Yuk Intip 5 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kecantikan Kulit

01-01-1970

RatuBuah.com - Buah kiwi atau dengan nama lain gooseberry merupakan buah yang berasal dari genus actinida dan berasal dari Tiongkok. Pada awal nya buah ini tumbuh liar di negeri Cina namun di perkenalkan  di Selandia Baru pada tahun 1904.

Buah kiwi merupakan jenis buah beri yang berukuran besar. Bentuknya lonjong menyerupai telur ayam. Kulit buah kiwi berwarna coklat kehijauan dan dilapisi bulu halus. Sedangkan bagian dalam buah kiwi berwarna hijau, berair, dan teksturnya lembut.

Tanaman ini biasanya tumbuh di daerah dengan iklim sedang. Setiap batang pohon buah kiwi dapat menghasilkan buah hingga puluhan kilogram, namun butuh sekitar tiga sampai tujuh tahun lamanya hingga tanaman ini menjadi dewasa.

Manfaat buah kiwi sangatlah banyak, seperti membantu mengurangi tekanan darah, meningkatkan penyembuhan luka, dan membantu menjaga kesehatan usus. Vitamin C pada buah kiwi juga bisa menjadi antioksidan yang berkhasiat untuk tubuh. Adapun kandungan lain pada buah ini, yaitu serat, vitamin A, vitamin K, kalsium, asam amino, dan folat.

Nah, selain memiliki manfaat dibidang kesehan, ternyata buah kiwi juga mempunyai manfaat dibidang kecantikan.

Penasaran bukan? Langsung simak aja ya.

Buah kiwi sudah dikenal sejak dulu sebagai salah satu buah yang memberikan sejuta manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Buah kiwi dikenal sebagai buah yang baik untuk perawatan kulit dan kecantikan karena mengandung serat, folat, dan vitamin E.

Kandungan Folat sangat berguna sebagai nutrisi untuk membantu pertumbuhan dan pembelahan sel. Sedangkan kandungan vitamin E  nya sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit.

Kita semua tahu, vitamin E memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit, mulai dari mengurangi peradangan, membantu pembentukan kolagen, hingga meningkatkan kelembapan dan tingkat elastisitas kulit.

Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah studi yang menyebutkan bahwa vitamin E dapat mengurangi peradangan (baik yang terjadi di dalam tubuh atau kulit), sehingga membuat kulit lebih sehat dan awet muda. Sifat antioksidan yang ada pada vitamin E juga dianggap dapat mempercepat regenerasi kulit, mencegah penuaan dini.

Nah, berikut akan lebih dijelaskan lebih rinci lagi, apasih manfaat buah kiwi untuk kecantikan? Yuk simak.

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kecantikan

1. Menjaga Kelembaban Kulit

Mengkonsumsi buah kiwi ternyata dapat menjaga kelembaban kulit. Jika sahabat memiliki tipe kulit kering, maka dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini. Kandungan vitamin C dalam buah ini cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan lipid atau penghalang di kulit.

Dermatolog Dr. Frederic Haberman mengatakan, lipid merupakan komponen penting yang berperan untuk menjaga kekuatan pelindung kulit.

Lipid yang ada pada kulit kita bisa membantu mengunci kelembaban serta mengikat sel-sel.

Menurut laporan yang diterbitkan jurnal Nutrients, lipid dan mikrobioma kulit bisa mencegah kehilangan air akibat mikroorganisme.

Nah, buat teman-teman yang ingin memiliki kulit lembut dan cerah, cobalah memakai masker dari bahan kiwi. Kalian bisa menambahkan campuran bahan lain kedalam masker ini untuk hasil yang lebih baik ya.

2. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini terjadi karena kulit terlalu sering terpapar sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang panjang. Faktor lingkungan seperti polusi, sinar matahari, dan udara kotor juga bisa mempengaruhi kerusakan kulit.

Untuk mengatasi masalah kulit penuaan dini, ada banyak cara yang dapat di lakukan.

