Manfaat Jambu Biji Untuk Kencantikan Dan Ibu Hamil Muda

13-04-2022

RatuBuah.com ­- Taukah kamu? Ternyata jambu biji memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Tapi tidak hanya sebatas itu sobat, jambu biji ini ternyata memiliki manfaat untuk kencatikan dan ibu hamil.

Buah lokal yang satu ini memang menjadi salah satu buah yang cukup familiar dikalangan masyarakat karena selain memiliki banyak manfaat, harga nya juga terjangkau dan mudah dijumpai di setiap tempat.

Jambu biji dikenal dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi, khususnya pada buah yang sudah matang.

Selain kandungan vitamin C yang tinggi, jambu biji juga mengandung antioksidan dan karoten yang dikenal memiliki khasiat yang sangat bagus untuk kecantikan kulit.

Tidak hanya sebatas litu, menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, jambu biji mengandung banyak nutrisi seperti serat, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, dan berbagai vitamin yang bermanfaat untuk tubuh, khusus nya pada ibu yang tengah hamil muda.

Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas satu persatu apa saja sih manfaat jambu biji untuk kecantikan dan ibu hamil muda.

Manfaat Jambu Biji Untuk Kencantikan Dan Ibu Hamil Muda

Manfaat Jambu Biji Untuk Kecantikan

 1. Mengencangkan kulit wajah

Manfaat jambu biji untuk kecantikan yang pertama adalah dapat digunakan untuk mengencangkan kulit. Cara nya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan daging buah serta biji nya sebagai scrub dan masker wajah.

Selain untuk menghaluskan kulit, jambu biji juga bisadigunakan untuk mengencangkan kulit wajah.

Scrub dengan menggunakan jambu biji juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada wajah sehingga wajah tampak lebih bersih, cerah, dan kenyal.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kalian dapat menggunakan masker jambu biji dan scrub jambu biji ini seminggu dua hingga  tiga kali ya.

2. Toner

Manfaat jambu biji untuk kecantikan yang berikut nya adalah dapat dijadikan sebagai toner kecantikan.

Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi  dalam buah ini, sehingga dapat membantu menjaga kulit tetap kencang, segar, dan bebas dari kerutan.

3. Anti-Penuaan

Manfaat jambu biji untuk kecantikan yaitu dapat dijadikan sebagai anti penuaan pada kulit.

Kandungan jaambu biji seperti vitamin A, B, C, dan potassium yang merupakan antioksidan yang baik serta berperan sebagai pendetoks tubuh. B

Buah ini dapat melawan radikal bebas sehingga menjaga kulit tetap bersinar dan bebas dari tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis-garis halus.

Tidak hanya itu, kandungan likopen dapat melindungi sel-sel kulit yang masih sehat dari racun yang menumpuk dalam tubuh karena masalah metabolisem dan pencemaran lingkungan.

4. Melindungi kulit dari sinar UV

Manfaat jambu biji untuk kecantikan yang berikut nya adalah dapat melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV.

Kandungan likopen yang dua kali lebih banyak dari biuah tomat ternyata sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Likopen dikenal sebagian antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan polusi lingkungan. Satu buah jambu menyediakan sekitar 2,9 gram likopen.

5. Meningkatkan warna kulit

Selain itu, manfaat jambu biji untuk kecantikan lainnya adalah dapat mmeningkat warna kulit.

Anda dapat membuat scrub jambu biji untuk meningkatkan warna kulit kalian. Kalian bisa menampurkan jus jambu biji dengan kuning telur dan oleskan secara merata di wajah. Bilas setelah 20 menit dengan air hangat.

Untuk hasil terbaik, lakukan kegiatan  ini sekali atau dua kali dalam seminggu.

6. Mengobati jerawat dan bintik-bintik hitam

Jika kalian memiliki wasalah jerawat dan bintik-bintik hitam di wajah, maka kalian dapat mengambil beberapa daun jambu biji dan menumbuknya untuk membuat pasta halus. Bersihkan wajah dan oleskan tumbukan daun itu pada jerawat dan bintik-bintik hitam di wajah.

Kalian harus menunggu masker wajah ini hingga kering kemudian bilas dengan air dingin ya. Kalian dapat melakukan perawatan ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, itu dia beberapa manfaat jambu biji untuk kecantikan, sangat banyak bukan?

Setelah kalian mengetahui manfaat jambu biji untuk kencantikan, kali ini kita akan membahas manfaat jambu biji untuk ibu hamil muda. Apa saja sih manfaat nya? Berikut penjelasnya.

Manfaat Jambu Biji Untuk Ibu Hamil Muda

1. Mencegah komplikasi kehamilan

Manfaat jambu biji untuk ibu hamil muda yang pertama adalah dapat mencegah komplikasi kehamilan.

Berdasarkan pada hasil sebuah studi jurnsl ysng berjudul Macronutrient and Micronutrient Intake during Pregnancy: An Overview of Recent Evidence dijelaskan bahwa buah jambu biji kaya akan vitamin C.

Vitamin C dikenal baik untuk kesehatan tubuh khususnya pada ibu hamil karena di dalamnya terdapat kandungan asam askorbat yang memiliki banyak peran bagi tubuh.

Jika vitamin C disatukan dengan vitamin E dapat meningkatkan antioksidan sehingga dapat menghambat radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada tubuh.

Itu berarti, sel-sel tubuh akan terlindungi dari peradangan sehingga dapat mencegah komplikasi kehamilan.

2. Mencegah bayi lahir dengan berat rendah

Manfaat jambu biji untuk ibu hamil yang berikut nya adalah dapat mencegah bayi lahir dengan berat yang rendah.

Pasalnya, jambu biji mengandung zat besi, yakni nutrisi yang dibutuhkan dua kali lebih besar saat hamil.

Kebutuhan zat besi yang meningkat ini dapat meningkatkan produksi ekstra darah untuk di bayi.

Darah yang mengandung hemoglobin ini menjadi media bagi bayi dalam kandungan untuk mendapatkan asupan makanan dan oksigen dari ibu.

Oleh sebab itu, zat besi dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan bayi sekaligus mencegah terjadinya berat badan lahir rendah serta penyakit anemia pada ibu.

3. Mendukung perkembangan otak bayi

 Manfaat jambu biji untuk ibu hamil muda yang ketiga adalah untuk menunjang tumbung kembang otak bayi.

Kandungan asam  folat dalam jambu biji berguna untuk memproduksi sel darah merah sekaligus membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang.

4. Mengurangi risiko pegal dan kram otot

Manfaat jambu biji yang berikut nya adalah dapat mengurangi risiko pegal dan kram otot.

Sebagian besar ibu hamil rentan terkena masalah sendi dan otot, khususnya padabagian tulang belakang sehingga dapat mengakibatkan sakit pinggang saat hamil.

Maka dari dokter menyarankan untuk mengkonsumsi jus jambu bipji untuk mengurangi resiko kram otot dan pegal.

5. Melancarkan pencernaan

Salah satu masalah lain yang dihadapi oleh ibu hamil muda adalah masalah pencernaan seperti sembelit.

Mengkonsumsi jambu biji ternyata dapat mengatasi masalah yang satu ini karena kandungan serat serta air yang cukup tinggi dapat melancarkan pencernaan.

Nah itulah manfaat jambu biji untuk kecantikan dan ibu hamil muda. Semoga pembahasan kita kali ini dapat berguna serta menambah wawasan kalian ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini.