Apa Sajakah Khasiat Buah Mentimun Untuk Kesehatan?

10-06-2022

RatuBuah.com - Buah mentimun pasti sudah tak asing lagi dalam ruang lingkup kita. Buah yang termasuk anggota keluarga Cucurbitaceae ini banyak dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan kulit.

Di samping itu, mentimun memiliki jumlah kalori, lemak, kolesterol, dan natrium yang rendah sehingga sering disajikan sebagai pendamping makanan berat seperti daging.

Buat kamu yang ingin mengenal lebih dalam terkait buah mentimun, simak penjelasan berikut hingga tuntas ya!

Taksonomi Buah Mentimun

Berikut klasifikasi buah mentimun yang perlu kamu ketahui.

  • Kingdom:      Plantae
  • Divisi:           Magnoliophyta
  • Kelas:           Magnoliopsida
  • Ordo:            Cucurbitales
  • Famili:           Cucurbitaceae
  • Genus :         Cucumis
  • Spesies:        C. sativus

Asal Usul Buah Mentimun

Daerah asal tanaman mentimun adalah benua Asia. Para ahli botani menyebutkan bahwa mentimun berasal dari lereng gunung Himalaya dan India. Pasalnya, di daerah tersebut ditemukan sumber genetik (plasma nutfah) jenis mentimun liar Cucumis hardwichii Royle.

Pada 1882, seorang ahli botani, Augustin Pyramus de Condolle memasukan mentimun ke daftar tanaman asli India, seperti dikutip dari buku Sayuran Agroindustri Potensial.

Namun, sebagian ahli menyebutkan sumber genetik mentimun terdapat di Cina. Sebab di negara tersebut mentimun sudah dikenal sejak abad kedua sebelum Masehi.

Adapun ahli botani Soviet, Nikolai Ivanovich, juga berpendapat bahwa mentimun atau Cucumis sativus berasal dari dataran Cina. Wilayah ini meliputi daerah pegunungan Cina bagian tengah dan barat, serta dataran-dataran rendah disekitarnya. Selain itu, wilayah ini juga merupakan sentra asal tanaman terluas dan wilayah pertanian tertua di dunia.

Di Indonesia, tanaman mentimun banyak ditanam di dataran rendah. Pada mulanya sentra pertanaman mentimun terdapat di Jawa Barat, Aceh, Bengkulu, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kemudian budidaya mentimun meluas di hampir seluruh sebagian besar provinsi Indonesia.

Ciri Ciri Buah Mentimun

Warna buah mentimun muda berkisar antara hijau, hijau gelap, hijau muda, dan hijau keputihan sampai putih, tergantung kultivar yang diusahakan. Sementara warna buah mentimun yang sudah tua (untuk produksi benih) berwarna cokelat, cokelat tua bersisik, kuning tua, dan putih bersisik.

Panjang dan diameter buah mentimun antara 12-25 cm dengan diameter anatara 2-5 cm atau tergantung kultivar yang diusahakan. Bentuk-bentuk buah mentimun berkisar antara bentuk panjang, lonjong, bundar atau bulat, dan pangkal buah melekuk.

Bentuk pangkal dan ujung buah berkisar ujung dan pangkal buah melekuk, ujung dan pangkal buah meruncing, ujung dan pangkal buah melingkar, dan ujung dan pangkal buah meruncing, tetapi tidak beraturan.

Kandungan Buah Mentimun

Mengutip dari Panganku, berikut adalah fakta gizi serta komposisi timun dihitung per 100 gram.

  • Kalori: 8
  • Air: 97,9 gr
  • Karbohidrat: 1,4 gr
  • Serat: 0,3 gr
  • Kalsium: 29 mg
  • Fosfor: 95 gr
  • Kalium: 57,1 mg
  • Beta karoten: 314 mcg
  • Folat: 7 mcg
  • Vitamin C: 1 mg
  • Vitamin K: 16,4 mcg

Manfaat Buah Mentimun

Berikut deretan manfaat ketimun bagi kesehatan beserta penjelasannya yang penting untuk kamu ketahui.

1. Mencegah dehidrasi

Agar kebutuhan cairan tubuh tercukupi dan terhindar dari dehidrasi, Anda perlu minum air sekitar 7−8 gelas per hari. Namun, jika merasa bosan dengan air putih, Anda bisa memasukkan potongan ketimun atau buah lainnya ke dalam air untuk membuat infused water. Ini akan membuat air minum menjadi lebih segar dan bernutrisi.

2. Menangkal radikal bebas

Zat antioksidan pada ketimun, seperti flavonoid, lutein, zeaxanthin, dan tanin, dapat mencegah dan menangkal efek radikal bebas yang merusak sel tubuh. Senyawa-senyawa tersebut juga berperan penting dalam mencegah terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, radang sendi, dan penyakit Alzheimer.

3. Melancarkan pencernaan

Kandungan air dan seratnya yang tinggi membuat ketimun bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi sembeli. Anda bisa mengonsumsi ketimun serta buah dan sayuran lainnya ketika sedang susah BAB.

4. Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda sedang mencoba menurunkan berat badan, mulai sekarang cobalah untuk mengurangi asupan tinggi kalori, lemak, dan gula, seperti makanan siap saji, minuman kemasan, es krim, dan minuman bersoda. Untuk mendukung keberhasilan program diet Anda, konsumsilah makanan rendah kalori, seperti ketimun.

Serat pada ketimun juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda bisa lebih mudah mengontrol nafsu makan.

5. Menjaga kesehatan kulit

Mengonsumsi ketimun sangat baik untuk mencukupi asupan cairan, mineral, vitamin, dan antioksidan guna menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Selain itu, ketimun juga bisa digunakan sebagai masker alami kulit untuk mengatasi kulit kering, iritasi kulit, dan kulit terbakar akibat sinar matahari (sunburn).

6. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Riset menunjukkan bahwa asupan tinggi antikosidan dapat mengurangi risiko seseorang untuk terkena berbagai jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker rahim, dan kanker usus besar.

Manfaat ketimun untuk mencegaj kanker ada berkat kandungan antioksidan cucurbitacin, lignan, dan flavonoid di dalamnya yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

7. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat ketimun selanjutnya yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan tulang. Studi menyebutkan bahwa vitamin K dan kalsium dalam ketimun dapat meningkatkan kepadatan tulang serta mencegah osteoporosis.

Nah, itulah seputar informasi terkait taksonomi, asal usul, ciri ciri, kandungan hingga manfaat buah mentimun. Namun, sesuatu yang berlebihan pada dasarnya tidaklah baik. Jadi, tetap konsumsi sesuai pada porsinya ya!