Mengutip dari Veeno.com, pemakaian tabir surya dapat menjaga kulit tetap lembab, sehat, dan awet muda.

Selain itu mengkonsumsi atau memakai produk yang mengandung vitamin C dan E juga dapat mencegah terjadinya penuaan

Kedua vitamin ini dikenal sebagai antioksidan kuat yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Buah Kiwi mengandung vitamin C yang  cukup tinggi sehingga bisa meningkatkan perlindungan pada kulit dari paparan sinar UV dan membantu produksi kolagen.

Perawatan dengan menggunakan produk dari ektrak kiwi dapat menjadi salah satu alternatif yang wajib banget kamu coba untuk mengatasi penuaan secara dini.

Anda bisa memakai produk perawatan dari ekstrak kiwi dan membersihkan wajah di malam hari. Produk kecantikan berbahan dasar kiwi juga bisa mengeluarkan kotoran pada wajah.

3. Mengencangkan Kulit

Salah satu kandungan dari buah kiwi yaitu mengandung folat. Folat sangat bermanfaat dalam pembentukan sel-sel baru serta dpat mengencangkan kulit.

Penelitian yang diterbitkan Journal of Cosmetic Dermatology, menemukan manfaat produk dari bahan dasar asam folat. Peneliti menemukan jika asam folat bisa meningkatkan kepadatan dan metabolisme kolagen. Proses metabolisme ini bisa mengencangkan kulit.

Buat teman-teman yang ingin mendapatkan kulit kencang yang sehat, kalian bisa mencoba produk dari ektrak buah yang satu ini. Atau kalian juga bisa langsung menjadikan buah ini sebagai masker alami.

4. Mengurangi Kerutan di wajah

Kerutan memang menjadi masalah besar bagi sebagian wanita. Pasalnya, kerutan di wajah memang dapat mengganggu penampilan kita.

Kerutan di wajah dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi buah kiwi dan strawberry. Kedua buah ini mengandung vitamin C  yang tinggi sehingga dapat mengurangi tanda penuaan.

Mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C dapat meningkatkan elastisitas kulit, menjaga kelembapan, dan mengandung antioksidan.

Pada penelitian yang dilakukan dalam waktu 90 hari terhadap 60 peserta, diperoleh fakta bahawa tanda-tanda kerutan diwajah memufdar setelah 90 hari mengkonsumsi vitamin C.

Penelitian tersebut dilakukan untuk melihat tanda-tanda penuaan kulit setelah mengonsumsi suplemen vitamin C. Para peneliti menyimpulkan jika terjadi peningkatan kesehatan kulit dan kerutan berkurang setelah 90 hari.

5. Menyembuhkan Luka

Ternyata kandungan Vitamin C pada buah kiwi dapat meningkatkan produksi kolagen yang sangat bermanfaat untuk sel dan organ dalam tubuh. Vitamin ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk menyembuhkan luka di kulit.

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2019, menemukan bahwa suplemen kolagen oral bisa meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit. Mengonsumsi suplemen berbeda dengan mengonsumsi vitamin C pada kiwi.

Tetapi mengonsumsi buah akan lebih sehat dan membantu menjaga kesehatan kulit. Mengutip dari Medicalnewstoday.com, satu buah kiwi mewakili 71 % sampai 85 % kebutuhan vitamin C untuk orang dewasa. Selain itu, buah kiwi berukuran 69 gram mengandung 64 miligram vitamin C.  

Gimana? Merasa tertarik untuk mengkonsumsi buah kiwi? Ya, kita semua telah mengetahui ternyata buah kiwi kaya akan vitamin yang baik untuk Kesehatan kulit. Selain itu harga buah kiwi juga relatif terjangkau.

Harga buah kiwi dibandrol dengan kisaran harga 50 sampai 70rb/kg nya. Cukup terjangkau bukan? Yuk mencintai diri sendiri dengan merawat diri terlebih dahulu. Jangan lupa mengkonsumsi buah kiwi untuk memiliki wajah yang sehat serta glowing.