Baik Untuk Jantung, Inilah Manfaat Buah Zaitun untuk Kesehatan

RatuBuah.com - Buah zaitun atau olive selama ini dikenal enak disantap dan bermanfaat untuk kulit. Namun ada manfaat buah zaitun lainnya yang baik untuk kesehatan. Lantas, apa sajakah manfaat buah zaitun?

Taksonomi Buah Zaitun

Berikut klasifikasi buah zaitun yang perlu kamu ketahui.

Kingdom : Plantae

Sub Kingdom : Viridiplantae

Infra Kingdom : Streptophyta

Super Divisi : Embryophyta

Divisi : Tracheophyta

Sub Divisi : Spermatophyta

Kelas : Magnoliopsida

Super Ordo : Asteranae

Ordo : Lamiales

Famili : Oleaceae

Genus : Olea

Spesies : Olea europaea L

Sub Spesies : Olea europaea ssp. Europaea L

Asal Usul Buah Zaitun

Pohon zaitun pertama kali didomestikasi di Mediterania Timur antara 8.000 dan 6.000 tahun yang lalu. Temuan yang dipublikasikan baru-baru ini dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B didasarkan pada analisis genetik dari hampir 1.900 sampel di sekitar Laut Mediterania.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa pohon zaitun peliharaan mungkin pertama kali dibudidayakan dari pohon zaitun liar di perbatasan antara Turki dan Suriah.

Kandungan Buah Zaitun

Situs Food Data Central U.S. Department of Agriculture menyebutkan bahwa 100 g buah zaitun terdiri dari serangkaian nutrisi berikut ini:

Protein: 1,03 g

Lemak: 15,32 g

Karbohidrat: 3,84 g

Serat: 3,3 g

Gula: 0,54 g

Kalsium: 52 mg

Zat besi (Fe): 0.49 mg

Magnesium (Mg): 11 mg

Fosfor (P): 4 mg

Kalium (K): 42 mg

Sodium (Na): 1556 mg

Zinc (Zn): 0,04 mg

Copper (Cu): 0,12 mg

Selenium (Se): 0,9 µg

Thiamin: 0,021 mg

Riboflavin: 0,007 mg

Niacin: 0,237 mg

Vitamin B-6: 0,031 mg

Folat: 3 µg

Beta-karoten: 231 µg

Lutein + zeaxanthin: 510 µg

Vitamin E: 3,81 mg

Vitamin K: 1,4 µg

Di samping berisi karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral, buah zaitun memang mengandung lemak yang tinggi, yaitu sebesar 11-15 persen. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena kandungan lemak yang ada di dalam buah zaitun adalah lemak baik.

Asam lemak yang paling melimpah dari buah ini adalah asam oleat yang termasuk asam lemak tak jenuh tunggal dan menyumbang 74% dari seluruh kandungan buah zaitun.

Manfaat Buah Zaitun

1. Menjaga kesehatan jantung

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak zaitun, terutama jenis extra- virgin, dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kematian pada orang yang memiliki risiko tinggi terhadap kondisi ini.

Zaitun penuh dengan asam lemak tak jenuh tunggal, sejenis lemak yang terkait dengan menurunkan LDL (kolesterol "jahat") sambil mempertahankan HDL (kolesterol "baik"). Sifat antioksidan polifenol zaitun yang kuat juga dapat melindungi terhadap stres oksidatif dan kronis. peradangan, faktor pencetus utama penyakit jantung.

2. Mengurangi risiko kanker

Zaitun mengandung senyawa oleocanthal, yang menurut penelitian dapat membunuh sel kanker. Penelitian lain menunjukkan hubungan antara mengonsumsi minyak zaitun dan mengurangi risiko kanker, termasuk kanker payudara.

3. Menurunkan risiko penyakit kognitif

Oleocanthal dalam zaitun dan minyak zaitun dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit terkait otak lainnya. Senyawa ini juga meningkatkan aktivitas obat donepezil. Manfaat buah zaitun juga untuk mengobati demensia.

4. Mencegah diabetes

Penelitian menunjukkan hubungan antara konsumsi minyak zaitun dan pencegahan diabetes tipe 2 dengan membantu tubuh mengatur glukosa (gula). Manfaat buah zaitun juga berguna untuk mencegah diabetes.

5. Meningkatkan sirkulasi darah

Mengutip Good Housekeeping, senyawa nabati dalam zaitun dapat meningkatkan produksi oksida nitrat, meningkatkan fungsi pembuluh darah dengan meningkatkan aliran darah ke jaringan Anda. Beberapa jenis zaitun juga dapat menyediakan hingga 25% dari kebutuhan zat besi Anda, mineral penting yang membantu mengantarkan oksigen ke organ Anda.

6. Anti-inflamasi

Polifenol yang ditemukan dalam buah zaitun dapat membantu mengurangi peradangan kronis dengan menghentikan kerusakan jaringan organ sebelum dimulai.

7. Bermanfaat untuk tulang

Polifenol juga dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang dengan mengurangi degenerasi. Diet Mediterania telah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih rendah pada orang dewasa yang lebih tua.

8. Meningkatkan kesehatan otak

Zaitun membantu mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh peradangan, mereka juga melindungi jaringan organ vital. Manfaat buah zaitun juga mengandung vitamin E, antioksidan yang terkait dengan peningkatan kognisi dan mengurangi risiko penurunan kognitif.

Wah, banyak banget yah manfaat yang terkandung di dalam buah zaitun. Pantas saja buah ini sangat populer.

ARTIKEL REKOMENDASI