Buah Alpukat yang Kaya Manfaat

01-01-1970

RatuBuah.com – Siapa yang tidak kenal dengan buah alpukat? buah ini merupakan salah satu makanan sehat dan dipercaya sebagai salah satu buah penurun kolesterol. Rasa buah alpukat cenderung manis gurih serta memiliki tekstur yang lembut.

Tanaman alpukat atau Persea americana Mill berasal dari dataran rendah/ tinggi di benua Amerika. Sejak zaman dahulu, buah alpukat sudah dikonsumsi masyarakat di sana.

Pada abad ke-19, buah alpukat diperkirakan masuk ke berbagai belahan dunia. Diperkirakan buah alpukat mulai masuk ke Indonesia, antara tahun 1920-1930. Seiring berjalannya waktu, alpukat sudah banyak dibudidayakan di beberapa daerah. Tercatat, Indonesia telah mengintroduksi 20 varietas buah alpukat.

Klasifikasi Tanaman Alpukat

Divisi                   : Spermathophyta.

Sub divisi            : Magnoliophyta.

Kelas                   : Magnoliopsida.

Bangsa               : Laurales.

Suku                    : Lauraceae.

Marga                 : Persea/ Persea gratissima/ Persea americana.

Jenis                    : Gaertn.

Kandungan Buah Alpukat

Buah ini memiliki banyak vitamin yang menawarkan nutrisi sangat berguna untuk kesehatan, apa saja kandungan buah alpukat? Mari kita simak penjelasannya.

1. Vitamin B5: Membantu menurunkan tingkat stress, meringankan rasa sakit dari arthiritis dan kolesterol tinggi.

2. Vitamin B6: Membantu treat diabetes, pendarahan menstruasi, insomnia, dan morning sickness juga car sickness.

3. Vitamin E: Memiliki anti-aging properties dan mendorong perawatan kulit alami.

4. Vitamin K: Membantu mencegah terjadinya internal bleeding, biliary obstruction, dan osteoporosis.

5. Vitamin C: Membantu meringankan dalam beberapa kelainan mata (eye disorders), kolesterol, dan penyakit jantung.

6. Folat/Folate: Membantu perbaikan dan fungsi DNA.

7. Potassium K: Membantu meringankan stroke dan tekanan darah tinggi.

8. Omega-9 Fatty Acid: Melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan pembakaran lemak tubuh.

9. Omega-6 Fatty Acid: Memegang peranan yang krusial dalam fungsi otak.

Manfaat Buah Alpukat

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa alpukat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini djelaskan beberapa manfaat buah alpukat.

1. Membantu menjaga berat badan tetap stabil

Dalam sejumlah penelitian, serat merupakan nutrisi yang ditemukan dalam jumlah relatif besar pada alpukat. Tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna serat sehingga dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Selain itu, alpukat juga mengandung karbohidrat, sehingga mengonsumsinya bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Meski mengandung lemak, tetapi buah alpukat tidak mengakibatkan kenaikan berat badan karena lemak yang terkandung dalam buah ini adalah lemak baik. Tak hanya itu, selain mengonsumsi buah alpukat kamu juga disarankan untuk berolahraga secara rutin guna membantu mendapatkan berat badan ideal.

2. Menjaga kesehatan jantung

Gangguan jantung merupakan penyebab paling umum kematian di dunia. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi alpukat dapat mengubah profil kolesterol menjadi lebih baik dan menurunkan faktor resiko gangguan jantung.

3. Mencegah sembelit

Sembelit atau konstipasi terjadi karena kamu kurang asupan serat atau tidak terpenuhinya asupan cairan harian tubuh. Jadi, guna mengatasi kondisi tersebut, kamu bisa memenuhi asupan serat dan minum setidaknya dua liter setiap hari. Nah, seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa asupan serat ini bisa kamu dapatkan dari buah alpukat.

4. Membantu menjaga kesehatan mata

Alpukat memiliki kandungan tinggi antioksidan yang penting untuk kesehatan mata yaitu lutein dan zeaxanthin. Ini artinya, rutin mengonsumsi buah alpukat dalam jumlah yang tidak berlebihan bisa membantu menurunkan risiko masalah kesehatan penglihatan pada usia senja.

5. Membantu mencegah kanker

Sebuah penelitian pada sel yang terisolasi menunjukkan bahwa konsumsi alpukat membantu mengurangi efek samping kemoterapi pada limfosit manusia. Ekstrak alpukat juga telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

6. Menjaga kesehatan kulit dan wajah

Manfaat buah alpukat untuk wajah juga dapat dirasakan karena kandungan buah ini dapat membantu melembabkan kulit, meningkatkan elastisitas kulit serta dapat mencegah munculnya jerawat.

Manfaat alpukat bagi kesehatan sebetulnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Upayakan untuk mengonsumsinya dengan dosis tidak berlebihan, semoga artikel ini bermanfaat.