Manfaat Buah Bidara

01-01-1970

RatuBuah.com – Buah bidara (Ziziphus Mauritiana) yang dikenal dengan nama buah Jujube. Buah bidara berasal dari Asia Selatan. Buah bidara tumbuh subur pada daerah kering dan banyak terdapat pada kawasan Asia Selatan. Buah ini mengandung vitamin yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Tekstur buah bidara berwarna merah kenyal dan memiliki rasa yang manis. Beberapa orang sering menyebut buah bidara sebagai kurma India karena rasanya dianggap mirip dengan buah kurma yang dari Arab.

Banyak cara untuk mengkonsumsi buah bidara. Buah bidara banyak dikonsumsi langsung sebagai camilan yang bergizi apalagi untuk orang yang sedang melaksanakan program diet. Buah bidara sama sekali tidak mengandung lemak dan kaya akan serat yang baik untuk memberikan efek kenyang lebih lama.

Ketika akan mengonsumsi buah bidara, ada baiknya untuk membuang biji nya terlebih dahulu, karena biji buah bidara dapat memberikan rasa pahit dan tidak enak untuk dimakan.

Kamu sedang mencari informasi lengkap tentang buah bidara atau manfaat buah bidara? Nah, artikel ini sangat cocok untuk kamu baca. Yuk simak artikel ini sampai habis.

Klasifikasi Ilmiah Buah Bidara

Dalam bahasa Inggris buah bidara dikenal dengan nama Jujube, Indian Jujube, Indian Plum atau Chinese Apple. Dalam bahasa Prancis disebut sebagai Jujubier. Berikut klasifikasi ilmiah buah bidara:

Kerajaan             : Plantae

Devisi                  : Magnoliophyta

Kelas                   : Magnoliopsida

Ordo                   : Rosales

Famili                  : Rhamnaceae

Genus                 : Ziziphus

Spesies               : Z. Mauritiana

Kandungan Nutrisi Buah Bidara

Berikut kandungan nutrisi yang terkandung dalam satu buah bidara:

Energi                 : 24,76 kJ (5.92 Kcal)

Karbohidrat       : 17 g

Gula                    : 5.4 – 10.5 g

Serat Pangan     : 0.60 g

Lemak                 : 0.07 g

Protein                : 0.8 g

Vitamin               : Tiabina (b1) 0.02-0.024 mg ; Riboflavin (b2) 0.02-0.038 mg ; Niasin (b3) 0.7-0.873 mg

Mineral                : Kalsium 25,6 mg ; Zat Besi 0.76-1.8 mg ; Fosfor 26.8 mg

Air                        : 81.6-83 g

Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan

Buah Bidara dikawasan Asia biasanya dikonsumsi dalam bentuk manisan kering dan sering disajikan sebagai makanan penutup atau dikonsumsi sebagai permen. Buah bidara yang sudah kering tidak cocok untuk dikonsumsi bagi yang sedang diet, karena buah bidara kering mengandung kalori lebih tinggi dibandingkan buah bidara segar.

Selain sebagai manisan atau permen, buah bidara sering dikonsumsi sebagai makanan seperti cuka, jus, selai dan juga madu pada beberapa Negara Asia. Di Negara Indoa, buah ini menjadi hidangan wajib dalam festival tahunan Maha Shivratri.

Berikut manfaat buah bidara untuk keseharan:

1. Buah Bidara Bermanfaat untuk Obat Herbal

Buah bidara memiliki segudang manfaat, selain rasanya enak. Buah bidara kerap dijaikan sebagai bahan baku herbal obat untuk pengobatan alternatif atau pengobatan tradisional. Buah bidara sering dibuat menjadi jamu herbal.

Banyak orang yang percaya setelah mengkonsumsi buah bidara bisa meningkatkan kualitas tidur dan mampu untuk mengurangi kecemasan. Apalagi untuk orang dengan penderita gangguan mental, maka buah bidara mampu untuk mengurangi tingkat stres seseorang.

2. Buah Bidara Berdampak Positif Bagi Kesehatan Manusia

Ukuran buah bidara yang kecil, tetapi buah kecil ini bermanfaat untuk kesehatan. Tanaman Holtikultura buah bidara sangat menguntungkan karena pada kondisi kering, tekanan biotic dan abiotik dan berdampak positif bagi kesehatan manusia.

3. Buah Bidara untuk Melindungi diri dari Paparan Radikal Bebas

Buah bidara kaya akan beberapa senyawa antioksidan. Kandungan antioksidan merupakan senyawa yang bisa untuk mencegah dan memperbaiki tubuh yang disebabkan karena paparan radikal bebas yang berlebihan.

Seseorang yang sering terpapar radikal bebas akan menyebabkan timbulnya berbagai penyakit sepeeti diabetes tipe-2, sakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

4. Buah Bidara Meningkatkan Kualitas Tidur dan Fungsi Otak

Buah bidara sering digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur dan fungsi otak. Hal ini terbukti melalui sebuah penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa kandungan senyawa antioksidan yang ada pada buah bidara dan memiliki efek yang baik terhadap perbaikan kualitas tidur dan fungsi otak manusia.

Buah bidara sebagai pengobatan alternative atau tradisional serung digunakan untuk obat mengurangi kecemasan, gangguan tidur (insomnia).

Ekstrak buah bidara biasa dipakai untuk mengobati demensia yang disebabkan oleh penyakit Alzheimer. Bagaimana ekstrak buah bidara ini bisa mempengaruhi fungsi otak dan sistem saraf.

5. Buah Bidara Bermanfaat untuk Kekebalan Tubuh dan Melawan Sel Kanker

Manfaat buah bidara lainnya adalah buah bidara sebagai obat untuk melawan sel kanker serta meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan gula alami atau Polisakarida bermanfaat sebagai antioksidan.

6. Buah Bidara Membantu Proses Pencernaan

Buah bidara yang kaya akan serat dan karbohidrat bisa menjadi sumber energy dan membantu untuk meningkatkan metabolisme dalam menjalani hari. Kandungan serat yang tinggi dalam buah bidara bisa membantu proses pencernaan.

Kandungan nutrisi dalam buah bidara dapat membantu untuk melembutkan tinja. Sehingga seseorang yang menderita sembelit baik untuk mengkonsumsi buah bidara. Buah bidara juga berfungsi sebagai makanan bagi bakteri baik dalam usus.

7. Membantu Meningkatkan Aliran dalam Darah

Mineral yang terkandung dalam buah bidara seperti Kallium , Fosfor, Mangan, Besi dan Seng sangat baik untuk kesehatan jantung manusia.

Zat besi bisa membantu untuk meningkatkan jumlah haemoglobin pada darah sehingga buah bidara sangat baik untuk mencegah anemia. Mineral juga penting untuk mengatur aliran darah dalam tubuh.

8. Buah Bidara Bermanfaat untuk kesehatan Kulit

Untuk kamu yang ingin memiliki kulit sehat dan bercahaya, buah bidara dapat membantu. Karena buah bidara tinggi akan kandungan vitamin C dan antioksidan dan dipercaya mampu untuk mencegah penuaan dini pada kulit.

9. Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan Tulang

Penderita radang sendiri sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah bidara. Karena buah kecil ini memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa untuk meredakan dan mengurangi terjadinya pembengkakan pada daerah persendian.

Nah, itu tadi Manfaat dari buah bidara untuk kesehatan manusia. Jangan lupa untuk mencukupi nutrisi harian dengan banyak mengkonsumsi buah, termasuk buah bidara. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca. Terimakasih sudah menyimak artikel ini sampai habis.