7 Jenis Buah Durian Unggulan yang Paling Terkenal serta Segudang Manfaatnya

01-01-1970

RatuBuah.com – Durian merupakan salah satu nama buah tropis yang banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara. Nama durian terinspirasi dari bentuk fisik buah ini yang keras serta adanya bagian yang menonjol dan tajam pada kulit buah menyerupai duri.

Buah durian memiliki julukan “Raja dari Segala Buah” karena merupakan buah yang kontroversial. Buah berduri yang satu ini banyak diminati orang, khususnya yang penduduk Indonesia. Namun tidak sedikit juga yang tidak menyukai buah ini, dengan alasan aroma buah yang terlalu menyengat.

Rasa dari buah tropis ini cenderung manis, ada juga beberapa yang memiliki rasa sedikit pahit. Banyak olahan durian yang dijadikan kuliner di nusantara, seperti dodol, pancake, tempoyak, kolak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Klasifikasi Ilmiah Buah Durian

Tumbuhan berbiji yang memiliki nama ilmiah Durio zibethinus ini memiliki klasifikasi ilmiah sebagai berikut:

Kerajaan: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Classis: Dikotil
Ordo: Malvales
Famili: Malvaceae
Genus: Durio
Spesies: Durio zibethinus Murr

7 Jenis Buah Durian Unggulan

Untuk wilayah Indonesia, pusat keanekaragaman Durian terdapat di Pulau Kalimantan. Namun untuk beberapa tempat di tanah air, bisa juga kita temui raja buah ini, seperti di Sumatera, Semenanjung Malaya dan yang lainnya. Selain Indonesia, terdapat beberapa Negara yang juga membudidayakan tanaman durian dengan orientasi ekspor.

Diantaranya, Mindanao di Filipina, Queensland di Australia, Kamboja, Laos, Vietnam, India, dan juga Sri Lanka. Untuk Negara Filipina, terdapat perayaan tahunan yang mengusung tema buah durian, yaitu Festival Kadayawan di Davao City.

Keberagaman jenis durian di Asia Tenggara terbagi menjadi beberapa spesies. Tercatat ada 20 spesies yang ada di Indonesia, Sembilan diantaranya dapat dikonsumsi. Berikut ini, 7 jenis buah durian unggulan yang paling terkenal.

1. Durian Montong

Untuk masyarakat Indonesia, jenis buah yang satu ini tidak asing lagi di telinga. Durian montong merupakan jenis buah durian yang paling banyak dicari karena memiliki ciri khas di di daging buah yang tebal, biji tipis dan dominan rasa manis.

Buah durian montong tergolong tumbuhan yang memiliki perkembangbiakan yang cepat serta memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan buah lokal lainnya. Satu buah durian montong, bisa memiliki berat mencapai 6 hingga 20 kg.

2. Durian Musang King

Durian musang king termasuk jenis buah durian unggulan berikutnya karena memiliki ciri khas daging buah yang hampir mirip dengan durian montong. Asal buah durian yang satu ini dari Negara Malaysia, namun memiliki banyak peminat di Indonesia.

Untuk rasa dari durian musang king manis dengan sedikit sensai pahit yang menambah nilai plus dari buah tropis ini. Warna dari daging buah ini cenderung berwarna oranye mirip kunyit. Rata-rata ukuran buah durian ini adalah 2-3 kg dan berdiameter kira-kira 20 cm.

3. Durian Bawor

Jenis durian unggulan berikutnya adalag durian bawor yang berasal dari Banyumas. Daging buah yang tebal dan besar, serta rasanya yang legit menyerupai ciri khas durian montong. Buah durian bawor ini memiliki keungglan, seperti gampang matang.

Namun buah ini gampang terserang penyakit/hama. Jika tidak dirawat, kita tidak akan bisa mendapatkan buah yang bagus. Semuanya akan membusuk sebelum sempat dipanen.

4. Durian Duri Hitam

Buah durian duri hitam juga dikenal dengan nama Ochee. Apakah kamu pecinta serial kartun Upin Ipin? Didalam serial tersebut diceritakan Atok Dalang memiliki pohon durian yang banyak, yang salah satu buahnya akan dijadikan peserta pertandingan buah durian. Saat itu Atok Dalang mengandalkan buah durian duri hitam yang memiliki aroma yang sangat wangi, sehingga menggugah selera pengunjung lainnya.

