7 Rekomendasi Buah yang Bagus Untuk Diet

14-04-2022

RatuBuah.com - Saat berat tubuh jauh dari yang diharapkan, seseorang pasti akan memilih untuk melakukan diet. Menurut Wikipedia, diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu. 

Dalam dunia ini, terdapat banyak sekali jenis diet, salah satunya dengan mengkonsumsi buah. Selain tidak menyiksa, diet menggunakan buah juga baik karena buah kaya akan nutrisi dan rendah kalori. Jadi, buah dapat dikonsumsi setiap hari loh.

Dari sekian banyak jenis buah-buahan, terdapat beberapa buah yang bagus untuk diet karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan dalam proses penurunan berat badan.

7 Rekomendasi Buah yang Bagus Untuk Diet

1. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang dinobatkan sebagai makanan tersehat di dunia. Predikat buah tersehat itu melekat pada apel lantaran memiliki manfaat yang tak main-main bagi tubuh manusia.

Salah satu manfaat ampuh dari buah apel adalah membantu proses penurunan berat badan dengan cara singkat.

Konon apabila rutin mengonsumsi apel, kita bisa memangkas berat badan hingga 10 kg cuma dalam kurun waktu seminggu! Bahkan, kita masih bisa mengonsumsi nasi ketika melakukan diet apel.

2. Jeruk

Jeruk telah dikenal sebagai buah dengan sumber vitamin C terbaik bagi kesehatan tubuh, termasuk untuk diet. Manfaat terpopuler dari jeruk untuk diet yakni bisa membantu mempercepat proses metabolisme saat pembakaran lemak.

Seperti kebanyakan buah-buahan pada umumnya, jeruk juga terdiri atas karbohidrat, air, sedikit protein dan lemak, serta relatif rendah kalori. Hal tersebut tentu mendukung penurunan berat badan menjadi lebih optimal.

3. Berri

Buah berry memiliki jenis yang beragam dan memiliki warna yang menarik serta rasa yang enak. Selain warna dan rasanya, ternyata buah berry juga memiliki berbagai jenis vitamin dan kaya akan antioksidan.

Selain itu, buah berri juga bisa menjadi salah satu solusi untuk kamu yang sedang diet tapi tetap ingin makan enak. Sebab, buah beri umumnya mengandung banyak kalori yang tidak akan membuat berat badan bertambah. Buah beri juga kaya akan vitamin, mineral dan serat yang membuat kamu tidak merasa cepat lapar.

4. Kiwi

Dari sekian banyak jenis buah, kiwi termasuk yang bagus dikonsumsi untuk diet karena memiliki peranan penting sebagai sumber vitamin, serat, dan mineral.

Secara manfaat, buah kiwi memang bagus untuk konsumsi selama diet karena memiliki profil nutrisi yang cukup lengkap.

Mengutip Healthline, nutrisi yang terkandung dalam buah kiwi sangat baik bagi tubuh, di antaranya vitamin C, vitamin E, vitamin K, folat, dan tinggi serat.

5. Melon

Selanjutnya, ada buah melon. Buah berwarna hijau dengan rasa manis ini dapat membantu mendapatkan berat badan idaman loh.

Melon terbukti sangat bermanfaat untuk program diet. Beberapa manfaatnya antara lain melancarkan pencernaan, memberi nutrisi dan asupan rendah kalori untuk tubuh. Tak hanya itu, melon juga kaya antioksidan yang membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Dengan mengonsumsi melon, kamu tidak akan merasa cepat lapar. Melon juga berfungsi untuk menunda rasa lapar. Kandungan air yang tinggi menyebabkan rasa kenyang yang lebih lama. Tak hanya itu, kandungan air dan serat yang banyak sangat membantu kinerja sistem pencernaanmu!

6. Alpukat

Alpukat termasuk jenis buah yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Hal inilah yang membuat alpukat sering dimasukkan ke dalam menu diet beberapa orang. Bahkan saat ini sudah ada jenis diet khusus dengan alpukat.

Alpukat adalah sumber vitamin C, E, K, dan B-6, serta riboflavin, niasin, asam folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium. Alpukat juga menyediakan lutein, beta-karoten, dan asam lemak omega-3.

Meskipun sebagian besar kalori dalam alpukat berasal dari lemak, Anda tidak perlu khawatir. Alpukat penuh dengan lemak sehat yang bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol serta membantu Anda tetap kenyang.

Bila Anda mengonsumsi lemak, otak Anda menerima sinyal untuk mematikan nafsu makan Anda. Mengonsumsi lemak juga bisa memperlambat pemecahan karbohidrat dalam tubuh, yang membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

7. Pisang

Diet pisang adalah jenis diet yang mengutamakan konsumsi pisang pada pagi hari sebagai aturan utamanya. Diet yang dalam bahasa Inggris disebut banana diet ini dikenal juga dengan istilah The Morning Banana Diet atau Asa-Banana Diet.

Diet pisang dicetuskan oleh sepasang suami-istri asal Jepang. Sang istri, Sumiko Watanabe, adalah farmasis dan ahli bidang pengobatan untuk pencegahan penyakit. Suaminya, Hitoshi Watanabe, mempelajari ilmu konseling dan pengobatan tradisional Cina.

Diet ini bermula ketika pasangan Sumiko dan Hitoshi hendak menikah. Hitoshi mengalami kenaikan berat badan dan ingin menurunkan berat badan sebelum menikah.

Setelah mencoba beberapa macam diet dan kegiatan fitness, Hitoshi akhirnya berhasil menurunkan berat badannya dari 80 kg menjadi 72 kg, tetapi beratnya tidak bisa turun lebih jauh lagi dari angka 72 kg.

Mengetahui hal tersebut, Sumiko menyarankan diet pisang dan diet ini berhasil membuat Hitoshi mencapai berat badan yang diinginkan. Hitoshi kemudian menyebarkan pola diet pisang ke komunitas di internet dan menjadi banyak diperbincangkan.

Nah, setelah mengetahui hal ini, kamu bisa langsung menerapkannya dalam menu dietmu. Selamat mencoba!