Khasiat Buah Belimbing Untuk Kesehatan

01-01-1970

RatuBuah.com - Mungkin semua orang sudah familiar dengan yang namanya buah belimbing. Buah berbentuk unik ini menyerupai bentuk bintang dengan lima kaki dan juga dikenal dengan sebutan Star Fruit atau carambola. Buah belimbing dikenal dengan rasa asam-manisnya yang khas dan menyegarkan.

Di samping bentuk dan rasanya yang unik, tanaman buah berupa pohon yang berasal dari kawasan Malaysia ini menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Apa saja itu? Mari kita bahas khasiat buah belimbing dalam artikel di bawah ini.

Klasifikasi Buah Belimbing

Kingdom        : Plantae

Divisi              : Spermatophyta

Subdivisi         : Angiospermae

Kelas               : Magnoliopsida

Subkelas          : Rosidae

Suku                 : Oxalidance

Familia              : Oxalidaceae

Species             : Averrhoa carambola L.

Kandungan Buah Belimbing

Hal yang menarik dari belimbing yaitu kandungan vitamin C di dalamnya. Kabarnya, vitamin C merupakan imun booster yang berkhasiat membentengi tubuh agar jauh dari penyakit. Dalam satu buah belimbing berukurang sedang (90 gram), setidaknya terkandung 3 gram serat, 1 gram protein, serta dapat memenuhi 52% kebutuhan harian tubuh akan vitamin C.

Selain kaya serat dan vitamin, buah belimbing juga dikenal rendah kalori. Dalam satu buah belimbing berukuran sedang, terdapat sekitar 30 kalori dan 5 gram karbohidrat.

Buah ini juga mengandug mineral yang baik bagi kesehatan, diantaranya adalah zat besi, magnesium, mangan potassium, β-karoten, serta sejumlah vitamin, mulai dari vitamin A, B9 (asam folat), B3 (niasin) dan vitamin C (asam L-askorbat).

Manfaat Buah Belimbing

Berikut ini adalah beberapa manfaat belimbing bagi kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui :

1. Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah belimbing dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena belimbing termasuk buah yang rendah kalori dan memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga tidak membuat anda cepat lapar.

2. Memperkuat sistem imun

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah belimbing sangat baik untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Tak hanya itu, adanya antioksidan, seperti zinc dan mangan, juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh serta membantu menghilangkan racun dari tubuh.

3. Mengendalikan kadar gula darah

Manfaat buah belimbing ini tentu akan sangat membantu penderita diabetes untuk mengendalikan kadar gula darahnya. Tingginya kandungan serat tidak larut air (insoluble fiber) pada buah belimbing dinilai dapat menghambat penyerapan glukosa sehingga mampu mencegah lonjakan kadar gula darah.

4. Meredakan sakit maag

Dalam pengobatan tradisional, buah belimbing kerap digunakan untuk meringankan gangguan pada lambung, seperti sakit maag. Buah belimbing dan ekstrak daunnya diketahui memiliki sifat antiulkus karena mengandung terpenoid, flavonoid, dan mucilage yang dapat memperkuat lapisan dalam lambung dan usus, sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan lambung akibat gastritis.

5. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi buah belimbing dengan porsi yang cukup dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Hal ini karena buah belimbing mengandung cukup banyak vitamin B9 (asam folat) yang bermanfaat untuk menurunkan kadar homosistesin.

Kandungan nutrisi dan manfaat belimbing memang sangat baik bagi kesehatan. Meski demikian, orang yang memiliki gangguan fungsi ginjal, khususnya gagal ginjal kronis, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah belimbing. Hal ini karena didalam buah ini terkandung asam oksalat dan karamboxin. Zat-zat tersebut dapat menumpuk di dalam tubuh dan menimbulkan masalah kesehatan bila tidak disaring oleh ginjal dan dikeluarkan lewat urin.

Itulah informasi mengenai buah belimbing dengan segudang manfaatnya bagi kesehatan. Semoga artikel dari RatuBuah.com ini bermanfaat bagi semua pembaca.