Buah Plum, Buah Sejuta Manfaat

01-01-1970

RatuBuah.com - Nama “plum” diambil dari kata bahasa Inggris kuno, yaitu plume dan di Indonesia kata “plum” lebih sering dikenal dengan sebutan “prem”.

Pada akhir abad ke-18, kata “plum” digunakan untuk menggambarkan “sesuatu yang menggiurkan”, mengarah pada buah-buah kecil sebagai makanan penutup.

Berdasarkan hasil temuan fosil oleh peneliti, buah plum diperkirakan menjadi buah pertama yang dibudidayakan oleh manusia. Penemuan fosil buah plum berasal dari masa Neolitikum. Masa dan tempat arkeologisnya sama dengan penemuan buah zaitun, anggur, dan buah ara. Sehingga para peneliti sepakat jika tumbuhan plum diperkirakan berasal dari Iran.

Tanaman plum merupakan salah satu tumbuhan jenis flora dari sub gebus Prunus. Buah plum masih sejenis dengan buah ceri dan peach. Buah ini banyak tumbuh di daerah daratan rendah, namun masih dapat tumbuh di daratan dengan ketinggian mencapai 580 mdpl tanpa mengurangi kualitas dan produktifitasnya.

Tanaman plum dapat tumbuh di daerah kering maupun maupun di tempat bercurah hujan yang tinggi. Namun kualitas buah plum di daerah kering  dengan daerah bercurah hujan yang tinggi sangat lah berbeda. Buah plum di daerah kering tidak berkualitas karena buah akan jatuh dari pohonnya sebelum waktu nya. Penanaman tanaman ini memang lebih baik jika di tanam di daerah bercurah hujan tinggi.

Tanaman plum akan berbuah pada bulan yang berbeda-beda, tergantung tempat menanamnya. Misalnya saja  di  Negara Taiwan, pohon plum akan berbuah di bulan januari, sementara di Inggris pada bulan April awal.

Karakteristik Tanaman Buah Plum

1. Batang

Pohon plum cenderung memiliki ukuran batang yang medium, yaitu berkisar anntara 5 sampai 6 meter. Namun, jika tidak dilakukan pemangkasan, batang pohon dapat mencapai ketinggian hingga 12 meter dan lebar mencapai 10 meter. Tekstur batang memiliki tingkat kekerasan yang sedang.

2. Buah Plum

Buah plum masuk kedalam kategori buah berukuran sedang. Diameternya hanya mencapai 2 sampai 7 cm saja. Buah ini berbentuk bulat namun ada beberapa variasi lainnya yang berbentuk oval. Kulit buahnya lembut serta terdapat lapisan lilin alami pada permukaan yang melekat pada daging buah.

3. Bunga

Bunga plum biasanya akan mekar di awal musim semi. Bunga ini nanantinya akan tumbuh di seluruh permukaan pohon. Sekitar 50% dari bunga yang tumbuh akan mengalami penyerbukan dan kemudian menjadi buah plum.

Rasa Buah Plum

Buah plum memiliki rasa yang cukup manis dan agak asam. Sama seperti semangka atau nanas, buah ini masuk keladam kategori buah dengan kandungan air yang cukup tinggi. Plum sangat enak jika dikonsumsi dalam keadaan yang masih segar. Banyak warga yang menjadikan buah ini sebagai minuman yang di sajikan di siang hari yang terik.

Manfaat Buah Plum

Buah plum merupakan buah yang tinggi akan antioksidan, terutama jenis plum yang berwarna ungu. Selain itu, plum juga mengandung banyak vitamin dan zat-zat yang sangat menyehatkan bagi tubuh, isalnya vitamin A, C, B1, B2, B3, B6, B9, B12, K, serat, kalium, magnesium, mangan, fosfor, zat besi, dan seng.

Karena kandungan tersebut, tak heran jika buah plum memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

1. meningkatkan sistem kekebalan tubuh

2. menjaga Kesehatan mata

3. Menurunkan berat badan

4. Mencegah sembelit

5. Mencegah osteoporosis (pengeroposan pada tulang)

Jenis Buah Plum

Belakangan ini buah plum telah banyak di budidayakan. Plum memiliki beberapa varian yang cukup populer, mulai dari plum bewarna ungu atau kehitaman, hijau, kuning, sampai dengan buah plum merah.

1. Plum Damson

Buah dengan nama Latin, Prunus insititia ini memiliki kulit yang berwarna hitam atau ungu. Daging buah nya berwarna hijau dan memiliki rasa yang asam. Ukurannya relatif kecil dan dapat dikonsumsi secara langsung. Buah ini dapat diolah menjadi kuliner, seperti selai contohnya.

Buah plum Damson diperkenalkan kepada koloni Amerika oleh orang Inggris. Oleh orang Amerika, jenis plum ini dianggap sebagai jenis plum yang paling enak dibandingkan jenis plum Eropa lainnya. Plum Damson kemudian ditanam oleh petani Amerika, hingga sekarang bisa ditemukan tumbuh liar di Idaho.

