Fakta Buah Black Sapote dan Manfaatnya

RatuBuah.com - Buah black sapote atau juga dikenal sebagai kesemek hitam terkenal karena memiliki rasa yang persis dengan pudding cokelat.

Buah ini termasuk ke dalam spesies kesemek yang memiliki nama ilmiah Diospyros Nigra. Buah ini tumbuh di daerah tropis dan berasal dari Meksiko. Tidak banyak yang mengetahui manfaat buah black sapote bagi kesehatan, namun sekarang tanaman ini banyak dibudidayakan di beberapa Negara.

Warna black sapote adalah hitam sesuai dengan namanya. Sedangkan bentuk nya lebih cenderung ke tomat, yaitu bulat. Pohon black sapote dapat tumbuh hingga 8 meter. Pada saat mentah, buah ini memiliki rasa pahit. Selain itu kamu juga bisa membaca biodata song hye kyo dan buah untuk kista.

Kandungan Buah Black Sapote

Di dalam buah ini, terkandung beberapa nutrisi yang baik untuk kesehatan, yaitu:

  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Kalium
  • Vitamin C
  • Vitamin A

Manfaat Buah Black Sapote

Dibalik rasanya yang lezat, ternyata black sapote menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan, untuk itu simak dibawah ini beberapa manfaatnya.

Meningkatkan Imun Tubuh

Dengan mengonsumsi buah ini secara teratur, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kaya akan kandungan vitamin C.

Buah ini membantu sel darah putih berfungsi dengan baik dan melindungi tubuh dari infeksi yang dapat menyebabkan deman. Vitamin C yang terkandung dibuah ini dapat  meningkatkan fungsi sel darah putih (limfosit dan neutrofil).

Selain menigkatkan kekebalan tubuh, vitamin C juga memperkuat pertahanan sel epitel kulit. Mengingat fungsi kulit cukup krusial, yaitu melindungi tubuh dari udara, lingkungan, hingga bakteri dan mikroba lain. Dan sebagai antioksidan, vitamin C turut melindungi sel kekebalan tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Menjaga Kesehatan Mata

Selain buah pepaya, black sapote juga memiliki vitamin A yang sangat tinggi. Vitamin A yang terkandung dibuah ini berguna untuk mengubah cahaya yang ditangkap menjadi sinyal untuk dikirim ke otak.

Selain itu, vitamin A juga membantu melindungi kerusakan sel pada mata serta dapat menurunkan resiko penyakit seperti rabun senja dan lain sebagainya.

Mencegah Resiko Kanker

Selain menjaga kesehatan mata, buah ini juga dapat mengurangi resiko terjangkitnya kanker. Sebab, vitamin A merupakan nutrisi yang bersifat antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat efek radikal bebas berlebih.

Memelihara Fungsi Saraf

Sistem saraf menghubungkan otak dan tubuh. Otak mengirim pesan ke organ dan bagian tubuh tertentu melalui rangsangan atau implus listrik. Karena kinerja saraf inilah, tubuh mampu mengatur kontraksi otot dan detak jantung, serta menerima rangsangan dan merasakan nyeri.

Jika kadar kalium dalam darah berkurang, hal ini dapat memengaruhi kemampuan otak dalam menghasilkan implus saraf. Beberapa studi menunjukkan bahwa kekurangan kalium dalam jangka panjang dapat menimbulkan gangguan saraf dan otak, seperti sering kesemutan, pikun, serta otot lemah.

Mencegah Batu Ginjal

Kandungan kalium dari buah ini mampu mengikat kalsium dalam urin, sehingga mencegah terbentuknya endapan mineral kalsium yang dapat menjadi batu ginjal.

Menurut sebuah studi, orang yang asupan kalium hariannya tercukupi, memiliki resiko terkena batu ginjal lebih rendah dibandingkan orang yang kekurangan kalium.

Menjaga Kepadatan Tulang

Kalium yang terkandung dibuah ini dapat juga menjaga kalsium agar tidak terbuang melalui urin. Selain itu, kalium juga dapat meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang, shingga tulang tidak kehilangan kepadatannya dan tidak mudah keropos.

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Riset menunjukkan bahwa bila mengonsumsi buah sapote, dapat membantu tubuh menurunkan tekanan darah, baik bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi atau tidak.

Menjaga Kesehatan Kulit

Selain itu, buah ini juga dapat membantu tubuh memproduksi kolagen, yakni protein yang dibutuhkan untuk membantu mencegah keriuput, proses penyembuhan luka, memperlambat proses penuaan, dan mencerahkan kulit.

Nah, itulah beberapa fakta dan manfaat dari buah sapote ini.

ARTIKEL REKOMENDASI