Mengenal Buah Langka Indonesia, Buah Kecapi

25-07-2022

RatuBuah.com - Terletak di garis khatulistiwa membuat tanah Indonesia menjadi tanah yang subur. Hal inilah alasan mengapa Indonesia kaya akan beragam rempah-rempah hingga kebutuhan pangan, hingga akhirnya Indonesia menjadi negara agraris.

Walau begitu, hal tersebut masih kurang dimanafaatkan. Pasalnya, Indonesia masih mengimpor berbagai buah-buahan dari negara lain. Tercatat Indonesia pernah mengimpor buah dan sayur sebanyak 148.216 ton, dengan nilai US$ 148,58 juta.

Selain kurang peminat, beberapa buah-buahan di indonesia ada yang sudah mulai langka. Salah satu adalah buah kecapi. Buah kecil dengan rasa manis dan sedikit asam ini kini sudah mulai jarang ditemui. Sebelum membahas lebih jauh, tahukah kamu apa itu buah kecapi? Yuk simak informasi berikut hingga tuntas.

Taksonomi Buah Kecapi

Kingdom : Plantae

Filum : Tracheophyta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Sapindales

Famili : Meliaceae

Genus : Sandoricum

Spesies : Sandoricum koetjape

Asal-usul Buah Kecapi

Spesies dengan nama Latin Sandoricum koetjape ini tumbuh dan tersebar di kawasan Asia, khususnya Asia Tenggara. Mulai dari India, Filipina, Brunei Darussalam, Sarawak, Sabah, dan Peninsula Malaysia, Indonesia, hingga kawasan Papua Nugini.

Di Indonesia pohon kecapi dapat ditemukan hidup di seluruh pulau-pulau Nusantara, mulai dari Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku, hingga Papua. Hal itu dikarenakan negara-negara di Asia Tenggara, khususnya Indonesia memiliki iklim tropis yang sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman ini.

Ciri-ciri Buah Kecapi

Buah kecapi berbentuk bulat hingga sedikit gepeng dengan warna kuning ketika mentah dan akan berubah warna menjadi kemerahan setelah matang. Kulit luar buah kecapi diselimuti oleh bulu-bulu halus yang jika diraba kulit buahnya akan terasa seperti beludru.

Buah kecapi memiliki daging yang terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama, daging buah luar yang ditandai dengan warna merah serta tekstur keras dan agak tebal. Hal ini karena daging buah luar menyatu langsung dengan kulit buah kecapi. Sedangkan bagian yang kedua adalah daging buah bagian dalam yang ditandai dengan warna putih serta tekstur lunak dan agak berair yang melekat pada biji. Rasa buah kecapi kombinasi rasa antara asam hingga manis.

Kandungan Buah Kecapi

Dalam 100 gr buah kecapi, terdapat kandungan nutrisi seperti :

  • Energi
  • Protein
  • Serat
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Vitamin C
  • Vitamin B
  • Polifenol

Manfaat Buah Kecapi

Berikut beberapa manfaat buah kecapi untuk kesehatan.

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kandungan serat yang terdapat dalam buah kecapi ternyata dapat berubah menjadi gel ketika bertemu dengan air saat berada di saluran pencernaan. Gel tersebut dapat membuat feses menjadi lunak sehingga lebih mudah saat dikeluarkan.

Gel serat buah kecapi juga termasuk prebiotik yang dapat menambah jumlah bakteri baik di dalam usus, dan membantu mengatasi sembelit serta peradangan secara alami.

2. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi dalam buah kecapi dipercaya mampu membuat rasa kenyang lebih lama. Sehingga, jenis buah yang satu ini bagus jika dikonsumsi oleh kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Selain itu, dalam sebuah penelitian, suplemen pektin dari buah kecapi juga mampu membantu membakar lemak, serta menurunkan kalori lebih banyak dibandingkan dengan diet protein.

3. Mencegah Kanker

Buah kecapi mengandung vitamin B dan C yang bersifat sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Selain itu, kandungan polifenol yang juga bersifat antioksidan pada buah ini mampu membantu mencegah kanker dengan menghambat pembelahan sel abnormal, serta menghambat pembentukan pembuluh darah yang akan menjadi jalur makanan menuju sel kanker tersebut.

4. Mencegah Peradangan

Kandungan antiradang, fitokimia dalam buah kecapi berfungsi melindungi tubuh dari gejala peradangan. Sehingga jika mengonsumsi buah ini secara rutin, maka dapat membantu tubuh mencegah risiko terjadinya peradangan.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dan berbagai macam zat antioksidan pada buah kecapi dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh, zat tersebut juga dipercaya mampu mencegah berbagai macam penyakit berbahaya. Maka tak heran jika mengonsumsi buah kecapi secara teratur dapat menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

Walau memiliki rasa yang nikmat, serta memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Kamu tetap harus memperhatikan jumlah yang akan kamu konsumsi, karena pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan justru tidak akan baik untuk kesehatan.