2. Plum Greengage

buah plum Greengage diperkirakan pertama kali dikirim ke Inggris pada tahun 1724 oleh Sir William Gage dari Prancis. Dari sinilah Greengage didapatkan. Tak lama setelah itu, plum Greengage juga dibudidayakan di Amerika, bahkan juga ditanam di perkebunan pada masa presiden George Washington dan Thomas Jefferson.

Buah plum jenis ini mempunyai tekstur daging yang agak keras dibandingkan dengan jenis plum yang lainnya. Warna kulit dan dagingnya dalah hijau. Buah nya berbentuk oval atau bulat dengan ukurang mencapai 2 sampai 4 cm.

Plum Greengage memiliki rasa yang sangat manis, sehingga paling banyak digemari dikalangan masyarakat. Jenis plum yang satu ini banyak dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program diet.

3. Plum Mirabelle

Buah plum Mirabelle bewarna kuning gelap. Plum jenis ini biasanya tumbuh di Prancis pada bagian timur laut. Dalam Bahasa Inggris, plum Mirabelle lebih sering dikenal dengan sebutan cherry plum. Buahnya berukuran kecil dan bentuknya oval dengan daging buah bertekstur lembut.

Mirabelle dikenal dengan rasanya yang manis. Sehingga seringkali digunakan sebagai bahan pembuatan pie.

Buah jenis ini juga mengandung sari yang dapat di gunakan sebagai bahan dasar wine atau brandy. Sebanyak 70% hasil panen buah Mirabelle diolah menjadi selai dan 20% digunakan untuk bahan minuman beralkohol sedangkan sisanya dikonsumsi dalam bentuk buah segar.

Buah plum Mirabelle dapat di temui pada bulan Juli sampai dengan pertengahan September di Northern Hemisphere. Proses memanenya juga cukup unik, yaitu dengan menggoyang pohonnya sampai buahnya jatuh.

4. Satsuma Plum

Jenis buah yang satu ini lebih sering dikenal sebagai plum merah oleh warga. Sesuai dengan namanya, buah ini memiliki kulit yang bewarna merah serta tektur daging yang lembut. Buah plum merah memiliki biji yang terdapat lipatan dibagian tengahnya.

Dilansir dalam organicsfacts.net, menurut USDA National Nutrient Database memaparkan bahwa plum merah ini mengandung sumber terbaik dari vitamin A, vitamin C, folat dan vitamin K. Buah plum juga mengandung sumber vitamin B1, B2, B3, B6 dan vitamin E yang baik.

Manfaat buah plum merah sangat lah banyak, yaitu sebagai berikut.

1. Cegah Diabetes
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biomedical Research pada tahun 2005 telah menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak plum dapat membantu mengurangi gula darah dan kadar trigliserida dalam tubuh. Kandungan flavonoid yang ada di plum dapat memberikan efek perlindungan terhadap resistensi insulin dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

2. Cegah Osteroporosis
Konsumsi buah plum kering dapat memberikan tindakan anabolik dan resorptif yang membantu menjaga kesehatan tulang. Polifenol bersama dengan kandungan kalium yang ada dalam buah plum kering dapat mendorong pembentukan tulang, meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah pengroposan tulang yang disebabkan kekurangan hormon ovarium.

Bernard P Halloran melakukan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition yang menunjukkan bahwa konsumsi buah plum kering secara teratur dapat membantu pemulihan kepadatan tulang yang hilang seiring dengan pertambahan usia.

3. Lancarkan Pencernaan
Buah plum mengandung serat yang sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Attaluri. A, dari University of lowa Carver College of Medicine, Amerika Serikat yang diterbitkan dalam Alimentary Pharmacology and Therapeutics Journal, plum kering lebih efektif dalam mengobati gangguan pencernaan seperti sembelit.

4. Sehatkan Sistem Saraf
Buah plum mengandung vitamin B6 yang dapat membantu transmisi sinyal saraf dan membantu kelancaran kerja sistem saraf. Mereka juga membantu dalam pertumbuhan normal otak dan membantu pembentukan hormon yang mempengaruhi suasana hati. Asam amino tryptophan yang terkandung di dalamnya dapat membantu produksi neurotransmitter serotonin yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas tidur, nafsu makan dan konsentrasi.

5. Tingkatkan Kesehatan Jantung
Para peneliti dari Department of Food Science and Nutrition dari University of Minnesota, Amerika Serikat mendukung fakta bahwa konsumsi buah plum kering dapat membantu meningkatkan fluiditas darah di arteri. Efek perlindungan ini membantu dalam pencegahan berbagai gangguan jantung, termasuk aterosklerosis, serangan jantung dan stroke.

6. Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat buah plum merah untuk kesehatan adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan peradangan. Penelitian telah menunjukkan bahwa plum memiliki konstituen imunostimulan yang bisa mendorong produksi oksida nitrat dalam tubuh, menghambat metastasis sel tumor dan bermanfaat mencegah berbagai penyakit.

Itulah beberapa penjelasan mengenai buah plum. Selain rasanya yang enak, ternyata buah plum memiliki khasiat yang sangat banyak, khusus nya untuk kesehatan kita.