Menelisik Lebih Jauh Buah Kecubung Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan

01-01-1970

RatuBuah.com - Buah Kecubung atau sering dikenal dengan nama Latin, Datura metel merupakan salah satu jenis tumbuhan berbunga yang masuk kedalam suku Solanaceae. Tanaman ini juga masih berkerabat dengan dengan datura, tumbuhan hias dengan bunga berbentuk terompet besar. Kecubung biasanya memiliki kelopak bunga yang berwarna putih atau ungu. Daun nya berbentuk jari dengan ukuran yang cukup lebar.

Selain masuk kedalam jenis tumbuhan bunga, ternyata tumbuhan ini juga dikenal dengan tumbuhan penghasil buah. Buah kecubung umum nya berbentuk bulat dan letaknya berada tepat di ujung tangkai.

Jika dilihat dari dekat, dipermukaan kulit buah kecubung banyak ditumbuhi duri-duri pendek. Sementara jika dibelah, isi buah kecubung berupa beberapa biji dengan ukuran kecil berwarna kuning kecokelatan.

Ukuran buah kecubung tidak terlalu besar hanya sekitar 4 hingga 5 cm. Warnanya serupa dengan warna daunnya, yaitu hijau muda jika masih mentah, sedangkan jika sudah masak maka buah tersebut berubah menjadi hijau tua. Rasa buah kecubung ini yaitu pahit dan juga ada campuran sepat jika di konsumsi.

Kandungan Buah Kecubung

Buah kecubung sering disebut-sebut sebagai buah yang sangat berbahaya, hal itu disebabkan oleh ditemukannya kandungan zat-zat kimia tertentu, seperti hiosiamin, anthropin, dan scopolamine didalam buah kecubung. Ketiga zat tersebut memiliki efek bius sehinga sering digunakan sebagai obat bius oleh para tenaga medis. Kecubung juga mengandung hiosin, zat lemak, kalsium oksalat, meteloidina, norhiosiamina, norskopolamina, kuskohigrina, dan nikotina.

Efek Buah Kecubung

Mengingat banyak nya kandungan zat tertentu di dalam buah kecubung, pengkonsumsian dari bauh ini secara asal-asalan dan tidak tepat dapat menimbulkan efek negatif.

Salah satunya yaitu efek halusinasi. Efek tersebut  ditimbulkan karena setiap bagian dari tanaman ini beracun dan mengandung alkaloid. Ini adalah senyawa yang memiliki substansi relatif toksis dan bekerja utama secara langsung pada susunan saraf pusat. Akibatnya, hampir sama dengan zat analgesik dan narkotik.

Dengan adanya sejumlah zat tersebut, tak heran jika mengkonsumsi kecubung bisa menimbulkan efek halusinasi dan memabukkan. Terkadang, buah ini juga digunakan untuk obat penenang dan obat halusinogen. Namun ternyata efek samping lainnya begitu banyak, mulai dari perasaan ketakutan, tidak nyaman, dehidrasi, perilaku aneh, penurunan daya penglihatan, hingga kematian.

Selain itu, adanya kandungan zat katinoa didalam buah kecubung membuat orang yang mengkonsumsi buah ini menjadi bersemangat, tidak mengantuk, euforia (rasa senang yang berlebihan), lebih percaya diri dan seksual drive-nya meningkat. Seseorang yang terkena efek katinona akan merasakan sensasi euforia selama 4-6 jam.

Setelah 4-6 jam, efek dari zat katinoa akan habis dan pengkonsumsi akan kembali normal, namun cenderung merasa lebih mengantuk, merasa lemas, dan tidak tertutup kemungkinan dapat menimbulkan depresi.

Penggunaan zat ini secara terus menerus juga dapat menimbulkan efek samping dalam jangka panjang, seperti:

  • Meningkatkan tekanan darah sampai stoke
  • Depresi berat sampai bunuh diri Anoreksia (tidak nafsu makan)
  • Kesulitan tidur Halusinasi–halusinasi yang mengerikan esok paginya
  • Gangguan irama jantung Gangguan jiwa berat (gangguan psikotik).

