Yuk Kenalan dengan Buah Rotan Hutan!

RatuBuah.com - Manfaat rotan bagi kehidupan sudah sangat dikenal sebagai tanaman yang dapat dimanfaat sebagai bahan dasar pembuatan mabel, seperti meja, kursi, piring, rak buku, dan masih banyak lagi. Rotan memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan kayu, seperti lebih ringan, kuat, elastis, mudah dibentuk, dan murah.

Namun, tahukah kamu, ternyata tanaman yang sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan mabel ini memiliki buah, loh. Buah rotan atau juga disebut buah manau merupakan buah dari pohon rotan, dimana buahnya memiliki cita rasa yang asam-asam manis.

Gimana? Ingin tahu lebih lanjut mengenai buah rotan? Yuk simak ulasan berikut ini.

Taksonomi Buah Rotan

Kingdom : Plantae

Subkingdom : Tracheobionta

Super Divisi : Spermatophyta

Kelas : Liliopsida

Sub Kelas : Arecidae

Ordo : Arecales

Famili : Arecaceae

Genus : Calamus

Spesies : Calamus manan Miq.

Ciri-ciri Buah Rotan

Buah rotan hutan memiliki bentuk bulat, dengan ukuran yang tidak begitu besar. Tekstur kulit buah manau sedikit kasar dan bersisik mirip dengan buah salak. Buah rotan hutan ini memiliki rasa yang asam-asam manis.

Asal-usul Buah Rotan

Buah manau banyak ditemukan di daerah Kepulauan Bangka, Kepulauan Belitung, Pulau Sumatera, dan Kalimantan.

Kandungan Buah Rotan

Berikut beberapa kandungan gizi dan vitamin yang terdapat pada buah rotan hutan.

  • Kalsium
  • Zat besi
  • Kalori
  • Resin ester
  • Asam benzoate
  • Benzoic acid
  • Vitamin C

Manfaat Buah Rotan

Berdasarkan kandungan gizi dan vitamin yang terkandung dalam buah manau, berikut beberapa manfaat buah manau.

1. Menjaga Kesehatan Otot

Zat besi dipercaya mampu menjaga kesehatan otot. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan otot menjadi lemah. Salah satu sumber zat besi yang dapat kamu konsumsi adalah buah rotan ini.

2. Menguatkan Tulang

Bagi kamu yang kurang suka mengonsumsi susu, buah manau ini dapat kamu jadikan sebagai alternative sumber kalsium untuk menjaga kesehatan tulang. Buah rotan mengandung banyak kalsium, yaitu sebesar 26 mg. Kalsium dalam buah yang satu ini dapat membantu menjaga kepadatan tulang, sehingga tulang terhindar dari osteoporosis.

3. Menjaga Kesehatan Gigi

Bukan hanya tulang, namun untuk menjaga kesehatan gigi juga memerlukan kalsium dalam jumlah yang besar, agar tidak berlubang dan keropos. Kandungan kalsium dalam buah rotan hutan ini tidak hanya mampu menjaga kesehatan tulang, loh. Namun juga mampu menjaga kesehatan gigi.

4. Mencegah Anemia

Salah satu penyebab anemia adalah kekurangan zat besi. Seperti yang telah dijelaskan diatas, buah manau mengandung zat besi sedikitnya 3 mg. Zat besi memiliki tugas utama untuk membentuk hemoglobin yang mampu membantu mencegah terjadinya anemia.

5. Sumber Energi

Meski buah yang satu ini memiliki ukuran yang kecil, namun buah manau mengandung cukup banyak kalori yang bisa kamu jadikan sebagai sumber energi tambahan.  

6. Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C dalam buah yang satu ini berfungsi untuk melawan radikal bebas yang selalu mengintai kulit dan sangat sulit untuk dihindari. Nah, upaya paling sederhana untuk mencegah penuaan dini adalah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin C, seperti buah manau.

7. Menjaga Kelembapan Kulit

Vitamin C yang terdapat dalam buah manau tidak hanya mampu mencegah penuaan dini. Vitamin C juga dibutuhkan kulit untuk menjaga kelembapan kulit.

8. Mengatasi Sariawan

Salah satu penyebab terjadinya sariawan adalah kekurangan vitamin C. mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C, seperti buah manau mampu membantu mengatasi sariawan.

Walau berukuran kecil, ternyata buah manau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bagaimana? Kecil-kecil cabai rawit bukan?

 

 

ARTIKEL REKOMENDASI