Mengenal Buah Kurma Hingga Manfaatnya untuk Kesehatan

22-06-2022

RatuBuah.com - Siapa sih yang gak kenal dengan buah kurma? Yap, buah yang identik dengan bulan Ramadhan ini memang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat.

Kurma (Phoenix dactylifera) merupakan jenis tanaman palem atau Arecaceae (suku palem) dan termasuk ke dalam genus Phoenix.

Buah kurma termasuk buah tertua di dunia yang paling banyak dibudidayakan di timur tengah, misalnya Arab Saudi. Cita rasanya yang manis dan dagingnya yang lembut membuat kurma menjadi salah satu hidangan makanan penutup favorit di berbagai kalangan.

Buat kamu yang ingin mengetahui lebih dalam tentang buah kurma, yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas!

Taksonomi Buah Kurma

Berikut ini adalah klasifikasi buah kurma.

  • Kingdom: Plantae
  • Sub Kingdom: Tracheobionta
  • Super Divisi: Spermatophyta
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Liliopsida
  • Subkelas: Arecidae
  • Ordo: Arecales
  • Famili: Arecaceae
  • Genus: Phoenix
  • Spesies: Phoenix dactylifera L.

Asal Usul Buah Kurma

Banyak pendapat yang menetapkan jika pohon kurma berasal dari kawasan Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak 4000 SM.

Pohon ini harus ditanam di daerah yang kering dan panas, serta mengandung pasir agar bisa tumbuh dengan subur. Kondisi tersebut karena tanaman kurma termasuk dalam jenis pohon palem.

Karenanya pohon kurma banyak ditemukan di kawasan Afrika dan Timur Tengah, seperti Mesir, Irak, dan Arab Saudi.

Ciri Ciri Buah Kurma

Buah kurma berbentuk lonjong dengan ukuran 2-7,5 cm dengan warna yang bermacam-macam, misalnya coklat gelap, kemerahan, kuning muda dan berbiji. Biji buah kurma berbentuk memanjang, dengan panjang mencapai kurang lebih 1 cm, berwarna coklat muda.

Kandungan Buah Kurma

Di dalam 100 gram buah kurma, terkandung sekitar 280 kalori dan aneka nutrisi sebagai berikut:

  • 2–2,5 gram protein
  • 75 gram karbohidrat
  • 65 gram gula
  • 7–8 gram serat
  • 65 miligram kalsium
  • 650 miligram kalium
  • 1 mg zat besi
  • 0,5 miligram zinc
  • 150 IU vitamin A

Selain nutrisi di atas, buah kurma juga mengandung folat, vitamin B, vitamin K, mangan, dan beragam jenis antioksidan, termasuk lutein dan flavonoid.

Manfaat Buah Kurma

Dengan kandungan sebanyak itu, maka tak heran jika buah kurma mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Apa sajakah itu?

1. Mendukung kesehatan sistem pencernaan

Buah kurma merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak serat dan karbohidrat kompleks. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, buah kurma bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan membantu mengatasi serta mencegah sembelit.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa buah kurma bermanfaat untuk membantu menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik (probiotik) di dalam usus, sehingga kesehatan saluran cerna bisa tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

2. Mengontrol kadar gula darah

Meski memiliki rasa yang manis dan mengandung gula yang cukup tinggi, buah kurma ternyata cukup aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Ini karena buah kurma memiliki indeks glikemik yang tergolong rendah, sehingga tidak membuat kadar gula darah cepat melonjak.

Bahkan, berkat kandungan antioksidan dan beragam nutrisi di dalanya, buah kurma disebut baik untuk membantu mengontrol gula darah dan mencegah terjadinya resistensi insulin.

3. Mengontrol tekanan darah

Salah satu manfaat buah kurma yang juga tak kalah penting adalah untuk membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini karena buah kurma mengandung banyak kalium, serat, dan antioksidan. Selain itu, buah kurma juga rendah natrium atau garam, sehingga cocok untuk dikonsumsi bagi orang yang menderita hipertensi.

4. Menjaga kesehatan ibu hamil dan mendukung tumbuh kembang janin

Buah kurma juga baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Ini karena kurma banyak mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh ibu hamil dan tumbuh kembang janin, seperti vitamin, mineral, serat, protein, karbohidrat, dan antioksidan.

Dengan tercukupinya asupan nutrisi, janin bisa tercegah dari beragam masalah kesehatan, seperti cacat bawaan lahir, kelahiran prematur, atau terlahir dengan berat badan lahir rendah. Buah kurma juga baik untuk menambah energi, sehingga ibu hamil tidak mudah merasa lelah.

Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa rutin mengonsumsi kurma setiap hari selama beberapa minggu terakhir kehamilan atau menjelang persalinan bisa membantu memperlancar persalinan dan mempercepat proses persalinan secara normal.

5. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Buah kurma diketahui mengandung banyak antioksidan alami, seperti fenolik dan flavonoid. Kandungan ini memiliki peran penting dalam mencegah pertumbuhan sel kanker.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa buah kurma dapat menghambat pertumbuhan sel kanker hati dan meningkatkan fungsi hati. Meski begitu, manfaat buah kurma ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Untuk memperoleh manfaat buah kurma secara maksimal, kamu disarankan untuk mengonsumsi buah ini secukupnya, yakni tidak lebih dari 3-4 buah per hari. Jika perlu, kamu bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan saran yang tepat mengenai porsi buah kurma yang sesuai dengan kondisi kesehatanmu.

Nah, itulah beberapa manfaat buat kurma untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan. Namun ingat, segala yang berlebihan pada dasarnya tidaklah baik. So, tetap konsumsi buah kurma sesuai porsi ya!