umum dan mudah didapatkan di pasaran.

Buah ini memiliki bentuk unik yakni oval dan lonjong. Strawberry akan berwarna hijau jika masih muda dan akan berubah merah jika sudah matang. Buah ini memiliki pori di beberapa bagian permukaan buah yang jumlahnya banyak dan beragam. Pori tersebut memiliki warna kehitaman ataupun kecoklatan mudah.

Buah berry satu ini memiliki rasa yang sedikit asam, manis dan segar. Strawberry yang identik dengan warna merah ini kaya akan vitamin C. Selain itu, stroberi juga memiliki asam folat, serat, dan antioksidan.

2. Blueberry

Jenis buah berry selanjutnya adalah blueberry. Sesuai dengan namanya, buah berry ini memiliki warna yang khas yaitu warna biru tua yang nyaris hitam jika dilihat dari luarnya. Warna pekat tersebut berasal dari senyawa kuat yang disebut anthocyanin.

Buah yang berasal dari Amerika ini memiliki ukuran 5-15 milimeter. Ciri-cirinya adalah di setiap ujung buah terdapat bentuk mahkota. Blueberry kaya akan antioksidan dan juga memiliki air dan serat sehingga dapat mengenyangkan tanpa merusak program diet yang kamu jalankan. Kandungan lain dari blueberry adalah vitamin C, vitamin K, dan zat mangan.

3. Blackberry

Blackberry adalah jenis buah berry yang berwarna hitam ketika matang. Rasa buah berry satu ini cenderung pahit dan tajam. Buah tanaman blackberry sangat unik dan berbeda dengan buah jenis yang lain sekalipun dari spesies yang sama. Pasalnya, buah ini berupa butiran-butiran kecil yang saling menyatu satu sama lain.

Uniknya lagi, buah blackberry memiliki tiga macam warna yang muncul secara bersamaan. Jika buah masih muda biasanya berwarna hijau, sedangkan yang setengah matang warnanya merah kadang kuning dan buah yang masak berwarna hitam.

Blackberry mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, di antaranya kalsium, kalium, dan vitamin C. Selain itu, setiap 230 gram blakcberry mengandung 7 gram serat dan 60 kalori.

Artinya, makan blackberry akan membuat Anda kenyang lebih lama tanpa harus takut kalap makan saat waktu makan tiba. Selain itu, blackberry juga terkenal akan kandungan zat polyphenols yang sangat tinggi.

4. Raspberry

Raspberry juga dikenal dengan nama arbai. Jenis buah berry ini memiliki rasa yang manis dan sedikit agak asam akan tetapi rasa asamnya tidak sekuat buah blueberry dan lebih dominan rasanya yang manis.

Berbeda dengan jenis berry lainnya, buah raspberry memiliki rongga pada bagian tengah setelah diambil tangkainya. Jenis berry ini lebih banyak mengandung serat dari pada gula dan karbohidrat, karenanya sering disarankan sebagai menu pelengkap saat berdiet.

Raspberry juga kaya akan berbagai jenis polyphenol, zat yang efektif mengurangi resiko terkena penyakit metabolik, atau penyakit yang menyerang proses pembentukan energi di dalam tubuh. Terdapat dua jenis raspberry yaitu raspberry merah dan raspberry hitam.

Meskipun di Indonesia masih cukup sulit menemukan Raspberry, namun buah berry satu ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.

5. Mulberry/murbei

Buah mulberry atau yang biasa disebut dengan murbei adalah salah satu jenis buah berry yang cukup umum ditemukan di Indonesia. Buah ini memiliki warna merah gelap dan biasanya berwarna hitam saat sudah matang.

Mulberry atau murbei ini memiliki rasa yang sangat manis saat sudah matang. Karena rasanya yang manis ini, membuat buah berry satu ini sering diolah menjadi sirup ataupun selai. Selain itu, mulberry juga memiliki kandungan anthocyanin yang banyak manfaatnya bagi kesehatan sebagai antioxidant.

