Mengenal Matoa, Buah Unik Banyak Manfaat

01-01-1970

RatuBuah.com - Pernahkah kamu mendengar buah matoa? Buah matoa adalah salah satu jenis buah-buahan yang kurang dikenal. Buah yang memiliki nama ilmiah Pometia pinnata ini berasal dari Papua, yang masih satu keluarga dengan leci dan lengkeng.

Rasa buah matoa ini terbilang cukup unik. Di dalam kulitnya yang tipis dan keras, terdapat buah berwarna putih dengan tekstur yang kenyal mirip rambutan. Buah ini juga memiliki aroma yang khas sekilas mirip dengan aroma durian. Tak heran, jika banyak yang telah mencicipi buah ini mengatakan bahwa rasa buah matoa ini seperti campuran rasa rambutan, durian dan kelengkeng.

Meski matoa tak sepopuler kelengkeng, buah ini punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Beberapa penelitian mengatakan bahwa buah matoa mengandung nutrisi dan antioksidan yang cukup tinggi. Seperti pada buah-buahan lainnya, senyawa antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan pertumbuhan sel kanker.

Tumbuhan matoa termasuk dalam jenis pohon besar yang tumbuh mencapai rata-rata 18 meter dengan diameter batang rata-rata 100 cm. Pohon matoa berbuah sekali dalam kurun satu tahun. Bunga akan tumbuh pada sekitar bulan Juli hingga Oktober, kemudian berbuah 3 atau 4 bulan setelahnya.

Klasifikasi Matoa

Pohon matoa memiliki klasifikasi sebagai berikut:

Kingdom              : Plantae

Sub Kingdom     : Viridiplantae

Infra Kingdom    : Streptophyta

Super Divisi         : Embryophyta

Divisi                      :Tracheophyta

Sub Divisi             : Spermatophytina

Kelas                     : Magnoliopsida

Sub Kelas             : Rosidae

Ordo                      : Sapindales

Famili                    : Sapindaceae

Genus                   : Pometia

Spesies                 : Pometia Pinnata

Kandungan Gizi Buah Matoa

Dalam 100 gram penyajian buah matoa mempunyai kandungan gizi yang lengkap seperti air 70-80.5%, Karbohidrat 15-23%, lemak rendah 0.49-0.8%, protein 0.9-1.1% dan vitamin C 17-31 mg. Kandungan vitamin C ini sangat baik sebagai antioksidan, serta kandungan gizi yang tak kalah penting yaitu polifenol, saponin, tannin, flavonoid dan steroid.

Baca juga Buah untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Manfaat Buah Matoa

Berikut ini adalah khasiat buah matoa bagi kesehatan, antara lain:

1.Kaya vitamin dan mineral

Dalam buah matoa terkandung kadar vitamin C dan E yang cukup tinggi, sehingga bermanfaat untuk melawan radikal bebas, memperkuat sistem kekebalan tumbuh, memelihara kesehatan kulit dan kesuburan pria.

2. Penangkal penyakit kronis

Kanker, stroke, serangan jantung dan diabetes merupakan penyakit yang banyak menyebabkan kematian di dunia. Buah matoa mengandung zat tannin yang memiliki kandungan antioksidan bermanfaaat untuk regenerasi sel dalam tubuh.

Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa matoa mampu menghambat perkembangan bakteri penyebab infeksi saluran napas dan saluran kemih. Vitamin C dalam matoa juga berfungsi sebagai antioksidan yang melawan terbentuknya radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.

3. Menurunkan hipertensi

Mengonsumsi buah matoa dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Matoa mengandung zat yang bersifat diuresis yang meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan oleh tubuh.

4. Melancarkan pencernaan

Buah matoa telah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu melancarkan pencernaan. Khasiat buah matoa ini diduga berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya yang mudah diserap oleh usus, mampu meningkatkan jumlah bakteri baik atau probiotik, dan mencegah pertumbuhan bakteri jahat pada usus.

5. Menambah stamina dan menjaga imun tubuh

Kandungan gula yang terdapat pada buah ini dipercaya bisa meningkatkan stamina. Gula tersebut nantinya akan diubah tubuh menjadi energi sehingga membuah anda lebih bertenaga. Jika dikonsumsi rutin buah matoa ini juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.