Buah Peach dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

01-01-1970

RatuBuah.com – Buah Peach atau yang lebih dikenal dengan buah persik di Indonesia, memiliki nama ilmiah Prunus Persica. Nama Persica berasal dari kepercayaan lama bangsa Eropa kuno yang percaya bahwa buah peach atau buah persik berasal dari Persia. Namun, nyatanya buah ini pertama kali ditemukan di Tiongkok.

Menurut sejarah, buah ini sudah ditemukan pada tahun 2000 Sebelum Masehi (SM). Buah Peach tidak hanya memiliki penampilan yang cantik dan rasa daging buah yang manis serta beraroma sangat tajam. Buah ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tanaman Persik (Peach) sudah tersebar dibeberapa belahan dunia, seperti Cina, Eropa, Jepang, Amerika Serikat bahkan hingga Afrika.

Sebelum kita mengetahui manfaat dari buah Peach atau Persik, mari kita mengenal klasifikasi ilmiah dari buah ini, sebagai tambahan ilmu tentang buah cantik ini.

Klasifikasi Ilmiah Buah Peach (Buah Persik)

Kingdom: Plantae
Divisi: Tracheophyta
Sub Divisi: Spermatophytina
Kelas: Angiosperms
Ordo: Rosales
Family: Rosaceae
Genus: Prunus
Spesies: Prunus persica
Tribus: Amygdaleae

Kandungan Nutrisi Buah Peach (Buah Persik)

Energi: 165 kJ (39 kcal)
Karbohidrat: 9,5 g
Gula: 8,4 g
Serat pangan: 1,5 g
Lemak: 0,3 g
Protein: 0,9 g
Vitamin A: 16 μg (μg = microgram)
Vitamin C: 6,6 mg
Vitamin E
Vitamin K
Zat besi: 0,25 mg
Potasium: 190 mg

6 Manfaat Buah Peach (Persik)

1.    Mencegah dan Mengatasi Berbagai Penyakit Kronis

Buah persik mengandung antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan hipertensi. Buah ini juga memiliki kandungan kalium yang bekerja menurunkan resiko obesitas serta diabetes.

Sebuah penelitian juga menunjukan bahwa ekstrak buah persik mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara. Karena memiliki kandungan procyanidin, anthocyanin, dan quercetin dalam ekstrak buah persik.

2.    Menjaga Kesehatan Mata

Buah ini juga dapat menjaga kesehatan mata, karena kandungan beta karoten, alfa karoten, dan beta crytoxanthin yang pada buah persik berperan dalam pembentukan vitamin A.

3.    Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat yang tinggi pada buah peach (persik), membantu memperlancar pencernaan. Karena bakteri baik di dalam usus besar akan mengubah serat menjadi asam lemak yang berperan mengurangi peradangan pada usus.

Jika kamu sedang dalam program diet, buah ini bisa menjadi salah satu rekomendasi karena seratnya yang dapat menjaga berat badan tetap ideal.

4.    Mencegas Osteoporosis

Buah peach (buah persik) memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga dapat menjaga metabolisme tulang dan menurunkan resiko Osteoporosis.

5.    Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin yang banyak pada buah ini memiliki peran penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti vitamin C yang berperan sebagai antioksidan, serta mempercepat perbaikan sel dan proses penyembuhan luka.

6.    Melembabkan Kulit dan Menghambat Penuaan Dini

Pada buah persik terdapat kandungan Seramid yang merupakan komponen utama pada kulit manusia yang bertugas menjaga kelembapan permukaan kulit dan melindungi kulit dari iritasi maupun polusi.

Kandungan Seramid yang tinggi juga berperan dalam menghambat penuaan dini. Jika kamu ingin tetap terlihat awet muda, kamu bisa mengonsumsi buah peach ini secara teratur.

Itulah artikel tentang buah peach atau buah persik dengan segala manfaatnya bagi tubuh manusia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu.