Mengulik Manfaat Buah Semangka, Buah Favorit Semua Orang

RatuBuah.com - Siapa nih yang suka buah semangka? Hampir semua orang pasti menyukai buah berwarna  merah dan manis ini. Buah yang segar dan nikmat saat disantap disiang hari dengan udara yang panas.

Selain segar, buah yang memiliki daging buah berwarna merah dan manis ini memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh salah satunya yaitu mampu meningkatkan fungsi jantung.

Nah, buat kamu yang ingin mengenal lebih dalam mengenai buah semangka, berikut penjelasannya!

Taksonomi Buah Semangka

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Cucurbitales

Famili: Cucurbitaceae

Genus: Citrullus

Spesies: C. lanatus

Asal Usul Buah Semangka

Ya, asal usul semangka memang masih menjadi perdebatan. Sebelumnya, sebuah teori puluhan tahun lalu menyebut bahwa semangka berkaitan erat dengan melon sitron yang diduga tumbuh pertama di Afrika Selatan.

Namun, penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Science menemukan kisah menarik soal asal semangka yang dimulai di timur laut Afrika. Dilansir dari Modern Farmer, sekelompok ahli genetika dan ahli biologi evolusi telah menentukan bahwa melon Kordofan masih kerabat liar dari semangka domestik yang berasal dari Sudan.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan mengambil ratusan semangka domestik yang diurutkan secara genetik dan membandingkan DNA mereka dengan varietas melon liar. Dari sampel tersebut, melon Kordofan memiliki gen yang paling cocok dengan semangka.

Para peneliti juga menganalisis sejumlah lukisan makam Mesir yang menunjukkan buah seperti semangka yang disajikan di atas nampan dengan anggur dan bunga teratai. Hal ini menunjukkan bahwa semangka bisa jadi sudah menjadi makanan pencuci mulut di Lembah Nil lebih dari 4.000 tahun yang lalu.

Artinya, kala itu banyak orang Mesir menduduki Nubia atau sekarang Sudan, di mana mereka memperoleh segalanya mulai dari tanaman, emas dan mineral hingga barang seni yang dijarah.

Ciri Ciri Buah Semangka

Semangka terbagi menjadi dua jenis warna daging yaitu warna merah dan warna kuning. Kandungan air dalam buah ini tinggi bahkan lebih tinggi dari buah lainnya yaitu 90 % dari total nutrisi buah. Selain itu, waktu untuk menanam buah ini juga bervariasi sesuai dengan iklim dari daerah masing-masing.

Buah yang memiliki daging buah berwarna merah dan manis ini memiliki berbagai macam-manfaat bagi tubuh salah satunya yaitu mampu meningkatkan fungsi jantung. Buah ini cocok di budidayakan di daerah yang kering dan cenderung miskin dengan uap air.

Oleh sebab itu memilih daerah dengan kriteria tersebut dapat membantu petani untuk menanam atau memaksimalkan hasil budi daya tanaman semangka.

Kandungan Buah Semangka

Khasiat yang didapat dari buah semangka terutama berasal dari campuran antara nutrisi, vitamin, mineral, dan senyawa lain di dalamnya. Berikut ini daftar kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh dalam buah semangka.

Energi: 28 kal

Protein: 0,5 g

Lemak: 0,2 g

Karbohidrat: 6,9 g

Serat: 0,4 g

Kalsium: 7 mg

Fosfor: 12 mg

Besi: 0,2 mg

Natrium: 7 mg

Kalium: 93,8 mg

Tembaga: 0,04 mg

Zinc: 0,1 mg

Beta-karoten: 315 mcg

Karoten total: 590 mcg

Thiamin (Vit. B1): 0,05 mg

Riboflavin (Vit. B2): 0,05 mg

Niasin: 0,3 mg

Vitamin C: 6 mg

Manfaat Buah Semangka

1. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Tahukah Anda bahwa buah semangka mengandung 92% air dan elektrolit yang baik untuk menghidrasi tubuh? Kedua senyawa ini sangat penting untuk mencegah Anda terkena dehidrasi dan efektif dalam menurunkan suhu tubuh, serta tekanan darah.

