Khasiat Buah Tin untuk Lelaki dan Cara Mengonsumsinya

11-04-2022

RatuBuah.com- Apakah kamu pernah memakan buah yang satu ini? Atau kamu termasuk orang yang belum pernah sama sekali melihat buah ini?

Hal ini mungkin saja, mengingat buah tin masih termasuk buah yang jarang ditemui diperjual belikan di pasar-pasar tradisional ataupun super market.

Tapi tahukah kamu, bahwa buah tin memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah buah ini memiliki khasiat untuk lelaki.

Apakah kamu tahu apa khasiat buah tin untuk laki-laki? Jika kamu belum tahu, yuk simak ulasan berikut ini!

1. Penjelasan tentang Buah Tin.

Sebelum membahas lebih lanjut, kamu harus tahu dulu apa itu buah tin. Berikut ini pembahasannya.

Nama “Tin” berasal dari bahasa Arab. Tetapi, masyarakat umumnya mengenal dengan nama ara atau buah ara.

Dalam bahasa Inggris, buah tin disebut dengan fig. Tanaman ini berasal dari Timur Tengah dan sudah tersebar hingga dataran Eropa dan Amerika hingga Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Buah tin memiliki rasa manis dan segar. Dalam persebarannya, ada beragam jenis buah tin yang paling enak.

Buah tin bisa ditemukan dalam keadaan segar, kering, atau dalam bentuk jus. Jenis buah tin yang paling enak ini kaya serat dan banyak mineral penting.

2. Khasiat Buah Tin bagi Lelaki

Apakah kamu tahu, buah tin memiliki kahsiat khasiat untuk meningkatkan keperkasaan bagi laki-laki? Buah ini dinilai manjur sebagai salah satu makanan aphrodisiac atau makanan yang punya kemampuan untuk memicu datangnya gairah seksual.

Sudah sejak lama buah tin dipercaya sebagai buah yang bisa meningkatkan hasrat seksual. Tanaman ini memang dekat dengan beberapa budaya, sehingga sering digunakan untuk banyak keperluan.

Bahkan daun buah kesukaan penyanyi chord buih jadi permadani ini digunakan untuk menutupi area kelamin di lukisan-lukisan yang dibuat ratusan tahun yang lalu.

Dari sisi medis, ada penelitian yang dilakukan pada hewan uji, campuran antara buah tin, tanaman fumitori, dan kayu manis cina terbukti memiliki efek afrodisiak.

Hewan yang mendapatkan campuran ketiganya tercatat mengalami kenaikan aktivitas seksual dibandingkan dengan grup kontrol yang tidak menerima perlakuan tersebut.

Namun, penelitian ini belum pernah dilakukan pada manusia, sehingga kita tetap perlu menyikapi informasi secara bijak.

Buah Tin juga mengandung mineral yang merata, dan dianggap sebagai buah yang bagus untuk kesuburan dan sumber tambahan untuk kemampuan seksual.

Magnesium merupakan salah satu mineral yang banyak terdapat di buah tin. Mineral ini dibutuhkan untuk produksi hormon seks androgen dan estrogen.

Buah tin juga berkhasiat untuk laki-laki karena ia dapat mendukung penyembuhan berbagai tipe disfungsi seksual, seperti kemandulan, disfungsi ereksi, dan kurangnya nafsu seksual.

Selain itu, buah asli India timur ini menghasilkan asam amino yang berperan dalam peningkatan produksi oksida nitrat.

Senyawa ini mampu melebarkan pembuluh darah dan menyokong aliran pembuluh darah ke seluruh tubuh, termasuk organ seksual. Para laki-laki yang mengonsumsi buah tin, sama seperti mengonsumsi obat supleman stamina pria.

3. Cara Mengonsumsi Buah Tin

Seluruh bagian buah tin dapat dimakan, mulai dari kulitnya yang tipis hingga dagingnya yang berwarna merah atau keunguan dan biji-bijian yang sangat kecil.

Untuk mengonsumsi buah tin, potong terlebih dahulu batangnya, lalu cuci buah tin dan kupas jika diinginkan.

Buah tin juga dapat dipanggang, dikaramelkan, atau dicampur kedalam masakan kue. Anda juga dapat mengonsumsi buah tin yang diawetkan dengan pengeringan atau dibuat menjadi selai untuk olesan.

Namun, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah tin secara langsung atau tanpa diolah, jika untuk digunakan sebagai obat. Hal ini bertujuan agar kandungan yang ada di dalam buah tin tidak berkurang.

Nah, itulah khasiat buah tin bagi lelaki beserta cara mengonsumsinya. Memang khasiat ini belum terbukti nyata dalam medis, tapi tidak ada salahnya usaha dengan menggunakan obat dari warisan nenek moyang.