6. Blackcurrant

Selama ini mungkin kita lebih sering menemukan blackcurrant dalam bentuk yang sudah dikeringkan di pasaran. Meski sudah dikeringkan, ternyata blackcurrant tetap memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan lho.

Orang yang pernah mencoba blackcurrant menggambarkan rasanya yang asam dan manis sebagai gabungan antara rasa anggur, raspberry, dan markisa. Rasanya yang unik ini bikin blackcurrant sebagai salah satu buah favorit untuk dijadikan selai, dicampur dalam saus steak, atau diminum sebagai jus.

Blackcurrant sendiri mengandung tinggi kalium, kalsium, vitamin C, dan serat. Kandungan kalorinya pun tak jauh berbeda dengan raspberry, yaitu 60 kalori untuk setiap 230 gram blackcurrant. Selain itu, blackcurrant juga mengandung banyak antioksidan dan antosianin.

7. Goji Berry

Mungkin kalian sudah sering mendengar tentang buah berry satu ini namun belum pernah mencicipinya. Identik dengan warna merah, buah goji berry mempunyai rasa yang manis. Biasanya, buah ini dimakan langsung atau dibuat sebagai jus atau teh herbal. Selain itu, sari juga sering diambil untuk dibuat menjadi serbuk dan tablet.

Goji berry mengandung banyak nutrisi, antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, zat besi, selenium, kalium, seng, dan tembaga. Selain itu, ternyata goji berry juga mengandung antioksidan tinggi yang spesifik, yang disebut dengan Lycium barbarum polysaccharides.

Antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas, sehingga dapat meningkatkan kesehatan kamu secara keseluruhan.

8. Cranberry

Jenis berry yang selanjutnya adalah cranberry. Buah berry yang memiliki ukuran kecil dan berwarna merah ini memiliki rasa yang asam karena itu jarang ada orang yang mengkonsumsinya secara langsung.

Biasanya, produk olahan cranberry mengandung banyak gula tambahan atau minyak sayuran. Meskipun asam, buah cranberry banyak kandungan nutrisi alami. Cranberry mengandung vitamin C, serat, mangan dan kaya akan antioksidan dan polifenol.

9. Anggur

Mungkin banyak diantara kalian yang tidak mengetahui kalau ternyata anggur adalah salah satu jenis dari berry. Anggur memiliki banyak warna seperti warna merah, hijau dan hitam. Buah ini memiliki rasa asam, manis dan berair segingga membuat buah ini digemari banyak orang.

Anggur adalah satu-satunya buah dalam keluarga berry yang menghasilkan fruktosa alami dan glukosa sehingga mudah dicerna serta banyak memberikan energi. Nutrisi dalam anggur hanya bisa di dapat saat kondisi masak.

Anggur juga kaya antioksidan. Selain itu, mengkonsumsi buah anggur dalam jumlah yang tepat juga dapat memenuhi kalori, serat, vitamin C, vitamin K hingga zat polifenol yang baik untuk tubuh.

10. Acai Berry

Di Indonesia, acai berry mungkin bukan jenis buah yang populer sebab berry ini banyak tumbuh didaerah Brazil. Buah ini berasal dari jenis pohon palem yang tumbuh di Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Acai berry berwarna biru keunguan dengan ukuran kurang lebih sama dengan blueberry yang besar. Acai berry dapat dikonsumsi mentah, dijus, atau dibuat ke dalam ekstrak pil. Kadang, buah ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pewarna pada es krim atau agar-agar.

Selain itu, acai berry merupakan sumber antioksidan dan antosianin yang sangat tinggi bahkan 10 kali lebih banyak dari kandungan antioksidan pada blueberries.

11. Elderberry

Elderberry atau Sambucus adalah buah beri yang berbentuk bulat kecil dan berawarna merah karena kaya akan kandungan antosianin. Elderberry sendiri adalah pewarna alami yang digunakan di Amerika Serikat dan Jepang sebagai pewarna makanan alami, bahkan FDA menyebutnya sebagai pewarna organik lho.

