Kenali Kandungan dan Manfaat Pepaya

01-01-1970

RatuBuah.com  - Pepaya adalah buah yang memiliki tekstur lembut dan memiliki warna yang cerah, seperti warna jingga dan kuning. Ukuran pepaya beragam, tergantung jenisnya.

Pepaya merupakan tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian Selatan dan Utara Amerika Selatan. Bagian tubuh pepaya terdiri dari  akar, batang, ranting, daun, bunga dan buah. Buah yang memiliki nama ilmiah Carica papaya L. ini sudah menyebar luas dan banyak dikembangbiakkan di seluruh daerah beriklim tropis.

1. Klasifikasi Ilmiah Tanaman Pepaya

Kingdom: Plantae

Divisi: Spermatophyta

Class: Dicotyledoneae

Ordo: Cistales

Famili: Caricaceae

Genus: Carica

Spesies: Carica papaya L.

2. Kandungan Buah Pepaya (kandungan gizi)

Terdapat banyak kadungan gizi pada buah pepaya, baik dari segi enzim yang terkandung, vitamin dan lainnya.

Untuk satu buah pepaya ukuran sedang, terdapat sekitar 120 Kalori, 30 gr karbohidrat (5 gr serat dan 18 gram gula) dan 2 gr protein. Pepaya juga sumber vitamin C yang baik, serta memberikan 224% dari kebutuhan tubuh harian.

Kandungan-kandungan pada pepaya tersebut, yaitu:

Kalori

Karbohidrat

Serat

Protein

Folat

Asam Pantotenat

Beta Karoten

Kalium

Kalsium

Lutein

Lycopene

Magnesium

Vitamin

Vitamin A

Vitamin B1

Vitamin B3

Vitamin B5

Vitamin C

Vitamin E

Vitamin K

3. Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan

Buah pepaya sangat dibutuhkan tubuh sebagai penambah sistem imun pada manusia. Mengonsumsi pepaya secara teratur dan sesuai kebutuhan, dapat menurunkan resiko munculnya berbagai macam penyakit.

Berikut beberapa manfaat pepaya untuk kesehatan:

a. Sistem Imun Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa pepaya sangat dibutuhkan tubuh sebagai penambah sistem imun. Didalam pepaya terdapat Beta Karoten,  Vitamin A dan Vitamin C yang dibutuhkan tubuh manusia.

Mengonsumsi pepaya dapat mencegah penyakit seperti flu, pilek, infeksi dan meredakan demam.

b. Menjaga Sistem Pencernaan

Bagi yang bermasalah dengan sistem pencernaanya, buah pepaya menjadi pilihan yang terbaik untuk di konsumsi. Cara kerja pepaya yang menghasikan Enzim papain dapat memecah protein yang menghambat sistem pencernaan.

Pepaya juga dikenal kaya akan serat dan kadar air. Oleh karena itu, buah tropis yang satu ini sangat manjur mengatasi masalah pencernaan.

c. Anti Inflamansi

Pepaya tidak hanya memiliki Enzim papain, melainkan juga memiliki enzim anti inflamansi. Enzim ini berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit, osteoporosis, penderita arthritis serta memiliki sifat mencegah penyakit kanker.

d. Bermanfaat Untuk Mencegah Beberapa Penyakit

- Pepaya berfungsi untuk menyehatkan tulang, karena terdapat kandungan Vitamin K. Vitamin K bertugas mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, serta mengurangi ekskresi kalsium.

- Pepaya baik untuk penderita Diabetes, karena memiliki serat yang tinggi, kadar glukosa darah yang bagus untuk penderita diabetes.

- Mengonsumsi buah pepaya baik untuk pencegahan penyakit jantung. Kandungan serat, kalium, dan vitamin pada pepaya, mampu menyeimbangkan asupan untuk tubuh. Enzim pada pepaya juga mampu mencegah oksidasi kolesterol, sehingga dapat menekan kadar kolesterol dan mencegah gejala penyakit jantung.

-  Banyak yang tidak tahu bahwa pepaya baik untuk pencegahan penyakit Asma. Tingginya jumlah nutrisi seperti beta karoten membantu pencegahan munculnya penyakit Asma.

e. Manfaat Pepaya untuk Kecantikan

Tidak hanya menjaga kesehatan, pepaya juga bisa dimanfaatkan sebagai upaya mempertahankan kecantikan, seperti:

- Membantu menghilangkan jerawat. Enzim yang terdapat pada pepaya bertugas untuk menyembuhkan jerawat dan membantu peremajaan kulit. Caranya cukup mengoleskan bubur pepaya pada jerawat.

- Mengonsumsi buah pepaya membantu mencerahkan kulit.

- Dengan pepaya juga bisa dilakukan diet. Pada pepaya matang, terdapat lebih banyak enzim yang bertugas mengurangi protein, karbohidrat serta lemak pada tubuh.

Semoga informasi pada artikel tersebut bermanfaat.