Buah Duku : Taksonomi, Manfaat Buah Duku, dan Efek Samping

RatuBuah.com - Duku adalah jenis buah-buahan dari anggota suku Meliaceae. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara sebelah barat ini memiliki kemiripan dengan buah langsat, kokosan, pisitan, celoring dan lain-lain dengan berbagai variasinya. Nama-nama yang beraneka ragam ini sekaligus menunjukkan adanya aneka kultivar yang tercermin dari bentuk buah dan pohon yang berbeda-beda.

Taksonomi Duku

Kerajaan

Plantae

 

Angiospermae

 

Eudikotil

 

Rosidae

Ordo

Sapindales

Famili

Meliaceae

Genus

Lansium

Spesies

L. parasiticum

 

Manfaat buah duku bagi kesehatan tubuh

Meski ukurannya kecil, duku adalah buah yang kaya akan nutrisi. Mari kita bahas satu per satu Khasiat buah duku untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah sembelit

Salah satu masalah pencernaan yang sering terjadi adalah sembelit. Kondisi ini biasanya terjadi akibat asupan serat tidak tercukupi dengan baik.

2. Menambah energi dan menjaga sistem saraf

Manfaat buah ini selanjutnya adalah untuk membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi energi dan menjaga keselarasan fungsi sistem saraf.

Hal ini karena buah tersebut mengandung beragam jenis vitamin B, seperti thiamin, riboflavin, dan niasin.

3. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencerna lemak

Selain vitamin B, buah duku juga mengandung vitamin C. Manfaat vitamin C yang terkandung dalam buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencerna lemak tubuh.

Jika Anda sedang menjalani diet, buah ini bisa jadi pengganti camilan makanan manis. Apalagi, serat yang terkandung di dalamnya juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

4. Sebagai obat anti malaria

Selain dagingnya, ternyata biji buah ini juga bermanfaat untuk kesehatan, yakni sebagai obat anti malaria.

Penyakit malaria yang satu ini merupakan jenis yang paling berbahaya. Meski demikian, Anda tetap perlu berkonsultasi kepada dokter untuk penanganan yang tepat.

5. Mencegah tumor pada kulit

Bukan hanya itu, daun dari buah ini juga dapat bermanfaat untuk mencegah perkembangbiakan tumor pada kulit.

Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Mugio Nishikawa di laboratorium Tokushima Bunri University, Jepang.

6. Mencegah kanker

Selain mencegah pertumbuhan tumor, daun buah duku juga dapat mencegah perkembangbiakan sel kanker pada tubuh.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli farmasi dari Kyoto Pharmaceutical University, Jepang yang menyebutkan bahwa daun buah tersebut memiliki kandungan anti mutagenik.

7. Sebagai antioksidan

Kandungan daun buah duku lainnya adalah sebagai antioksidan. Antioksidan adalah zat yang diperlukan oleh tubuh untuk menangkal zat-zat berbahaya dari lingkungan.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Monash University Malaysia yang menyebutkan bahwa buah-buahan tropis seperti langsat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

8. Sebagai antibakteri

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli farmakologi dari berbagai universitas ternama di Indonesia, berbagai kandungan dalam buah ini ternyata punya manfaat menakjubkan.

Mereka mendapatkan hasil bahwa selain sebagai antioksidan, kandungan metanol, heksana, dan daun buah ini juga dapat bermanfaat sebagai antibakteri.

9. Mencegah infeksi saluran kencing

Manfaat buah ini selanjutnya adalah mencegah infeksi beberapa jenis jamur, termasuk Candida albican yang merupakan penyebab penyakit infeksi saluran kencing.

Hal ini karena kandungan asam lansionat yang dihasilkan oleh kulit dan biji buah duku yang dikeringkan.

10. Merawat kulit

Selain mencegah berbagai penyakit, buah duku juga dapat digunakan untuk merawat kulit. Beberapa perusahaan bahkan membuat produk skin care dari buah tersebut

Penelitian yang dilakukan oleh Martha Tilaar dan S. M. Wasitaatmadja menunjukkan bahwa buah duku dapat melembabkan dan mencerahkan kulit.

Manfaat Duku bagi Ibu Hamil

1. Mengurangi Lemas dan Pusing

Duku kaya kandungan karbohidrat dan zat besi yang baik bagi kehamilan sebagai penambah energi serta menghindari lemas. Selain itu, kandungan kalsium dan fosfor pada duku juga berguna menguatkan tulang.

2. Melancarkan Pencernaan

Duku bisa mengatasi sembelit, susah buang air besar hingga mencegah kanker usus.

3. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi pada duku bisa mencegah dampak buruk radikal bebas.

4. Mendukung Perkembangan Otak Janin

Asam folat dalam duku bisa membantu tubuh untuk pembentukan hingga menjaga kesehatan sel-sel baru tubuh hingga baik bagi perkembangan otak bayi.

Perbedaan buah duku dan langsat

  1. Buah ini memiliki sedikit getah bahkan ada juga yang tak bergetah sama sekali, sedangkan buah langsat memiliki kandungan getah yang tinggi.
  2. Tak seperti buah langsat, duku memiliki daging buah yang tebal.
  3. Meski buah ini berdaging tebal, tapi kandungan airnya lebih sedikit ketimbang buah langsat.
  4. Buah ini rasanya lebih manis daripada buah langsat.
  5. Ternyata buah duku memiliki daya simpan yang lama! Hal itu sangat berbeda dengan buah langsat.

Efek Samping Terlalu Sering Makan Buah Duku

  • Menyebabkan Sakit Maag
  • Beresiko Terkena Diabetes
  • Meningkatkan Kadar Trigliserida
  • Menambah Berat Badan

ARTIKEL REKOMENDASI