Manfaat Buah Karamunting untuk Kesehatan

RatuBuah.com - Pernahkah Anda mendengar buah Karamunting? Ini adalah salah satu nama tanaman yang asli dari Indonesia. Kemunting ini juga biasa dikenal sebagai karamunting. Tumbuhan ini termasuk tanaman liar dan tersebar hampir di seluruh wilayah tanah air. Biasanya tanaman ini dimanfaatkan sebagai penghias hunian atau sebagai tanaman hias. Tapi ternyata manfaat buah kemunting sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Karamuting 

Buah kemunting ini memiliki potensi sebagai salah satu jenis buah yang dijadikan sebagai obat dan ternyata baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh seseorang. Di dalam kemunting tergantung berbagai zat seperti flavonoid, saponin, tanin, polifenoli, dan steroid. Inilah berbagai manfaat dari buah kemunting:

1. Menyembuhkan Luka

Dilihat dari kandungan yang ada pada kemunting, manfaat pertama adalah sebagai obat untuk menyembuhkan luka. Kemunting yang mengandung flavonoid dan triterpenoid membuatnya sangat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Luka akan jadi lebih cepat tertutup dan sembuh sehingga tidak sampai terjadi infeksi pada luka tersebut.

2. Bersifat Antibakteri

Tubuh rentan sekali menjadi sarang bakteri dan virus karena memang keduanya memiliki ukuran yang sangat kecil dan seolah tak terlihat jadi bisa ada dimana saja. Nah, agar bisa terhindar dari bakteri-bakteri jahat terutama Escherichia coli maka perlu menggunakan kemunting. Hal ini karena pada kemunting ini ada kandungan flavonoid, saponin, dan tanin yang ampuh dalam membasmi bakteri.

3. Menangkal Radikal Bebas

Dalam kemunting ada juga kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini sangat berguna dalam menangkal radikal bebas sehingga tubuh bisa stabil dan terhindar dari efek radikal bebas yang berbahaya. Hal ini dikarenakan pada kemunting kandungan flavonoid juga fenoliknya sangat tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas dengan efektif.

4. Mencegah Peradangan

Saat sel dalam tubuh mengalami kerusakan maka akan cenderung terjadi peradangan. Peradangan ini sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti mikroba, cedera pada fisik, bisa juga peradangan yang disebabkan adanya paparan bahan kimia secara berkala. Kemunting ini sangat bagus untuk meredakan peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Peradangan yang terjadi dalam tubuh harus segera diatasi karena jika dibiarkan organ dalam tubuh akan mengalami cedera yang parah bahkan tidak bisa berfungsi sama sekali. Hal ini tentu sangat membahayakan.

5. Mengontrol Gula Darah

Gula darah dalam tubuh rentan untuk naik secara drastis jika pola makan tidak dijaga dengan baik dan benar. Banyak orang yang mengabaikan makanan yang dikonsumsi setiap hari dan baru sadar kalau pola makan yang diterapkan salah ketika sudah ada penyakit yang bersarang pada tubuhnya. Gula darah ini jika dibiarkan naik akan membahayakan kesehatan.

Kinerja jantung bisa terganggu bahkan otak pun tidak bisa bekerja secara optimal. Hal ini karena gula darah yang tinggi bisa menyumbat pembuluh darah sehingga peredaran pada tubuh terganggu. Biasanya orang yang gula darahnya tinggi menyebabkan penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan juga stroke.

Oleh karena itu baiknya lakukan pengecekan gula darah secara rutin jika memang tinggi segera turunkan agar tidak menjadi penyakit yang lebih berbahaya lagi. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan Karamunting.

Itu dia beberapa manfaat buah Karamunting atau lebih tepat tanaman kemunting. Tanaman ini bisa dikatakan sebagai tanaman obat karena bisa memberikan manfaat yang banyak dalam menjaga kesehatan tubuh dan menyembuhkan penyakit. Ternyata, dibalik popularitasnya sebagai tanaman hias, buah dari kemunting juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

ARTIKEL REKOMENDASI