13 Manfaat Buah Murbei Bagi Kesehatan dan Kecantikan

01-01-1970

RatuBuah.com – Buah stroberry, blackberry, blueberry, mungkin sering didengar bahkan sudah pernah dikonsumsi. Namun ada satu buah yang masih termasuk kelompok berry-berry-an yang asing dan mungkin belum pernah kamu dengar sama sekali. Buah itu adalah Buah Mulberry.

Di Indonesia, buah Mulberry dikenal dengan nama buah Murbei. Buah ini berasal dari Negara yang memiliki 4 musim, seperti Amerika Utara dan kawasan Asia Utara. Ciri fisik dari buah Mulberry atau buah Murbei ini , yaitu:

1.    Tinggi pohon kurang lebih 4-5 m, terdapat bintik putih kekuningan pada batangnya.
2.    Diameter pohon Murbei mencapai 15 cm.
3.    Berdaun tunggal dengan bentuk segitiga atau lonjong seperti telur, serta tekstur permukaan daun terasa kasar.
4.    Ketika masih mentah, buah murbei akan berwarna hijau dan merah. Jika sudah masak, buah ini akan berubah warna menjadi kehitaman dan memiliki rasa yang sangat manis.
5.    Ukuran buah yang sudah siap dipanen kira-kira 2-3cm.

Buah mulberry dapat dimakan langsung atau dijadikan olahan lainnya, seperti dicampur ke dalam salad buah, manisan murberry, selai, sirup, bahkan bisa dibuat menjadi teh.

Klasifikasi Ilmiah Buah Murbei

Buah Murbei atau buah Mulberry memiliki nama latin Morus alba, berikut klasifikasi ilmiah buah Murbei:

Kingdom: Plantae
Filum: Tracheophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Rosales
Famili: Moraceae
Genus: Morus
Spesies: Morus alba L.

Kandungan Buah Murbei

Buah murbei mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita. Berikut kandungan yang terdapat pada buah mulberry.

•    Energi: 43 kkal
•    Protein: 1,4 gram
•    Karbohidrat: 9,8 gram
•    Lemak: 0,4 gram
•    Serat: 1,7 gram
•    Vitamin B1: 0,03 miligram
•    Vitamin C: 36,4 miligram
•    Vitamin K: 7,8 mikrogram
•    Kalsium: 39 miligram
•    Besi: 1,9 miligram
•    Magnesium: 18 miligram
•    Fosfor: 38 miligram
•    Kalium: 194 miligram
•    Zinc: 1,12 miligram

Manfaat Buah Murbei

Kandungan buah Murbei yang begitu banyak, membuat buah ini juga memiliki segudang manfaat. Selain untuk kesehatan, manfaat buah mulberry lainnya adalah untuk kecantikan. Nah, bagi para wanita yang ingin terjaga kecantikannya tanpa harus selalu mengonsumsi atau menggunakan bahan kimia, buah Mulberry dapat dijadikan alternatif.

Berikut manfaat buah mulberry berdasarkan kriterianya:

A.    Manfaat Buah Murbei Bagi Kesehatan

1.    Membantu Menurunkan Kolesterol dalam Darah

Penumpukan kolesterol pada tubuh dapat memicu munculnya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Langkah pencegahan yang bisa kamu lakukan adalah mengonsumsi buah ini, serta tetap menjaga kadar kolesterol agar tetap normal.

2.    Mengontrol Gula Darah

Kandungan senyawa 1-deoxynojirimycin (DNJ) yang ada pada buah mulberry dapat memperlambat pencernaan dan metabolisme karbohidrat menjadi glukosa di usus. Bagi penderita diabetes tipe 2, buah ini bisa dijadikan pilihan buah yang dapat dikonsumsi.

3.    Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Buah murbei juga memiliki kandungan yang bersifat antioksidan dan antikanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak dari buah murbei ini bisa menangkal kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas atau stress oksidatif dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

4.    Mencegah Penimbunan Lemak di Hati

Hati merupakan tempat yang bisa dijadikan tempat penimbunan lemak. Hal itu dapat terjadi, jika kadar lemak didalam tubuh terlalu tinggi dan menjadi tidak terkontrol. Kondisi tersebut dapat dikatakan sebagai perlemakan hati dan jika semakin dibiarkan, akan menyebabkan gangguan pada fungsi hati.

