Manfaat Buah Petai serta Cara Menghilangkan Baunya

01-01-1970

RatuBuah.com – Siapa yang tidak mengenal buah Petai, buah lokal yang memiliki aroma khas ketika dimakan. Petai biasa dijadikan pendamping makanan dan untuk beberapa orang dianggap sebagai penambah nafsu makan.

Meski memiliki aroma yang kurang sedap, di Indonesia pecinta buah lokal ini cukup banyak. Olahan petai sering dijadikan salah satu menu di restoran-restoran, salah satunya seperti sambal petai.

Namun, apakah kamu tahu apa itu buah petai, klasifikasinya, manfaat serta cara menghilangkan baunya? Semua penjelasan yang kamu butuhkan ada disini. Yuk disimak artikel berikut.

Buah Petai

Buah petai, buah pete merupakan buah lokal yang berasal dari kawasan Nusantara, Indonesia. Buah yang termasuk ke dalam jenis polong-polongan ini sudah semakin dikenal turis mancan Negara, seperti di beberapa Negara Asia Tenggara.

Karakteristik dari buah ini, memiliki bentuk panjang dengan kacang berwarna hijau di dalamnya. Kulit buah petai atau buah pete yang sudah matang akan berubah warna menjadi hitam dan biji buahnya menjadi berwarna jingga.

Tak sedikit orang yang membenci dan menolak mengonsumsi buah yang satu ini, dikarenakan kandungan asam amino dan unsur sulfur atau belerang yang cukup tinggi yang menyebabkan bau tidak sedap di area mulut dan urin.

Klasifikasi Buah Petai

Untuk beberapa wilayah di Indonesia, buah yang satu ini memiliki nama panggilannya tersendiri seperti berikut.

Batak Toba: Palia; Batak Karo: Parira; Minang Kabau: Patai; Buru: Foopatu; Ambon: Pateh; Bima: Pode; Jawa: Sindutan; Lampung: Petar; dan lain sebagainya.

Namun, secara ilmiah nama buah petai atau buah pete ini adalah Parkia speciosa. Berikut klasifikasi ilmiahnya.

Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Subfamili: Mimosoideae
Genus: Parkia
Spesies: P. speciosa

Kandungan Nutrisi pada Buah Petai

Tidak hanya memiliki bau yang khas, buah petai juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut beberapa kandungannya.

Zat Besi
Protein
Vitamin B2
Vitamin C
Kalsium
Fosfor
Karbohidrat
Polifenol (Mikronutrien Antioksidan)
Phytosterol
Flavonoid

Manfaat Petai (Buah Pete)

Kandungan buah petai yang cukup banyak, membuat buah ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti berikut.

1.    Mencegah Anemia dan mengontrol tekanan darah
2.    Melancarkan pencernaan
3.    Menstabilkan detak jantung agar tidak mudah stress
4.    Menangkal radikal bebas
5.    Meningkatkan daya ingat otak
6.    Mencegah dan mengobati sakit maag
7.    Mencegah penyakit stroke
8.    Menjaga kesehatan kornea mata
9.    Mengurangi kolesterol
10.    Membantu penurunan berat badan
11.    Mengobati sariawan dan gusi berdarah
12.    Meningkatkan daya tahan tubuh

Cara Menghilangkan Bau Petai di Mulut

Bagi yang suka mengonsumsi buah petai, pasti akan bermasalah dengan bau yang dihasilkan. Hal ini membuat kita menjadi kurang percaya diri bertemu dengan, teman, saudara, pimpinan atau dengan yang lainnya.

Tidak hanya bau di mulut, air seni (urine) kita pun akan meninggalkan jejak bau yang tidak sedap karena mengonsumsi buah lokal yang satu ini.

Kamu tidak perlu khawatir, berikut beberapa cara menghilangkan bau petai di mulut.

1. Sikat Gigi

Hal pertama yang bisa kamu lakukan setelah mengonsumsi petai adalah menyikat gigi. Hal ini diperlukan untuk menghilangkan bau mulut serta membasmi bakteri penyebab bau mulut yang diakibatkan adanya sisa-sisa makanan.

2. Menggunakan Obat Kumur

Jika dirumah ada obat kumur, kamu juga bisa menggunakannya untuk menghilangkan bau pada mulut akibat mengonsumsi pete. Kamu bisa melakukannya setelah menyikat gigi. Senyawa klorin dioksida pada obat kumur juga membantu menghilangkan plak.

3. Mengonsumsi Buah-buahan

Meski petai temasuk kedalam buah polong-polongan, kamu juga tidak salah mengonsumsi buah segar lainnya untuk mengurangi bau yang ditimbulkan petai. Sebagai contoh buah apel. Kandungan kimiawi yang terdapat pada apel membantu menghilangkan bau napas.

4. Mengonsumsi Coklat atau Susu

Cara menghilangkan bau petai di mulut berikutnya adalah mengonsumsi olahan susu atau coklat. Karena coklat atau olahan susu dipercaya ampuh mengatasi bau mulit akibat mengonsumsi petai.

Itulah informasi mengenai buah petai, buah lokal Indonesia yang ternyata memiliki banyak manfaat. Semoga artikel dari RatuBuah.com ini bermanfaat untuk semuanya.