Mengulik Buah Bisbul, Buah Langka Kaya Manfaat

27-07-2022

RatuBuah.com - Apakah kamu pernah melihat atau bahkan merasakan buah bisbul?

Buah yang memiliki bentuk serta warna yang tidak jauh berbeda dari buah kerabatnya yaitu buah kesemek ini memiliki rasa yang manis dan legit. Walau rasanya sama sekali tidak mirip dengan mentega, namun beberapa daerah mengenal buah yang satu ini dengan sebutan buah mentega.

Namun sayangnya buah dengan nama latin Diospyros Blancoi ini kini dikategorikan sebagai buah langka, karena keberadaanya yang mulai sulit untuk ditemukan.  

Taksonomi Buah Bisbul (Diospyros Blancoi)

Kerajaan : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Ericales

Famili : Ebenaceae

Genus : Diospyros

Spesies : D. blancoi

Ciri-ciri Buah Bisbul

Buah mentega memiliki bentuk bulat yang disertai dengan bulu-bulu halus seperti beludru pada kulitnya. Buah ini memiliki warna coklat kemerahan kemudian merah terang ketika masih mentah dan akan berubah menjadi merah kusam ketika sudah matang.

Daging buah mentega ini berwarna keputihan, bertekstur agak keras dan sedikit padat, serta sedikit kering. Buah ini memiliki rasa manis dan agak sepat, disertai dengan aroma khas mirip dengan aroma keju dan durian.

Biji buah mentega berjumlah 10 butir, berwarna cokelat dan berbentuk menyerupai kepingan buah jeruk.

Asal-usul Buah Bisbul

Buah langka ini berasal dari Filipina, dan kini menyebar ke wilayah tropis beriklim basah di daratan rendah hingga daratan menengah.

Kandungan Buah Bisbul

Dalam 100 gr buah mentega mengandung nutrisi sebagai berikut.

• Protein : 2,8 gr

• Lemak : 0,2 gr

• Karbohidrat : 11,8 gr

• Serat : 1,8 gr

• Kalsium : 46 mg

• Fosfor : 18 mg

• Zat besi : 0,6 mg

• Vitamin A

• Vitamin C

• Tiamin

• Roblavin

• Energi

Manfaat Buah Bisbul

Berikut beberapa manfaat buah bisbul untuk kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium yang cukup tinggi pada buah mentega dipercaya mampu merenggangkan pembuluh darah, mengurangi stres pada sistem kardiovaskular, dan menurunkan tekanan darah.

Serta kandungan serat yang melimpah pada buah ini juga bisa menurunkan kolesterol, sehingga dapat membantu mengurangi risiko aterosklerosis, bekuan darah, serangan jantung, dan stroke.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Kandungan zat besi di dalam buah mentega bisa membantu merangsang aliran sel darah merah di dalam tubuh. Semakin lancar aliran darah, otomatis jaringan vital dan otot turut mendapatkan oksigen yang cukup.

Bukan hanya itu, perkembangan rambut, penyembuhan sel-sel tubuh, dan proses metabolisme pun bisa semakin baik dengan sirkulasi darah yang lancar.

3. menjaga Kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang ditemukan pada bisbul dapat membantu meningkatkan proses pencernaan, sehingga dapat mengurangi risiko sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Dalam pengobatan tradisional Filipina, bisbul sering digunakan untuk menyembuhkan disentri dan diare.

4. Mengatasi Masalah Pernapasan

Buah mentega mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk mengoptimalkan kerja sistem kekebalan tubuh. Selain itu di Filipina, buah ini juga sering digunakan untuk meredakan batuk, sesak nafas, dan asma.

5. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Buah bisbul kaya akan vitamin C dan vitamin A, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan dapat melawan radikal bebas yang dapat bermutasi atau membunuh sel-sel sehat di tubuh.

Selain itu, kedua vitamin itu juga dapat mencegah penuaan dini, merangsang pertumbuhan, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Itulah informasi mengenai buah bisbul lengap dengan ciri-ciri hingga manfaatnya. Semoga bermanfaat.