Rasa yang di deskripsikan pada serial kartun tersebut sesuai dengan kenyataanya. Terdapat kombinasi rasa manis, legit, lembut dan sedikit sensasi pahit yang menambah cita rasa si durian duri hitam.

5. Durian Merah Banyuwangi

Jenis durian yang satu ini juga ada serial kartun Upin Ipin, serta jarang ditemukan di Indonesia. Durian merah Banyuwangi memiliki warna daging buah yang berwarna merah pekat, jelas berbeda dengan daging buah durian pada umumnya yang memiliki warna kuning ataupun oranye.

Buah durian merah Banyuwangi ini belum banyak dibudidayakan, sehingga bisa dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan. Namun kamu harus lebih berhati-hati dalam memilih bibit durian yang satu ini, karena banyak oknum yang memperjual belikan bibit yang tidak asli.

6. Durian Petruk

Durian petruk adalah jenis durian unggulan yang berasal dari Jepara, Jawa Tengah. Buah ini banyak dibudidayakan di daerah dataran rendah sehingga memiliki ukuran pohon yang relative tinggi, hampir sebanding dengan durian musang king.

Rasa dari durian petruk ini juga mirip dengan durian musang king, manis, legit dan memiliki rasa sedikit pahit. Jika kamu berminat membudidayakan tumbuhan tropis yang satu ini, harus dengan pengawasan dan perawatan ekstra karena rentan terhadap hama penyakit.

7. Durian Pelangi

Jenis durian unggulan yang terakhir yaitu durian pelangi yang berasal dari Indonesia Timur, Monokwari, Papua Barat. Daging buah durian yang satu ini memiliki gradasi warna yang unik, yaitu putih, kuning hingga merah. Oleh karena itu buah durian ini dinamai durian pelangi.

Cita rasa yang diberikan buah durian pelangi ini yaitu manis, lezat dengan ukuran daging buah yang montok-montok.

Manfaat Durian

Sebelum membahas manfaat durian, kamu perlu tahu kandungan-kandungan apa saja yang terdapat di dalam 1 buah durian yang kamu makan. Bagi kamu yang sedang melakukan program diet jadi tahu berapa kalori durian yang konsumsi.

Berikut nilai nutrisi per 100 g (3,5 oz) pada buah durian.

Energi        : 615 kJ (147 kCal)
Karbohidrat    : 27.09 g
Serat Pangan    : 3.8 g
Lemak        : 5.33 g
Protein        : 1.47 g
Vitamin C    : 19.7 mg
Potassium    : 436 mg
Air        : 65 g

Setelah mengetahui kandungan pada buah durian, berikut manfaat durian bagi tubuh:

1. Tinggi Serat

Durian menghasilkan serat yang tinggi sama seperti sayuran, biji-bijian dan buah lainnya. Buah durian bermanfaat menurunkan kadar kolesterol, mengontrol tekanan darah, mendukung kesehatan jantung, serta membantu pencernaan.

2. Tinggi Antioksidan

Buah durian juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang berguna melindungi tubuh dari bahanyanya radikal bebas yang menyebabkan penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan kanker.

Tidak hanya itu, vitamin C yang memiliki sifat antioksidan pada durian bertugas menjaga kesehatan kulit, mengurangi bintik hitam dan mencegah munculnya kerutan halus pada kulit.

3. Tinggi Karbohidrat

Dalam satu buah durian, terdapat sekitar 150 kalori. Jumlah ini cukup sebagai sumber energi yang dibutuhkan tubuh. Namun, bagi kamu penderita gula darah tidak disarankan mengonsumsi buah tropis ini karena tingginya karbohidrat buah ini.

4. Kalium

Kandungan kalium yang terdapat pada buah durian dipercaya bisa memberikan kesehatan pada otot, tulang, saraf dan pembuluh darah. Terdapat 436 mg kalium dalam 1 buah durian.

Manfaat durian lainnya juga dipercaya masyarakat dapat meredakan demam, memingkatkan gairah seksual, meredakan gejala penyakit liver, meringankan gejala malaria, dan mempercepat penyembuhan luka.

Itulah 7 jenis buah durian unggulan yang paling terkenal serta segudang manfaatnya. Namun perlu kamu perhatikan, dalam mengonsumsi buah durian tetap harus berhati-hati. Karena jika berlebihan, akan menimbulkan rasa tidak nyaman di perut, seperti kembung, muntah hingga diare. Semoga informasi dari RatuBuah.com ini bermanfaat.