7 Buah Asli Indonesia, Sudah Pernah Makan Belum

02-06-2022

RatuBuah.com - Setiap negara pasti memiliki buah khas negara itu sendiri, termasuk Indonesia. Apalagi, Indonesia dikenal memiliki segudang kekayaan alam.

Lantas, apa sajakah buah asli Indonesia?

Daftar 7 Buah Asli Indonesia

1. Durian

Durian merupakan buah asli Indonesia yang memang tumbuh di wilayah tropis, dan dikenal dengan nama King of Fruit atau Rajanya Buah. Nama buah ini berasal dari kulitnya yang dipenuhi dengan duri, sehingga disebut dengan durian.

Durian termasuk buah yang dianggap aneh oleh masyarakat asing. Keanehan ini sebenarnya wajar, mengingat baunya yang menyengat dan rasanya aneh. Buah durian banyak tumbuh di wilayah Kalimantan dan Sumatera, namun juga bisa tumbuh di daerah lain.

Rasa dari buah tropis ini cenderung manis, ada juga beberapa yang memiliki rasa sedikit pahit. Banyak olahan durian yang dijadikan kuliner di nusantara, seperti dodol, pancake, tempoyak, kolak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Rambutan

Rambutan merupakan buah-buahan di daerah tropis seperti Indonesia dengan ciri khas yaitu kulitnya yang memiliki “rambut’. Ketika matang, bagian kulit rambutan ini biasanya berwarna merah, dengan buah di dalamnya berwarna putih atau bening.

Buah rambutan biasanya banyak ditemui pada musimnya, yaitu antara bulan Januari hingga Maret. Rambutan hampir tumbuh merata di seluruh wilayah Indonesia. Namun ada beberapa daerah yang terkenal sebagai penghasil rambutan seperti Binjai, Aceh, Subang, Ciamis, dan sebagainya.

3. Manggis

Manggis memiliki nama latin yaitu Garcinia mangostana L. Ini merupakan tumbuhan yang juga sering ditemui di wilayah tropis.

Manggis berbentuk bulat dengan warna keunguan ketika matang. Bagian buahnya berwarna putih dengan ada biji di dalamnya. Jika durian disebut dengan raja buah, maka manggis disebut dengan julukan ratu buah.

Di Indonesia, sentra produksi manggis membentang dari Sumatera, Jawa hingga Nusa Tenggara dan Sulawesi. Kota-kota yang dikenal menghasilkan manggis antara lain Purwakarta, Tasikmalaya, Bogor, Subang, 50 Kota, Solok, Solok Selatan, Kampar, Purworejo, Tabanan dan Lombok Barat.

4. Jeruk Bali

Jeruk Bali atau jeruk besar merupakan jenis buah sitrus berukuran besar yang beratnya bisa mencapai 1-2 kilogram. Meski bernama Jeruk Bali, namun buah ini sebenarnya tidak memiliki kaitan dengan wilayah Bali sendiri.

Sehingga sebagian peneliti menganjurkan penyebutan buah dengan nama Pomelo. Jeruk Bali banyak dihasilkan oleh daerah-daerah seperti Pati dan Kudus di Jawa Tengah, serta Magetan dan Madiun di Jawa Timur.

5. Jambu Air

Buah asli Indonesia berikutnya adalah jambu air yang memiliki nama latin Myrtaceae. Jambu air merupakan buah yang segar dan biasa matang serta di panen saat musim kemarau.

Jambu air biasanya berwarna merah di bagian luar, dan putih pada bagian dalamnya. Buah yang satu ini tergolong praktis dan bisa langsung dinikmati, karena tidak perlu dikupas kulitnya terlebih dahulu.

Daerah penghasil jambu air merupakan daerah yang termasuk dataran rendah hingga sedang, dengan ketinggian 100-1600 meter di atas permukaan laut. Beberapa daerah yang terkenal sebagai penghasil jambu air antara lain Demak, Pati, Semarang dan sebagainya.

6. Mangga

Mangga sebenarnya bukan buah asli daerah Asia Tenggara, melainkan berasal dari daerah perbatasan India dan Myanmar. Namun buah ini sudah masuk ke Asia Tenggara termasuk Indonesia sejak 1500 tahun yang lalu.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali jenis-jenis mangga, seperti arumanis, mangga apel, mangga manalagi, mangga podang, mangga indramayu, mangga pakel, dan sebagainya.

Pada tahun 2020, Jawa Timur ditetapkan sebagai Sentra Produksi Mangga Nasional, melalui sejumlah kota/kabupaten seperti Probolinggo, Situbondo, hingga Pasuruan.

Namun mangga juga banyak ditemukan di luar Jawa Timur, salah satunya Indramayu, Jawa Barat, sehingga dikenal dengan Mangga Indramayu. Produksi mangga di Indonesia juga termasuk besar, yaitu masuk 10 besar negara penghasil mangga terbesar di dunia.

7. Kelengkeng

Buah nusantara terakhir adalah kelengkeng atau lengkeng, yang memiliki nama latin Dimocarpus longan.

Buah lengkeng yang berkembang di Indonesia merupakan jenis lengkeng yang cocok ditanam di dataran medium hingga tinggi. Lengkeng termasuk dalam keluarga sapindaceae, sub family sapindadeae dan genus dimocarpus.

Daging buah lengkeng memiliki rasa yang manis, warna transparan, serta juicy. Daerah penghasil kelengkeng antara lain Salatiga, Temanggung, Semarang di Jawa Tengah, dan Malang, Blitar, Bari di Jawa Timur.

Nah, itulah deretan buah asli Indonesia yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!