Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

01-01-1970

RatuBuah.com – Tidak semua buah berada pada ranting atau batang pohon, ada juga buah yang tumbuh dan berkembang didalam tanah, yang juga merupakan akar tanaman tersebut. Buah yang dimaksud termasuk kedalam jenis umbi-umbian. Tanaman umbi memiliki beberapa jenis yang bentuknya hampir sama, seperti singkong, talas, kentang, wortel, bit, dan yang lainnya.

Umbi-umbian ini juga memiliki manfaatnya masing-masing bagi manusia. Kebanyakan tanaman umbi ini diolah menjadi berbagai jenis makanan, minuman, serta ada yang berkhasiat sebagai obat. Salah satu tanaman umbi yang memiliki segudang manfaat yaitu buah bit.

Yuk, sama-sama mengenal tanaman umbi yang satu ini, agar kita juga tahu manfaat buah bit untuk kesehatan.

Buah Bit

Buah bit adalah tanaman umbi berbunga dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae, yang memiliki bentuk morfologis seperti umbi. Buah Bit masih memiliki hubungan keluarga dengan sayuran lobak, wortel dan sayuran berakar lainnya.

Ciri khas dari tanaman umbi yang satu ini ialah memiliki akar yang berbentuk seperti kentang dan  berwarna merah pekat, rasanya yang manis, serta memiliki aroma bau tanah (earthy taste). Tinggi tanaman buah bit hanya berkisar 30-60 cm, jika buahnya dibelah akan tampak garis putih diantara warna merah pekat pada daging buah.

Buah bit dapat dipanen jika sudah berumur 2,5 – 3 bulan. Semakin tua buah bit dipanen, maka akan semakin banyak kandungan gula yang dihasilkan dan membuat rasanya bertambah manis. Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin C pada tanaman umbi ini juga semakin tinggi.

Untuk tekstur dari buah bit, jika semakin tua daging buah akan menjadi sedikit keras dan mengayu.

Klasifikasi Ilmiah Buah Bit

Buah bit yang memiliki nama latin Beta vulgaris L. memiliki klasifikasi ilmiah sebagai berikut:

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas:Hamamelidae
Ordo: Caryophyllales
Famili: Chenopodiaceae
Genus: Beta
Spesies: Beta vulgaris L.

Jenis-Jenis Buah Bit

Buah bit yang kaya akan khasiat dikelompokkan menjadi 2 jenis, seperti berikut.

1. Buah Bit Putih (Beta vulgaris L. Var.cicla L)

Ciri dari bit putih, yaitu berdaun besar, tekstur daging buah yang renyah, sedikit keriting, serta mengkilat dibandingkan tanaman umbi lainnya. Warna pada tulang daun putih, merah atau hijau, serta warna dari buah bit-nya sendiri merah keputih-putihan.

Jenis buah bit putih banyak tersebar dan dibudidayakan di wilayah Asia dan Eropa.

2. Buah Bit Merah (Beta vulgaris L. Var. Rubra L)

Untuk ciri umum dari buah bit merah hampir sama dengan ciri buah bit putih, yang membedakan keduanya dari sisi warna daging buah. Warna daging buah bit merah ini adalah merah tua. Jenis buah bit yang satu ini, banyak dibudidayakan di daerah dataran tinggi di Indonesia.

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Khasiat buah bit yang banyak berasal dari kandungan nutrisi yang banyak juga. Berikut beberapa kandungan buah bit yang dibutuhkan tubuh.

Nilai Nutrisi Per 100 gr
Energi: 180 kJ (43 KCal)
Karbohidrat: 9,96 gr
Gula: 7,96 gr
Serat Pangan: 2 gr
Lemak: 0,18 gr
Protein: 1,68 gr
Vitamin
Vitamin A: 2 mg
Vitamin B1 (Tiamina): 0,032 mg
Vitamin B2 (Riboflavin): 0,027 mg
Vitamin B3 (Niasin): 0,331 mg
Vitamin B5 (Asam Pantotenat): 0,145 mg
Vitamin B6: 0,67 mg
Vitamin B9: 80 mg
Vitamin C: 3,6 mg
Mineral
Kalsium: 16 mg
Zat Besi: 0,79 mg
Magnesium: 23 mg
Mangan: 0,3 mg
Fosfor: 38 mg
Potasium: 305 mg
Sodium: 77 mg
Seng: 0,35 mg

Berdasarkan kandungan nutrisi buah bit, berikut beberapa manfaat buah bit untuk kesehatan.

1. Mengontrol Tekanan Darah

Beberapa penelitian membuktikan bahwa buah bit mampu menurunkan tekanan darah secara signifikan, bahkan mencapai angka 4-10 mmHg, hanya dalam kurun waktu bebebrapa jam saja setelah mengonsumsinya.

Buah bit ini akan sangat berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi dalam keadaan mentah (tidak dimasak). Karena kandungan nitrat pada buah bit mentah akan dikonversi menjadi oksida nitrat dalam tubuh yang bertujuan melebarkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa menurun.

2. Mengatasi Peradangan

Dengan mengonsumsi buah bit sesuai takaran, akan membantu mengatasi peradangan atau inflamasi. Beberapa peradangan yang dapat diatas, yaitu obesitas, penyakit jantung, gangguan liver, serta kanker.

Kandungan betalin pada buah bit juga berfungsi mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman pada penderita osteoarthritis.

3. Melancarkan Pencernaan

Buah bit yang memiliki kandungan serat yang tinggi sekitar 3,4 gr/satu porsi cangkir, sangat berfungsi melancarkan pencernaan. Jika dikonsumsi secara teratur, akan menghindarkan kita dari masalah pencernaan seperti sembelit, infeksi pada usus, dan juga wasir.

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Usia yang semakin bertambah mengakibatkan penurunan fungsi otak dan mental. Hal ini terjadi karena aliran darah dan oksigen yang dibutuhkan otak manusia berkurang. Namun dengan mengonsumsi buah bit sesuai takaran, bisa meningkatkan kembali  fungsi kognitif otak dan mental.

5. Meningkatkan Stamina Tubuh

Banyak atlet yang mengonsumsi buah bit, dikarenakan khasiat buah bit dapat meningkatkan stamina. Salah satu kandungan dari buah bit yang dapat meningkat kan stamina tubuh adalah nitrat.

Nitrat akan menigkatkan kemampuan mitokondria, yang bertugas memproduksi energi dari sel-sel dalam tubuh. Jika kamu ingin mengikuti sebuah kompetisi atau perlombaan dibidang olahraga, kamu dapat mengonsumsi buah bit dua atau tiga jam sebelum bertanding.

6. Mengatasi Diabetes

Meski rasa dari buah bit yang manis, tidak membuat kadar gula darah meningkat. Buah bit berfungsi sebalikanya sebagai antioksidan dan membantu menurunkan kadar gula darah, serta meningkatkan sensitivitas insulin.

Namun untuk takarannya dapat disesuaikan, jangan sampai berlebihan yang bisa menyebakan hal fatal bagi tubuh.

Cara Mengkonsumsi Buah Bit

Buah bit termasuk tanaman yang bisa diolah dengan berbagai cara, mulai dari makanan hingga minuman. Berikut beberapa olahan buah bit yang bisa kamu coba dirumah:

1.    Salad Buah Bit (dicampur dengan sayuran lainnya)
2.    Jus Buah Bit (dapat ditambah dengan buah yang lain)
3.    Sup Buanh Bit (banyak diolah orang Eropa Timur)
4.    Acar Buah Bit
5.    Direbus atau dipanggang

Itulah artikel tentang buah bit dengan semua manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.