Manfaat dan Nutrisi Buah Blackccurant

RatuBuah.com - Blackcurrant adalah buah yang berasal dari Eropa. Buah yang memiliki nama ilmiah Ribes nigrum ini, dapat tumbuh subur di tanah yang lembab.

Buah ini telah dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Daun buah ini pun mengandung turunan quercetin, yakni senyawa aktif yang bersifat anti peradangan dan antiseptic.

Kandungan Buah Blackcurrant

Buah blackcurrant memiliki beberapa nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti:

  • Kalsium
  • Kalium
  • Magnesium
  • Natrium
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Tembaga
  • Zinc
  • Selenium
  • Mangan
  • Retinol (vitamin A)
  • Tiamin (vitamin B1)
  • Riboflavin (vitamin B2)
  • Niasin (vitamin B3)
  • Asam askorbat (vitamin C)
  • Vitamin E

Manfaat Buah Blackcurrant

Pohon buah blackcurrant memiliki buah yang kaya akan vitamin, sehingga jika mengonsumsinya akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat blackcurrant:

Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah ini mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, kedua kandungan tersebut juga baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.

Menjaga Keseimbangan Hormon

Manfaat vitamin E yang terkandung dari buah ini berfungsi untuk menyeimbangkan sisitem endokrin dan saraf karena mampu menyeimbangkan sistem hormone. Beberapa gejala hormone yang tidak seimbang antara lain kenaikan berat badan, sakit perut akibat menstruasi, infeksi saluran kemih, hingga alergi dan kecemasan berlebih. Selain itu kamu juga bisa membaca biodata song hye kyo dan buah untuk kista.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah ini selanjutnya adalah meningkatkan imunitas tubuh dengan cara meningkatkan fungsi sel darah putih (limfosit dan neutrofil).

Selain itu, vitamin C yang terkandung pada buah ini dapat memperkuat pertahanan sel epitel kulit. Mengingat fungsi kulit cukup krusial, yaitu melindungi tubuh dari udara, lingkungan, hingga bakteri dan mikroba lainnya.

Memaksimalkan Fungsi Otak dan Menjaga Kesehatan Psikis

Asupan vitamin B3 yang terkandung pada buah ini dapat membantu kesehatan sistem saraf sehingga fungsi otak tetap terjaga seiring dengan pertambahan usia.

Selain itu, vitamin B3 juga terbukti dapat meminimalkan resiko schizophrenia serta beberapa jenis gangguang kesehatan mental lainnya.

Melindungi Sistem Saraf

Manfaat vitamin B2 yang terkandung pada buah blackcurrant dapat melindungi sistem penyakit saraf kejepit pada tubuh. Vitamin B2 dapat membantu mengatasi gejala seperti mati rasa dan kecemasan.

Mencegah Penyakit Beri-Beri

Manfaat terpenting vitamin B1 yaitu mencegah penyakit beri-beri. Penyakit ini terjadi karena tubuh tidak dapat mengubah karbohidrat dari makanan menjadi energi. Hal ini memicu penumpukan asam piruvat dalam darah dan menimbulkan gejala beri-beri.

Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu manfaat dari vitamin A pada blackcurrant adalah menjaga kesehatan mata. Vitamin dengan nama lain retinol ini memiliki tugas penting untuk mengubah cahaya yang ditangkap oleh mata menjadi impuls listrik menuju otak.

Bahkan, kandungan antioksidan dalam vitamin A juga dibutuhkan untuk pembentukan fotoreseptor rhodopsin. fotoreseptor rhodopsin adalah fotopigmen yang dijumpai dalam sel batang retina dan membantu mata anda melihat pada malam hari.

Mempertahankan Keseimbangan Cairan

Fungsi natrium pada buah ini juga penting untuk mempertahankan keseimbangan cairan, terutama di kalangan lansia. Seiring bertambahnya usia, tubuh mengalami penurunan kemampuan dalam menjaga keseimbangan cairan. Kondisi ini disebabkan karena berkurangnya rasa haus, penyakit ginjal, tubuh lansia cenderung menyimpan cairan lebih sedikit.

Mengontrol Gula Darah

Magnesium yang terkandung di buah ini dapat menurunkan gula darah terhadap diabetes tipe-2. Magnesium memainkan peran penting dalam kendali glukosa dan metabolisme insulin.

Kekurangan magnesium juga dapat memperburuk resistensi insulin, yang merupakan kondisi gejala terjadinya diabetes tipe 2.

Nah, itulah beberapa manfaat serta kandungan yang terdapat dari buah blackcurrant.

ARTIKEL REKOMENDASI