Mengenal Buah Naga, Buah Eksotik dengan Segudang Manfaat

28-04-2022

RatuBuah.com - Siapa nih yang suka buah naga? Buah naga atau pitaya adalah buah yang hanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis, seperti Amerika Selatan dan Asia.

Seperti namanya, buah ini memiliki kulit menyerupai sisik naga, yang merupakan hewan mitos legendaris asal China.

Bentuk tanamannya pun unik karena memiliki batang yang menyerupai kaktus besar. Meski tampak unik, buah naga ternyata mempunyai segudang manfaat dan khasiat untuk kesehatan.

Jadi, apa sajakah manfaat buah yang satu ini? Yuk simak penjelasannya hingga tuntas!

Taksonomi Buah Naga

Buah naga berasal dari 2 jenis genus tumbuhan berbeda, yaitu Selenicereus dan Hylocereus. Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah spesies buah naga yang berasal dari genus Hylocereus.

Kingdom:      Plantae

Clade:           Tracheophytes

Clade:           Angiosperms

Clade:           Eudicots

Order:           Caryophyllales

Family:          Cactaceae

Subfamily:     Cactoideae

Genus :         Hylocereus

Species         H. undatus

Asal Usul Buah Naga

Tanaman ini awalnya ditemukan di tanah Meksiko, Amerika Tengah, dan AS. Dijuluki dengan nama pitahaya atau pitaya roja, tanaman ini awalnya dianggap sebagai kaktus hutan biasa. Kemudian masyarakat suku Indian mengonsumsi buah dari tanaman ini.

Julukan buah naga atau dragon fruit ini berasal dari masyarakat Cina kuno. Mereka meletakkan tanaman ini di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar.

Tradisi ini dilakukan karena dipercaya akan membawa berkah. Warna merah mencolok dari buah dengan julukan "thang loy" ini juga memberikan nilai estetika.

Buah naga kemudian berkembang secara pesat di Vietnam dan Thailand setelah dibawa oleh Prancis di tahun 1870. Inilah yang menyebabkan buah ini lebih dikenal sebagai tanaman dari Asia hingga saat ini.

Orang-orang Vietnam menyukai bentuk tanaman buah naga yang unik. Seperti kaktus, namun berbentuk segitiga dan berduri sangat pendek, sehingga tanaman ini sering digunakan untuk tanaman hias. Saat itu mereka belum memanfaatkan buahnya.

Menurut catatan sejarah, buah naga sudah ada di Indonesia sejak tahun 1977. Saat itu masyarakat Indonesia belum mencoba untuk membudidayakannya sendiri, melainkan hasil impor dari Thailand. Kemudian Indonesia mulai mencoba membudidayakan untuk pertama kalinya di tahun 2000.

Ciri Ciri Buah Naga

Buah naga bentuknya bulat agak lonjong seukuran dengan buah alpukat. Kulit buahnya berwarna merah menyala untuk jenis buah naga putih dan merah, berwarna merah gelap untuk buah naga hitam, dan berwarna kuning untuk buah naga kuning. Di sekujur kulit dipenuhi dengan jumbai-jumbai yang dianalogikan dengan sisik naga. Oleh sebab itu, buah ini disebut buah naga.

Kandungan Buah Naga

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, kandungan gizi dari 100 gram buah naga merah mentah adalah:

Air: 85,7 gram

Energi: 71 kal.

Protein: 1,7 gram

Lemak: 3,1 gram

Karbohidrat: 9,1 gram

Serat: 3,2 gram

Abu: 0,4 gram

Kalsium: 13 mg

Fosfor: 14 mg

Zat besi: 0,4 mg

Natrium: 10 mg

Kalium: 128 mg

Seng (Zinc): 0,4 mg

Vitamin B1: ,5 mg

Vitamin B2: 0,3 mg

Niasin atau vitamin B3: 0,5 mg

Vitamin C: 1 mg

Jenis Jenis Buah Naga

Kebanyakan orang hanya kenal buah naga dengan daging buah yang merah dan putih. Namun sebenarnya, ada empat jenis buah naga, yaitu buah naga merah, super merah, kuning, dan putih.

1. Hylocereus undatus memiliki ciri-ciri kulit buah merah dan daging buah yang berwarna putih.

2. Hylocereus costaricensis memiliki kulit buah naga yang berwarna merah dengan daging buah berwarna super merah.

3. Hylocereus polyrhizus memiliki kulit buah berwarna merah dengan daging buah berwarna merah keunguan.

4. Selenicereus megalanthus memiliki ciri-ciri kulit buah yang berwarna kuning dengan daging buah yang berwarna putih.

Manfaat Buah Naga

1. Menjaga kekencangan dan elastisitas kulit

Buah naga adalah sumber antioksidan yang baik karena tingginya kandungan vitamin C serta berbagai senyawa bioaktif di dalamnya. Sementara itu, antioksidan sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis, sehingga dapat membantu mengurangi tanda penuaan kulit.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Buah naga juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda, karena bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Ini bisa terjadi karena kandungan likopen, betalain, serta serat yang ada di dalam buah naga.

Tak hanya itu, biji yang ada di daging buah naga pun kaya akan lemak omega-3 dan omega-9 yang baik untuk kesehatan jantung, sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung.

3. Mengontrol kadar gula darah

Kandungan serat dalam buah naga juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Ini dilakukan dengan menekan lonjakan gula yang terjadi setelah seseorang makan makanan dengan indeks glikemik tinggi.

Selain itu, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Plos One pada tahun 2016 pun menemukan fakta bahwa, pitaya dapat melawan resistensi insulin pada tikus, yang merupakan salah satu penyebab diabetes.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi buah naga juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Manfaat ini bisa diperoleh karena vitamin C serta senyawa antioksidan lainnya yang terkandung di dalam buah naga, baik buah naga merah maupun putih.

Adapun antioksidan membantu tubuh Anda mencegah kerusakan sel, yang merupakan penyebab munculnya berbagai penyakit.

5. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, mengonsumsi buah naga bisa menjadi pilihan camilan sehat sehari-hari Anda. Pasalnya, buah naga kaya akan serat dan rendah kalori, sehingga aman bagi yang sedang dalam program penurunan berat badan.

Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan rendah kalori, Anda akan merasakan kenyang lebih lama, sehingga Anda pun akan makan lebih sedikit. Sejalan dengan ini, Anda pun bisa terhindar dari obesitas.

6. Mengurangi jerawat

Manfaat buah naga untuk kulit lainnya adalah mengurangi jerawat. Oleskan pasta buah naga ke area kulit wajah yang kemerahan, selama dua kali sehari. Manfaat yang dapat Anda peroleh karena kandungan vitamin C pada buah ini.

7. Menjaga kesehatan ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan berbagai nutrisi seperti zat besi, vitamin C, vitamin B, dan kalsium, yang terdapat pada buah naga. Sebagai contoh, zat besi pada dalam buah naga dapat membantu sel darah merah untuk mengantarkan oksigen ke janin, vitamin C dan kalsium memperkuat gigi dan tulang, serta vitamin B dapat mencegah bayi cacat lahir.

Selain itu, serat pada dalam buah naga juga bisa membantu mengatasi sembelit pada ibu hamil.

Wah banyak banget yah manfaat buah yang satu ini. Gimana nih menurut kamu?