Pecahkan Rekor Dunia, Inilah 5 Buah Terbesar di Dunia

15-04-2022

RatuBuah.com - Buah-buahan adalah sumber nutrisi terbaik untuk mendapatkan vitamin, mineral, serat, dan nutrisi penting lainnya. Apalagi di Indonesia terdapat banyak jenis buah yang bisa dipilih dan memiliki rasa yang nikmat.

Namun, bagaimana jika buat yang biasa kita makan berubah menjadi raksasa? Apakah kamu akan tetap memakannya? Berikut daftar buah yang dianggap terbesar di dunia karena memiliki bobot yang jauh lebih besar dibanding jenis buah pada umumnya.

5 Buah Terbesar di Dunia

1. Bluberri

Sepasang suami istri dari Australia berhasil meraih penghargaan dari Guinness World Record. Hal itu karena mereka telah menumbuhkan bluberi terberat di dunia, yang beratnya lebih dari setengah ons dengan diameter 1,4 inci.

Guinness mengkonfirmasi bahwa bluberi yang ditanam oleh David dan Leasa Mazzardis, pendiri dan pemilik program pemuliaan Nature's Select di Wilbinga, Australia Barat itu memecahkan rekor dunia baru dengan bobot 0,57 ons.

Keluarga Mazzard mengatakan, mereka sebenarnya tidak berencana menanam bluberi yang sangat besar. Ukuran buah tersebut terjadi karena efek samping dari pengembangbiakan varietas Blueberry Ozblue karena sifat-sifatnya yang memiliki rasa dan tekstur lebih baik.

2. Alpukat

Selanjutnya ada satu keluarga di Hawai yang juga memenangkan rekor Guinness World Records karena berhasil menanam buah alpukat terbesar di dunia.

Keluarga Pokini dari Pulau Maui menerima sertifikat Guinness setelah berhasil menanam pohon alpukat yang menghasilkan buah seberat 2.54 kilogram per butir seperti dilansir Maui News dan dikutip Stuff pada Sabtu, 12 Oktober 2019.

Pohon alpukat milik keluarga ini telah berusia sepuluh tahun dan memiliki tinggi 6.1 meter. Mark Pokini menanam pohon ini saat putranya lahir dengan menanam benih alpukat dari pohon alpukat milik iparnya di Pulau Oahu.

Mark, dan istri Juliane Pokini dan putra mereka Loihi mendaftar pada Desember 2018 untuk mendapatkan pengakuan dari Guinnes termasuk menjalani proses verifikasi oleh perusahaan yang dikenal mencatat berbagai pencapaian.

Sebelumnya, keluarga ini sudah pernah mencoba untuk mendapatkan pengakuan buah alpukat terbesar pada 2018 tapi gagal. Ini karena ada beberapa persayaratan yang belum terpenuhi saat itu seperti sertifikasi dari seorang ahli hortikultura, testimoni dua saksi mata, sertifikat resmi dari pemerintah setempat, foto dan video.

Saat mencoba kedua kalinya, keluarga Pokini mencoba memenuhi semua persyaratan sambil memantau pertumbuhan salah satu buah yang diperkirakan bakal berukuran maksimal. Keluarga itu mengaku tidak mencoba memberi pupuk atau air dan membiarkannya begitu saja.

3. Stroberi

Sebuah stroberi raksasa yang tumbuh di Israel dan beratnya 289 gram (10,19 ons) telah dikonfirmasi sebagai rekor baru Guinness World Record menjadi yang terberat yang pernah ada.

Buah stroberi yang menggembung itu ditemukan di perkebunan stroberi yang dijalankan oleh keluarga Ariel di komunitas pertanian Kadima-Zoran, di distrik pusat Israel. Panjang buah stroberi itu mencapai 18 cm (tujuh inci), dengan tebal empat cm, dan keliling 34 cm.

Keluarga Ariel, seorang ayah dan empat putranya, sebenarnya menanam empat stroberi besar tahun ini, tetapi hanya satu dari mereka yang mengalahkan pemegang rekor 250 gram sebelumnya, yang ditimbang di Fukuoka, Jepang, pada 28 Januari 2015.

Berbicara kepada situs berita Ynet pada Senin 14 Februari, Ariel bersaudara mengatakan mereka menemukan buah pemecah rekor pada Jumat 11 Februari. Mereka mengatakan itu adalah yang terbesar yang mereka ingat selama lebih dari empat dekade menanam buah.

Mereka memeriksa Guinness book of world records dan menemukan bahwa mereka memiliki pesaing baru untuk gelar stroberi terbesar.

Pada Sabtu 12 Februari malam mereka mengajukan klaim ke situs Guinness dan keesokan harinya membawa notaris untuk menyaksikan penimbangan resmi sebelum buah mulai membusuk dan kehilangan ukurannya.

Pria bersaudara itu kemudian membuat klip video pendek tentang penimbangan, di mana mereka membandingkan stroberi dengan iPhone XR yang beratnya hampir setengahnya.

4. Mangga

Di Kolombia, terdapat buah mangga yang bobotnya mencapai 4,25 kg. Sehingga buah mangga tersebut berhasil menyabet gelar dari Guinness World Records sebagai mangga terberat di dunia.

German dan Reina selaku pemilik mangga jumbo ini, mengaku telah memperhatikan ukuran mangga jumbo dan membandingkannya dengan mangga lain.

"Tujuan kami dengan gelar Rekor Dunia Guinness ini adalah untuk menunjukkan kepada dunia bahwa di Kolombia memiliki orang-orang yang rendah hati, pekerja keras yang mencintai pedesaan dan bahwa tanah yang diolah dengan cinta menghasilkan buah-buahan yang luar biasa. Apalagi sekarang masih di situasi pandemi, kami harap orang-orang bisa mendapatkan harapan dan kegembiraan,” kata Germán.

5. Semangka

Buah Semangka lokal Karanganyar memiliki bobot 30,62 kilogram dengan panjang 56 sentimeter, diameter 33 sentimeter dan keliling 104 sentimeter masuk dalam  catatan Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).

Muri menetapkannya sebagai rekor semangka terbesar dengan nomor urut 5190. Manager Pemasaran dan Produksi PT Tunas Arga Persada Ir Mugiharjo ketika  dihubungi Espos, Kamis (10/11/2011) mengatakan penyerahan penghargaan rekor  Muri diberikan pada Rabu (9/11/2011) di Kantor Muri Semarang.

Dia menuturkan buah semangka yang ditanam selama 80 hari di atas lahan seluas sekitar 2.500 meter  persegi di Kelurahan Bolong, Kecamatan/Kabupaten Karanganyar memiliki bobot  hingga 30,62 kilogram dengan panjang 56 sentimeter, diamater 33 sentimeter dan

keliling 104 sentimeter.

”Muri mencatatnya sebagai semangka terbesar dengan  bobot sampai 30,62 kilogram,” ujarnya.

Wah besar-besar banget yah buahnya. Gimana nih menurut kamu? Masih pengen nyobain gak?