Mengetahui Manfaat Buah Persik, Buah dari Para Dewa

30-04-2022

RatuBuah - Ada yang pernah makan buah persik? Ya, buah yang berasal dari China ini ternyata mempunyai makna yang baik loh gais. Di dalam kebudayaan Tiongkok, persik dipercaya sebagai buah dari para dewa. Konon, buah ini bisa memberikan umur yang panjang.

Karena itu, pengantin perempuan selalu membawa karangan bunga persik saat upacara pernikahannya dilaksanakan. Pengantin perempuan yang membawa karangan bunga persik dipercaya sebagai pembawa keberuntungan.

Nah, buat yang belum mengenal buah ini, berikut penjelasannya!

Taksonomi Buah Persik

Divisi:            Tracheophyta

Upadivisi:      Spermatophytina

Klad:             tumbuhan berbunga

Klad:             mesangiosperms

Klad:             eudicots

Klad:             core eudicots

Klad:             superrosids

Klad:             rosids

Klad:             fabids

Ordo:            Rosales

Famili:           Rosaceae

Upafamili:      Amygdaloideae

Tribus:          Amygdaleae

Genus:          Prunus

Upagenus:    Prunus subg. Amygdalus

Spesies:        Prunus persica

Asal Usul Buah Persik

Buah persik adalah buah diklaim berasal dari China. hal itu dibuktikan dengan beberapa penelitian, salah satunya penemuan fosil bagian dalam buah (endocarp) yang ditemukan di Kunming, China memiliki karakteristik sama dengan buah persik masa kini.

Fosil tersebut diperkirakan berusia 2,6 juta tahun. Namun karena tidak ada bukti yang bisa memastikan bahwa fosil ini merupakan jenis yang sama dengan buah persik modern, maka fosil ini dinamakan Prunus kunmingensis. Kini, buah persik sudah menyebar ke seluruh dunia.

Ciri Ciri Buah Persik

Buah persik berukuran sekitar 2,5 cm sampai 3 cm, berwarna merah muda dan terdiri dari 5 kelopak bunga. Persik mempunyai daging buah berwarna kuning atau agak keputihan, serta aromanya sangat wangi.

Daging buah persik juga sangat halus dan mudah rusak pada beberapa kultivar. Tetapi jenis persik yang dikomersialkan biasanya memiliki daging buah agak keras, terutama jika kulitnya masih berwarna hijau.

Selain itu, buah persik memiliki biji tunggal berukuran besar, warnanya cokelat kemerahan dan berbentuk oval. Ukuran bijinya sekitar 1,3 cm sampai 2 cm.

Kandungan Buah Persik

Mengutip dari laman USDA, berikut adalah kandungan gizi dan nutrisi dihitung dalam 100 gram buah persik.

Kalori: 42 kkal

Air: 88,3 gr

Serat: 1,5 gr

Kalsium 4 mg

Fosfor: 22 mg

Magnesium: 8 mg

Kalium: 122 mg

Folat: 6 mcg

Beta karoten: 224 mcg

Vitamin A: 24 mcg

Vitamin C: 4,1 mcg

Vitamin K: 3 mcg

Manfaat Buah Persik

Walaupun kandungan gizi atau nutrisinya terlihat rendah, buah ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan manusia, sebagai berikut.

1. Menjaga kesehatan kulit

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi seperti buah persik.

Hal ini karena buah persik mengandung vitamin C sehingga bermanfaat untuk memperbaiki tekstur, menambah elastisitas, mencerahkan, hingga mempertahankan kelembapan kulit.

Sementara kandungan lainnya seperti vitamin A dan E pada buah persik juga mempunyai manfaat serta khasiat untuk kulit. Keduanya mampu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV serta mencegah penuaan dini.

2. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat serta mineral pada buah persik juga mempunyai manfaat untuk melancarkan pencernaan.

Cara kerjanya adalah dengan melancarkan pergerakan usus serta mengurangi gangguan pencernaan. Apalagi, saat asupan serat harian tercukupi Anda juga akan terhindar dari sembelit.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Ada manfaat yang bisa Anda rasakan saat mengonsumsi buah secara teratur, termasuk persik, yaitu menjaga serta meningkatkan kesehatan jantung.

Hal ini karena kandungan di dalamnya dapat menurunkan risiko faktor penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi juga kadar kolesterol.

4. Menjaga keseimbangan berat badan

Anda bisa mengurangi berat badan dengan mengatur porsi makan serta memilih asupan makanan yang masuk. Selain asupan protein, karbohidrat, dan sayur jangan lupa untuk mengonsumsi buah.

Apalagi, buah persik juga mempunyai kandungan serat yang membantu Anda tetap kenyang sekaligus melancarkan pencernaan. Lalu, buah persik juga mempunyai manfaat untuk menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah.

5. Mempercepat proses penyembuhan luka

Tidak hanya mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan kulit, buah persik juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Kandungan vitamin K serta antioksidan mempunyai peranan penting dalam pembentukan kolagen. Keduanya berkhasiat sebagai sistem pelindung serta membantu meningkatkan kekuatan kulit.

6. Menjaga kekebalan tubuh

Vitamin C pada buah persik adalah vitamin dengan senyawa antioksidan yang mempunyai manfaat untuk membantu menangkal serangan radikal bebas.

Selain itu, nutrisi dan antioksidan juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan melawan jenis bakteri tertentu.

Jagalah tubuh Anda dari bahaya radikal bebas dengan makan buah persik setiap hari.

7. Menjaga kesehatan mata

Buah persik juga mempunyai kandungan beta karoten serta vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Vitamin A dan beta karoten mempunyai senyawa antioksidan yang mempunyai khasiat untuk permukaan mata serta pembentukan fotoreseptor rhodopsin.

Ini merupakan fotopigmen di sel batang retina yang dapat membantu mencegah rabun senja serta agar Anda bisa melihat dengan jelas di malam hari.

Nah, itulah segudang manfaat yang dimiliki buah persik. Selamat mencoba!