Kandungan dan Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

03-06-2022

RatuBuah.com - Siapa nih yang suka buah apel? Yap, buah ini merupakan salah satu buah favorit masyarakat. Namun tahukah kamu kandungan dan manfaat buah apel? Yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas ya!

Taksonomi Buah Apel

Berikut klasifikasi buah apel yang perlu kamu ketahui.

Kerajaan:   Plantae

Divisi:         Magnoliophyta

Kelas:        Magnoliopsida

Ordo:           Rosales

Famili:        Rosaceae

Subfamili:  Maloideae atau Spiraeoideae

Bangsa:     Maleae

Genus:       Malus

Spesies:    M. domestica

Asal Usul Buah Apel

Nenek moyang tanaman apel atau apel liar adalah spesies Malus sieversii. Jenis ini ditemukan tumbuh liar di pegunungan Asia Tengah bagian selatan, tepatnya di Kazakhstan, Kyrgyztan, Tajikistan, dan Xinjiang, China.

Budidaya Malus sieversii diperkirakan pertama kali dilakukan di pegunungan Tian Shan. Jenis apel ini kemudian tersebar ke seluruh dunia dan dikembangkan menjadi kultivar-kultivar lain dengan hasil buah berkualitas lebih baik.

Ciri Ciri Buah Apel

Buah apel pada umumnya matang pada akhir musim panas atau musim gugur. Ukurannya berkisar antara diameter 5 cm sampai 9 cm. Namun ada juga kultivar apel yang menghasilkan buah berukuran lebih besar.

Warna kulit buah apel yang sudah matang beragam. Ada apel yang berwarna merah, hijau, merah muda, dan kuning. Ada juga beberapa kultivar apel yang buahnya berwarna campuran, dari kuning ke merah muda, atau merah muda ke merah.Pada kulit apel dilindungi oleh semacam lapisan lilin transparan.

Daging buah apel pada umumnya berwarna putih kekuningan pucat. Ada juga jenis apel yang daging buahnya memiliki sedikit warna merah muda atau kuning.

Kandungan Buah Apel

Dikutip dari Panganku, berikut adalah fakta gizi dari kandungan di dalam buah apel yang dihitung per 100 gram.

Kalori: 58

Air: 84,1 gr

Protein: 0,3 gr

Karbohidrat: 14,9 gr

Vitamin C: 5 mg

Serat: 2,6 gr

Kalsium: 6 mg

Fosfor: 10 mg

Natrium: 2 mg

Vitamin A: 90 mcg

Kalium: 130,0 mg

Tembaga: 124,20 mg

Vitamin B2: 0,03 mg

Zinc: 0,3 mg

Vitamin B1: 0,04 mg

Manfaat Buah Apel

Dengan kandungan yang begitu banyak, maka tak heran jika buah apel memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Apa sajakah manfaat buah apel?

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat atau khasiat pertama dari buah apel adalah menjaga dan membantu mencegah risiko penyakit jantung.

Hal ini karena di dalamnya terdapat kandungan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Salah satunya adalah adanya senyawa polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan.

Tidak hanya itu saja, senyawa polifenol berupa flavonoid epicatechin juga dapat membantu menurunkan tekanan darah serta risiko stroke.

Perlu diketahui pula bahwa manfaat polifenol dalam buah apel berada di bagian kulitnya. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak perlu mengupas bagian kulit apel saat hendak memakannya.

2. Membantu menurunkan berat badan

Serat dalam apel ada yang bersifat tidak larut dan larut. Serat larut yang disebut pektin dalam buah apel bermanfaat untuk membantu mengendalikan kadar gula dalam darah.

Hal ini karena pektin bekerja sama dengan komponen fitonutrien dalam apel untuk mengontrol kadar lemak serta kadar gula dalam darah.

Kandungan serat dan air pada buah apel tidak hanya menjaga kesehatan pencernaan, tetapi juga membantu Anda agar lebih cepat kenyang sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Maka dari itu, hal ini pula yang menjadikan buah apel juga bermanfaat untuk membantu menjaga keseimbangan serta menurunkan berat badan.

Memiliki pencernaan sehat, kadar lemak dan gula darah yang terkontrol, serta berat badan ideal dapat mengurangi risiko Anda mengidap penyakit degeneratif di kemudian hari.

3. Kaya akan kandungan antioksidan

Kandungan lainnya di dalam buah apel adalah beta karoten (vitamin A) yang bermanfaat sebagai sumber antioksidan.

Perlu diketahui pula bahwa beta karoten adalah pigmen tumbuhan yang memberikan warna cerah seperti merah, orange, dan juga kuning.

Manfaat beta karoten pada buah apel adalah membantu mengurangi dan mencegah terjadinya stres oksidatif di dalam tubuh.

Maka dari itu, senyawa antioksidan ini juga dapat membantu melindungi mata dari hilangnya penglihatan, melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, hingga gangguan kognitif seperti penyakit Alzheimer.

4. Menurunkan risiko penyakit diabetes

Dalam sebuah penelitian, ada yang membahas mengenai manfaat serta khasiat buah apel yaitu menurunkan risiko Anda mengalami diabetes tipe 2.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan polifenol pada buah apel sehingga membantu mencegah kerusakan jaringan serta sel beta di pankreas.

Sel beta ini dapat menghasilkan insulin dan seringkali mengalami kerusakan pada penderita diabetes tipe 2.

Lalu, kandungan serat dalam buah apel juga bermanfaat untuk memberi makan pada bakteri baik di dalam usus sehingga dapat membantu melindungi Anda dari diabetes tipe 2.

5. Mencegah terjadinya kanker

Warna merah yang mendominasi sebagian besar jenis buah apel berasal dari kandungan antosianin yang mempunyai manfaat antiradang dan antikanker.

Dalam studi yang berjudul Anthocyanins and Their Role ini Cancer Prevention, ditemukan bahwa fitonutrien dalam apel dapat membantu melindungi tubuh hewan dari kanker paru dan kanker usus.

Salah satu flavonol yang ditemukan di apel juga dapat mencegah dan mengurangi risiko terjadinya kanker pankreas.

Studi lainnya dalam jurnal akademik Annals of Oncology menemukan bahwa rutin mengonsumsi satu buah apel atau lebih setiap hari dapat menurunkan risiko kanker kolorekteral hingga 20% dan kanker payudara sebesar 18%.

Meski begitu, masih dibutuhkan banyak penelitian lainnya untuk memastikan manfaat buah apel dalam melawan sel kanker.

Antosianin juga berperan dalam menjaga kesehatan penglihatan dan membantu mencegah penurunan fungsi saraf yang disebabkan oleh usia tua.

Nah, itulah deretan manfaat buah apel untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui. Tapi ingat, sesuatu yang berlebihan pada dasarnya tidaklah baik. Oleh karena itu, makan sesuai porsi yah!