Manfaat Buah Kecubung

Selain dikenal sebagai tumbuhan yang berbahaya serta dapat menimbulkan efek negatif, ternyata ada banyak manfaat yang didapat jika mengkonsumsi buah kecubung ini, terlebih jika diolah dengan baik serta dengan dosis yang tepat.

Jika digunakan dengan baik, buah kecubung ini dapat di manfaatkan sebagai obat, bahkan dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan seluruh tubuh. Mulai dari rambut, wajah maupun seluruh kulit tubuh.

Berikut beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah kecubung.

1. Obat Ampuh Penghilang Ketombe

Ketombe merupakan salah satu permasalahan kulit kepala yang banyak dialami oleh semua orang. Ketombe adalah suatu kondisi kulit kepala yang bersifat kronik yang ditemukan di skuama atau serpihan-serpihan kulit kepala berwarna putih keabu-abuan atau kadang kekuningan. Hal tersebut menyebabkan penderita mengalami gatal pada kulit kepala mereka. Cara mengolah buah kecubung untuk mengatasi permasalahan ini yakni dengan mengambil ekstrak minyak yang ada di buah kecubung ini kemudian dijadikan minyak rambut agar ketombe menghilang dengan sedirinya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cara ini harus dilakukan secara berulang serta teratur.

2. Mengatasi Penyakit Reumatik

Penyakit rematik adalah peradangan sendi kronis yang disebabkan oleh gangguan autoimun. Penyakit ini ditandai dengan adanya rasa nyeri pada persendian. Metode pengobatan dengan buah kecubung cukup mudah, yakni dengan menghaluskan buah kecubung serta daun nya. Kemudian tambahkan parutan jahe dan juga bawang merah. setelah itu, campur semua bahan kemudian oleskan pada sendi yang terasa nyeri

3. Meredakan Pembengkakan

Untuk meredakan pembengkakan, cukup ambil buang kecubung, lalu di panggang sebentar. Jika dirasa buah telah terasa cukup panas, oleskan buah kecubung ke permukaan kulit yang tersa bengkak.

4. Mengobati Penyakit Bisul

Bisul merupakan suatu penyakit yang cukup mengganggu. Selain itu, bisul juga membuat kita merasa tidak nyaman, karena bisul dapat menyebabkan rasa nyeri. Pengobatan bisul dengan memanfaatkan buah kecubung dapat dilakukan dengan menghaluskan buah kecubung lalu mengoleskannya ke permukaan bisul

5.  Mengobati Penyakit Asma

Asma adalah penyakit kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan sesak akibat peradangan dan penyempitan pada saluran napas. Pengobatan asma secara alami dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah kecubung. Berberapa kandungan dalam buah kecubung ini ternyata dikenal ampuh untuk mengobati penyakit asma.

6. Meredakan Gatal

Gatal dapat terjadi akibat penyakit kulit seperti kulit kering (xerosis), eksim (dermatitis), psoriasis, kudis, parasit, luka bakar, bekas luka, cacar, biduran, atau gigitan serangga. Selain menimbulkan reaksi gatal, kondisi tersebut ditandai dengan ruam, kemerahan, dan berbintik pada bagian tertentu. Ternyata buah kecubung ini dapat dijadikan sebagai obat herbal penghilang rasa gatal pada kulit.

7. Mengatasi Sakit perut

Rasa sakit pada perut dapat di sebabkan oleh banyak hal, mulai dari diare, maag, perut kembung, dan juga sembelit (susah buang air besar). Jika sakit perut ditimbulkan karena sembelit, maka kamu dapat mengkonsumsi buah kecung untuk mengatasi nya.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari mengkonsumsi bauh kecubung. Tanaman kecung termasuk buah nya sendiri memang dengan sebagai tumbuhan yang berbahaya karena mengandung beberapa zat tertentu. Namun, jika dikelola dengan baik dan benar, buah kecubung ini dapat dijadikan sebagai obat, bahkan juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan seluruh tubuh.