Sebagai pencegahan, ada baiknya kamu mengonsumsi buah murbei ini, karena mengandung banyak serat.

5.    Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, bahwa buah murbei memiliki kandungan serat yang juga baik untuk sistem pencernaan. Salah satu masalah pencernaan yang sangat mengganggu adalah sembelit.

Dengan mengonsumsi buah murbei ini dapat membantu memperlancar sistem pencernaan. Kandungan air dan serat yang tinggi, membuat tinja menjadi lebih lunak, serta merangsang pergerakan usus.

6.    Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah murbei bagi kesehatan berikutnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Buah murbei akan mengaktifkan kandungan makrofag melalui alkaloid. Selain makrofag, buah mulberry juga mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga memperkuat elemen kekebalan tubuh.

7.    Bagus untuk Kesehatan Mata

Tidak hanya wortel yang bagus untuk kesehatan mata, buah murbei juga memiliki manfaat dalam melindungi mata. Tidak hanya itu, buah ini juga dapat meningkatkan penglihatan mata.

Kandungan zeaxanthin dan karotenoid yang terdapat pada buah ini membantu mengurangi stress oksidatif dalam sel-sel yang membentuk mata, serta membantu mencegah katarak dan degrnerasi macula.

8.    Membangun Jaringan Tulang

Buah mulberry juga memiliki kandungan vitamin K, Kalsium, dan zat besi  yang bertugas dalam menjaga dan membangun jaringan tulang. Semua kandungan itu akan bekerja membalikkan tanda-tanda degradasi tulang dan mencegah gangguan tulang, seperti oestoporosi, arthritis, dan yang lainnya.

B.    Manfaat Buah Murbei Bagi Kecantikan

9.    Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah murbei bagi kecantikan, yaitu dapat menurunkan berat badan. Kandungan air dan serat yang tinggi, membuat buah ini cocok dijadikan buah pendukung program diet kamu. Kamu akan merasa kenyang lebih lama disaat mengonsumsi buah yang satu ini.

10.    Menjadi Penghambat Penuaan

Dari pada kamu selalu mencoba produk-produk kecantikan yang mengandung bahan kimia dan pengawet, kamu harus mencoba mengonsumsi buah mulberry. Buah yang kaya akan antioksidan ini merupakan anti aging yang efektif.

Selain menghambat penuaan, dengan mengonsumsi buah ini secara teratur membuat kulit tampak cerah dan bebas dari kerutan.

11.    Menyamarkan Bintik dan Noda Hitam

Manfaat buah murbei bagi wajah berikutnya, yaitu menyamarkan bintik dan noda hitam yang ada pada wajah. Antioksidan buah ini akan membantu mengatur sintesis melanin pada kulit, serta secara alami membersihkan bintik-bintik hitam.

Selain itu, kandungan buah ini akan melembabkan, membuka pori-pori, membuang racun pada kulit, hingga menjaga kulit tetap segar dan cerah.

12.    Membantu Melembutkan dan Mencerahkan Kulit

Mau mendapatkan kulit yang lembut dan cerah tanpa harus capek-capek pergi kesalon melakukan perawatan, serta suntik sana sini. Kamu cukup duduk santai dirumah sambil memakan buah murbei.

Buah murbei akan membantu mengembalikan elastisitas kulit dan member nutrisi pada kulit kamu, tanpa harus repot-repot melakukan perawatan yang mahal.

13.    Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Siapa yang sering dan setiap harinya mengalami rambut rontok? Jangan khawatir, kamu dapat mencegahnya dengan cara mengonsumsi buah mulberry. Karena antioksidan pada buah murbei ini membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan juga mencegah kerusakan.

Nutrisi, seperti kalsium, zat besi, vitamin C dan B, pada buah ini, juga dapat menghambat pertumbuhan uban.

Beberapa wilayah di Indonesia sudah ada yang membudidayakan buah murbei ini, jadi kamu tidak perlu pusing bagaimana cara mendapatkan buah ini. Kamu bisa mencarinya di toko-toko buah disekitar tempat tinggalmu.

Itulah 13 manfaat buah murbei bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga artikel dari RatuBuah.com ini bermanfaat buat semuanya.