Selain sebagai pewarna, elderberry sendiri memiliki begitu banyak kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh, seperti flavonoid, vitamin A, vitamin B, vitamin C, tannin, fosfor, kalsium, kalium, asam viburnik, karotenoid, asam amino, dan tentunya bersifat antioksidan.

Sehingga elderberry sering sekali digunakan dalam pengobatan kanker dan diabetes di negara Eropa, Amerika Utara, Asia Barat, dan Afrika Utara. Seperti para dokter di Jerman akan menyuguhkan teh elderberry jika seseorang mulai terkena penyakit pilek dan batuk. Yuk, kita cari tahu manfaat elderberry lainnya yang bikin eldeberry ini layak disebut buah ajaib.

12. Gooseberry

Gooseberry merupakan buah berbentuk kecil bulat yang tumbuh di daratan Eropa yang saat ini sudah dapat ditemui di Asia Tenggara. B​uahnya berbentuk bulat mirip dengan anggur, namun pada ujung buah terdapat seperti tungkai.

Gooseberry yang sudah matang ditandai dengan warnanya yang mulai berubah menjadi kuning dan merah, bisa dimakan langsung atau dibuat manisan. Rasanya yang juicy, asam-asam manis dengan sedikit rasa pahit, buah yang multiguna ini bisa dimakan langsung, untuk salad, atau dijadikan pie​, sorbet, dan es krim.

Gooseberry memiliki kandungan nutrisi yang sangat menakjubkan di dalamnya, dengan mengandung banyak serat dan enzim actinidin mengkonsumsi gooseberry dapat menjaga tubuh dalam kondisi tetap sehat.

Kandungan Vitamin dari buah gooseberry adalah Vitamin A, C, E, K dan B6 terpisah dari vitamin ini ada juga banyak mineral lain yang ada di gooseberry yang menjadikannya salah satu makanan terpenting yang harus ditambahkan dalam daftar makanan harian kamu.

13. Bilberry

Jika dilihat dari bentuknya, bilberry sekilas mirip dengan buah blueberry. Perbedaan utamanya terletak pada ujung buah. Buah bilberry tidak memiliki bentuk mahkota di ujungnya dan memiliki diameter yang lebih kecil, yaitu sekitar 5 sampai 8 milimeter.

Buah berry satu ini memiliki rasa sedikit asam dengan warna buah biru kehitaman dengan daging buah merah atau ungu. Dalam takaran yang tepat, buah berry satu ini dapat memberikan pasokan kaloru yang cukup bagi tubuh, kalsium, dan kaya akan vitamin C.

14. Boysenberry

Boysenberry merupakan jenis berry budidaya yang masih belum banyak dikenal. Bentuknya mirip dengan arbai dan akan berwarna merah gelap kehitaman saat matang. Berry ini banyak di kembangbiakkan di California dan Oregon. Buah berry satu ini memiliki rasa yang manis dan tajam.

Boysenberry ini punya beragam nutrisi yang baik untuk tubuh diantaranya kalium, natrium, mangan, magnesium, zat besi, kalsium, serat makanan, vitamin C, vitamin K, vitamin E, vitamin B1, B2, B3, B5 dan B6, vitamin A dan folat.

15. Lingonberry

Buah Lingonberry atau Vaccinium vitis-idaea L adalah jenis buah beri yang berukuran kecil yang berasal dari pedalaman hutan di Swedia. Buah Lingonberry memiliki tekstur berwarna merah dan berasa asam namun dengan semburat rasa manis dan pahit. Meskipun bisa dikonsumsi secara langsung buah beri ini di daerah asalnya sering dijadikan selai.

Selai dari buah Lingonberry sendiri cukup banyak digemari dan sering dijadikan olesan untuk berbagai jenis makanan. Selain enak buah ini juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Itu karena buah Lingonberry mengandung mikronutrien makanan penting dan senyawa bioaktif seperti polifenol, vitamin dan mineral.

 Adapun manfaat lingonberry untuk kesehatan salah satunya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Wah, banyak banget yah jenis-jenis buah berry. Kamu sudah pernah makan yang mana aja nih?

ARTIKEL REKOMENDASI