Air dari buah semangka juga berkhasiat dalam melembabkan tubuh selama musim kemarau. Itu sebabnya, tidak heran bila masyarakat di daerah tropis sering mengonsumsi buah semangka.

Hal ini dikarenakan jumlah air yang banyak pada semangka membantu merangsang pelepasan kelebihan cairan dalam bentuk keringat. Kemudian, suhu tubuh Anda akan menurun setelah memakan semangka di tengah panasnya cuaca.

2. Menjaga kesehatan jantung

Selanjutnya, buah semangka diketahui dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini telah dibuktikan dari penelitian yang dimuat dalam The American Journal of Hypertension. Para ahli dalam studi tersebut berpendapat bahwa ekstrak semangka berperan dalam menurunkan tekanan darah pada pasien obesitas dengan hipertensi.

Hal ini mungkin dikarenakan jumlah kalium dan magnesium pada semangka yang menjadi pahlawan dari manfaat tersebut. Begini, kalium merupakan nutrisi vasodilator yang dapat merilekskan pembuluh darah dan arteri.

Hal tersebut ternyata membantu merangsang aliran darah dan mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular. Sementara itu, karotenoid yang terkandung dalam buah, termasuk semangka, juga dapat mencegah pengerasan dinding arteri dan vena. Kondisi ini ternyata juga membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko masalah seperti:

- pembekuan darah,

- serangan jantung, dan

- aterosklerosis.

3. Meningkatkan nafsu bercinta

Selain buahnya, kulit buah semangka ternyata memiliki khasiat sebagai obat kuat alami. Para ahli berpendapat bahwa kulit buah ini dapat membantu pria mengatasi masalah ereksi ringan hingga sedang.

Dengan begitu, performa Anda di ranjang pun bertahan lebih lama. Hal ini disebabkan kandungan citrulline dalam kulit semangka yang mengandung asam amino yang khas. Kandungan citrulline ini yang dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan libido. Itu sebabnya, cara kerja kulit semangka mirip dengan obat kuat atau viagra.

4. Membantu mengendalikan gula darah

Aturan yang harus ditaati oleh para penyandang diabetes adalah menjalani diet rendah gula dan kaya akan karbohidrat. Hal ini dikarenakan mereka sering merasa lapar, tetapi tidak dapat makan sesuka hati, sehingga nafsu makan pun ikut turun.

Maka dari itu, semangka hadir sebagai camilan ringan untuk para penyandang diabetes. Tidak hanya itu, kandungan kalium dan magnesium di dalamnya juga membantu meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh. Hal ini turut berkontribusi terhadap menurunnya kadar gula darah.

Meski begitu, penyandang diabetes hanya boleh mendapatkan manfaat dari buah semangka ini dalam jumlah yang sedikit. Hal ini dikarenakan rasa manis dari buah semangka justru bisa menjadi bumerang terhadap melonjaknya gula darah.

5. Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit

Sudah bukan rahasia umum lagi bila vitamin A dan C yang bisa Anda jumpai pada buah semangka sangat bermanfaat bagi kulit dan rambut. Vitamin C adalah salah satu vitamin yang berperan penting dalam menyembuhkan jaringan ikat dan meningkatkan produksi kolagen.

Sedangkan, vitamin A dapat membantu memperbaiki sel kulit dan membuatnya tetap muda, serta kenyal. Hal ini yang membuat semangka begitu digemari karena dapat mempercantik penampilan sekaligus pelepas dahaga di tengah panasnya musim kemarau.

Buah semangka memang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia. Namun, sesuatu yang berlebihan pada dasarnya tidak baik. Jadi, jangan banyak-banyak ya gais.

ARTIKEL REKOMENDASI