Mengulik Khasiat Buah Sawo Untuk Kesehatan

13-05-2022

RatuBuah - Pernahkan kamu memakan buah sawo? Yap, buah yang memiliki rasa manis ini memang sering menjadi cemilan masyarakat Indonesia.

Namu, tahukah kamu? Buah sawo ternyata bukanlah buah yang berasal dari Indonesia. Penasaran dengan asal buah ini? Yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas!

Taksonomi Buah Sawo

Berikut taksonomi buah sawo yang perlu kamu ketahui.

Kerajaan:      Plantae

Divisi:           Magnoliophyta

Kelas:           Magnoliopsida

Ordo:            Ericales

Famili:           Sapotaceae

Genus:          Manilkara

Spesies:        M. zapota

Asal Usul Buah Sawo

Sawo (Manilkara zapota) adalah tanaman buah yang termasuk dalam famili Sapotaceae yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko.

Tanaman sawo termasuk tumbuhan tropis yang mudah beradaptasi pada berbagai suhu, curah hujan, tanah, dan salinitas tanah.

Tanaman ini sudah banyak dibudidayakan di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Bahkan, sawo banyak diusahakan di lahan pekarangan dan sangat mudah dijumpai di pasaran.

Ciri Ciri Buah Sawo

Buah sawo yang masih muda memiliki kulit berwarna hijau yang kencang dan ketika dipetik, bergetah putih yang keluar dari tangkai buah. Sedangkan buah sawo yang matang memiliki kulit agak kendor dan tidak mengeluarkan getah saat dipetik.

Buahnya sendiri berdiameter 4-8 cm, daging buahnya berwarna kuning pucat hingga cokelat muda dengan tekstur agak kasar. Setiap buah mengandung satu hingga enam biji. Bijinya berwarna hitam mengkilap, keras, dan menyerupai kacang.

Kandungan Buah Sawo

Di balik rasanya yang manis, sawo mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, berikut kandungan gizi buah sawo.

Air: 75,5 gram

Energi: 92 Kalori

Lemak: 1,1 gram

Karbohidrat: 22,4 gram

Serat: 9,5 gram

Kalsium: 25 miligram

Fosfor: 12 miligram

Natrium: 26 miligram

Kalium: 110,2 miligram

Beta karoten: 111 mcg

Vitamin C: 21 miligram

Manfaat Buah Sawo

1. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dalam 100 gram buah sawo matang diketahui sebanyak 9,5 gram. Bisa dibilang, serat yang terkandung dalam buah ini cukup tinggi.

Kandungan serat dan tanin yang berlimpah dalam buah sawo dapat membantu memperlancar sistem pencernaan.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Science and Technology India menunjukkan bahwa serat di dalam sawo dapat membantu meringankan berbagai gangguan pencernaan, seperti sembelit, diare, wasir alias ambeien

2. Membantu menurunkan berat badan

Sedang berjuang untuk mendapatkan berat badan ideal? Anda bisa mengonsumsi buah sawo yang mengandung serat.

Dikutip dari Healthy Focus, kandungan serat dalam sawo membuat merasa kenyang lebih lama tanpa harus menambahkan banyak kalori ke dalam tubuh.

Hasilnya, Anda tidak cepat lapar sehingga nafsu makan makan menurun dan porsi makan lebih sedikit. Hal ini tentu jadi kabar baik bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

Meski begitu, pastikan Anda tidak mengonsumsi buah ini secara berlebihan. Ingat, buah ini mengandung kalori dan fruktosa yang tinggi. Alih-alih mendapatkan berat badan yang ideal, kebanyakan mengonsumsi buah ini justru dapat menyebabkan gula darah naik.

Anda bisa mengonsumsi sawo tiga buah dalam satu minggu. Lebih baik lagi jika Anda mengimbangi asupan nutrisi dari berbagai jenis buah lainnya.

3. Menangkal radikal bebas

Buah sawo memiliki kandungan antioksidan tinggi yang sangat dibutuhkan tubuh. Antioksidan di dalam buah sawo memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas.

Anda bisa mendapat radikal bebas dari makanan, udara, bahkan dari reaksi tubuh terhadap sinar matahari. Jika dibiarkan terus menumpuk di dalam tubuh, radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh yang sehat.

Radikal bebas sering dikaitkan sebagai penyebab berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, berkurangnya kemampuan penglihatan, hingga Alzheimer.

Mencampurkan sawo dengan berbagai jenis buah lainnya yang kaya antioksidan menjadi cara terbaik untuk menangkal radikal bebas di tubuh.

4. Redakan demam dan radang

Penelitian Asian Pacific Journal of Tropical Disease menemukan bahwa ekstrak daun sawo memiliki manfaat sebagai antiradang dan antipiretik.

Oleh karena itu, ekstrak daun sawo membantu meringankan peradangan serta demam.

Sayangnya, penelitian ini dilakukan pada tikus. Untuk itu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk memastikan manfaat daun sawo pada manusia.

Ingat, bahan-bahan alami tidak selalu lebih aman. Bagi Anda yang mungkin sensitif terhadap komponen yang terkandung dalam sawo, memakannya bukan hal yang tepat.

Oleh sebab itu, selalu konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat-obatan tertentu termasuk herbal untuk mengobati kondisi kesehatan.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah sawo tinggi kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C di dalam sawo juga memiliki manfaat untuk perkembangan tulang dan penyerapan zat besi.

Tubuh tidak bisa memproduksi vitamin C sendiri, sehingga Anda bisa mendapatkannya dari makanan sehari-hari. Selain sawo, makanan tinggi vitamin C yaitu jeruk, paprika, kiwi, brokoli, dan tomat.

Nah, itulah segudang manfaat yang dimiliki oleh buah sawo. Tapi ingat, sesuatu yang berlebihan pada dasarnya tidaklah baik. Jangan makan banyak banyak yah gais.