Mengulik Manfaat Buah Zuriat Untuk Promil

22-07-2022

RatuBuah.com - Mungkin banyak dari kamu yang belum mengenal buah zuriat.

Buah zuriat adalah buah asli dari hulu mesir dan menjadi salah satu buah yang populer dikalangan jemaah haji selain kurma. Nah, ternyata buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, loh. Salah satunya ialah membantu wanita yang tengah menjalani program kehamilan (promil).

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Mesir, mengatakan bahwa buah zuriat tinggi akan antioksidan. Mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi akan antioksidan dipercaya baik untuk regenerasi reproduksi.

Selain bermanfaat sebagai sumber antioksidan, berikut beberapa manfaat buah zuriat untuk promil.

Taksonomi Buah Zuriat (Hyphaene thebaica (L.)

Kerajaan : Plantae

(tanpa takson) : Angiosperms

(tanpa takson) : Monocots

(tanpa takson) : Commelinids

Ordo : Arecales

Famili : Arecaceae

Genus : Hyphaene

Spesies : H. thebaica

Asal-usul Buah Zuriat

Buah zuriat adalah buah yang berasal dari kawasan Afrika Utara dan banyak tumbuh di Mesir, Arab Saudi, dan Yaman. Terdapat tiga jenis buah zuriat, yaitu buah zuriat Madinah, buah zuriat Mesir, dan buah zuriat Sudan.

Ciri-ciri Buah Zuriat

Buah zuriat Madinah memiliki ciri, berwarna cokelat kehitaman. Sedangkan buah zuriat Mesir dan buah zuriat Sudan, berwarna cokelat muda. Buah zuriat memiliki aroma yang mirip dengan buah kopi.

Kandungan Buah Zuriat

  • Antioksidan
  • Serat
  • Karbohidrat Kompleks
  • Lemak
  • Protein
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Asam Lemak Esensial Linoleat
  • Senyawa metabolit sekunder seperti Flavonoid

Manfaat Buah Zuriat untuk Promil

1. Meningkatkan Kualitas Sperma

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah zuriat dapat meningkatkan hormon seksual pada laki-laki. Hal ini dipercaya mampu berpengaruh pada produksi dan kualitas sperma.

2. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Setelah mengonsumsi buah zuriat, hormon seksual wanita akan meningkat . Sama halnya dengan laki-laki, buah zuriat juga dipercaya mampu meningkatkan kualitas sel telur pada wanita. Dengan begitu, peluang kehamilan pun akan semakin besar.

3. Memperkuat Rahim

Bagi kamu yang tengah menjalani masa promil, buah zuriat juga dipercaya mampu memperkuat dinding rahim. Menurut medis, rahim yang kuat akan lebih siap untuk mempersiapkan kehamilan.

4. Melancarkan Haid

Buah zuriat dipercaya mampu membantu melancarkan peredaran darah dan menyeimbangkan hormon, sehingga dapat membantu melancarkan siklus menstruasi kamu.

5. Sumber Antioksidan

Antioksidan dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Mengonsumsi buah zuriat, dapat membantu memenuhi kebutuhan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan antioksidan yang cukup, peluang kehamilan pun akan semakin meningkat. ‘

Cara Mengolah Buah Zuriat

Rasa buah zuriat mirip seperti roti jahe atau sedikit mirip juga dengan gula merah. Kamu dapat mengonsumsi buah ini dengan cara meminum air rebusan dari buah zuriat. Berikut cara mengolah buah zuriat :

1. Potong buah zuriat menjadi beberapa bagian.

2. Rebus bersama dengan kulitnya selama 15 menit.

3. Kamu bisa menambahkan madu pada air hasil rebusan buah zuriat.

4. Rebusan buah zuriat pun siap untuk dikonsumsi.

Itulah informasi seputar manfaat buah zuriat untuk promil. Efektivitas penggunaan buah zuriat untuk program hamil pada setiap orang mungkin akan berbeda-beda. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba.